Sabtu, 15 September 2018

Rumah Minimalis Scandinavian Tampak Exterior

Rumah minimalis Scandinavian adalah rumah yang secara desain dan bentuk mengikuti gaya arsitektur Scandinavia.

Scandinavian itu apa sih?
Mungkin ada dari anda yg bertanya tanya seperti itu.

Mari kami bantu untuk memahaminya..

Negara Scandinavian adalah negara yang terletak disemenanjung Scandinavia yang terletak di Benua Eropa yaitu Norwegia,  Finlandia, Swedia dan Denmark.

Arsitektur rumah asli scandinavian memiliki ciri berbentuk minimalis dan memiliki desain yang terang sehingga akan terdapat banyak kaca yang digunakan untuk memasukan sebanyak mungkin cahaya matahari. 

Yang lain adalah bentuk khas atap rumah eropa yaitu atap pelana dengan sudut curam.

Model rumah Scandivavian sebenarnya bisa dibilang cocok dan bisa dibilang tidak...jika diterap kan di Indonesia yang notabene beriklim tropis dimana suhu dan kelembaban udara sangat jauh berbeda dengan benua eropa asal dari gaya arsitektur rumah scandinavian.

Disinilah pentingnya arsitek dalam memodifikasi desain rumah yang berasal dari eropa ini tadi (scandinavian) agar desain rumah bisa terasa nyaman walaupun berada di negara tropis. 


Minimalisme rumah scandinavian sering sekali membuat terjebak orang awam bahwa model rumah itu hanyalah rumah minimalis biasa, bahkan sering sekali kami mendapati klien kami di Jogja ketika proses konsultasi desain rumah menyebutnya sebagai rumah minimalis modern, Padahal secara arsitektur model rumah ini sudah berkembang sejak lama.


Mari berbicara dengan gambar

rumah scandinavian
Rumah Scandinavian

Gambar rumah diatas adalah contoh model arsitektur scandinavian.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelum ini, bahwa bentuk rumah nya minimalis dan praktis sebagai ciri utama gaya arsitekturnya.

Coba lihat desain jendela pintu dan atap nya..
Minimalisme sangat ditekankan pada desain rumah diatas, Arsitek malahan tidak memberikan tritisan sama sekali.

Contoh gambar rumah tersebut tentunya tidak bisa secara langsung kita pakai di negara tropis, karena akan tidak sehat terhadap bangunan.

Warna terang yang piliih pun hanya satu warna yaitu putih, dimana hal tersebut menambah kesan minimalis pada bangunan rumah tersebut.

model rumah scandinavian minimalis
Model Rumah Scandinavian Minimalis

Seiring dengan perkembangan zaman diera teknologi dan informasi sekarang ini, selera masyarakat indonesia pun berkembang dengan sangat pesat, salah satunya adalah tentang pemilihan model dan style rumah.

Gambar rumah diatas adalah model rumah scandinavian yang seperti sama sama kita bisa lihat tetap minimalis dan memiliki desain atap pelana yang cukup curam sebagaimana ciri khas rumah tradisional eropa.

Rumah minimalis diatas  termasuk sebagai rumah mewah yang memakai gaya eropa scandinavian karena memiliki luasan yang cukup besar, didukung dengan tinggi tembok bangunan dari desain arsitek yang terlihat menjulang.

Jendela kaca juga di desain berada diatas walaupun (pada kiri bangunan) rumah tidak berlantai 2.

Desain rumah scandinavian
Desain Rumah Scandinavian

Desain rumah minimalis scandinavian diatas adalah merupakan rumah tradisional kayu yang sekali lagi...tetep... atapnya memakai atap pelana dengan sudut kemiringan yang curam.

Didepan tadi kami sempat mengulas bahwa apabila desain rumah scandinavian tetap lah harus dimofifikasi dengan baik oleh arsitek juga ingin diterapkan di Indonesia sebagai negara tropis.

Seperti anda dapat lihat bangunan rumah itu berdiri diantara salju yang mengelilinginya, dan gambar rumah tersebut kenapa kami upload disini adalah agar anda dapat memahami dan mengkonsultasikan desain rumah lebih detil dengan arsitek yang mungkin membantu anda dalam membuat desain rumah.

Banyak pertimbangan dalam membuat desain rumah, selain hanya model atau gaya arsitektur saja, contohnya adalah apakah rumah itu nantinya bisa memiliki penghawaan yang nyaman atau tidak, apakah desain rumah yang dibuat arsitek anda boros listrik atau tidak bahkan pertanyaan lainya adalah jangan jangan desain rumah yang dibuat berat diperawatan karena efek iklim kita yang berbeda.

Hal hal sederhana seperti haruslah secara detil anda tanyakan kepada arsitek anda.

atap rumah minimalis scandinavian
Rumah ScandinavianAtap Dan Dinding
  
Pada gambar rumah atau foto rumah minimalis scandinavian diatas, sekali lagi kami menegaskan bahwa ciri utama dari model rumah yang berasal dari eropa ini adalah atap nya memakai atap pelana dengan kemiringan minimal 40 derajat.

Desain dinding pada gambar itu juga memperlihatkan bahwa arsitek menginginkan warna yang natural dengan memakai dinding batu pada desain rumah minimalis scandinavian yang di rancangnya.

Kelihatan juga bahwa warna exterior rumah hanya memiliki satu warna yaitu hanya warna batu, seperti telah kami bahas diatas sebelumnya bahwa scadinavian style lebih ke monocolour.

Pintu dan Jendela kaca besar juga masih di aplikasikan pada desain rumah ini.

Sedikit kami ingatkan pada pembaca yang memang menyukai desain rumah scandinavian bahwa di Indonesia sebaiknya berhati hati ketika membuat desain jendela kaca yang besar, karena hal tersebut akan membuat rumah panas dan mungkin akan mengakibatkan pemakaian AC menjadi lebih boros.

Jadi carilah sudut antara utara selatan untuk mengaplikasikan desain jendela dan pintu kaca tadi.
Atau trik lain adalah dengan memberikan tritisan panjang sehingga lama penyinaran matahari akan terbatasi.



tampak exterior rumah minimalis scandinavian
Exterior Rumah Scandinavian

Di era modern sekarang, rumah scandinavian juga ikut berkembang seperti juga halnya model model rumah lainya.

Gambar/ foto rumah diatas adalah contohnya dari atap, dinding, kusen dan bahan bahan bangunan lainya sudah mengikuti bahan bangunan modern saat ini.

Arsitek membuat desain kaca penuh pada tampak depan exterior rumah tersebut menunjukan bahwa desain rumah secara keseluruhan sudah dirancang untuk memunculkan desain rumah modern scandinavian.

Selain warna rumah juga "tetep" dengan monocolour yaitu berwarna hitam arsitek juga memberi kaca ukuran besar tanpa sekat yang mungkin memang memiliki ketebalan tertentu agar bangunan rumah tetap terlihat unsur minimalis pada desain tampak exterior rumah nya. 


Desain jendela rumah minimalis scandinavian
Desain Jendela Rumah Scandinavian

Gambar ini adalah contoh lain minimalisme pada rumah desain jendela rumah scandinavian.

Hanya 1 kotak besar kaca tanpa neko neko dipasang oleh arsitek pada desain tampak depan exterior rumah.
Yang uniknya kalau dilihat kok ya cakep....

Di Indonesia kualitas kaca sekali diabaikan karena memang minimnya pengetahuan orang awam tentang keamanan material bangunan.


Pada beberapa desain rumah yang kami buat, selalu kami tekankan kepada owner untuk memakai kaca tempered dengan ketebalan cukup walaupun harus membayar lebih mahal, karena sebuah rumah tidak butuh hanya cantik tetapi juga aman dan nyaman, termasuk pada desain pintu dan jendela rumah.

rumah scandinavian modern
Rumah Scandinavian Modern

Rumah Minimalis Scandinavian modern saat ini memang juga sudah bergeser, bahkan di negara asalnya. 

Menurut pengamatan kami banyak sekali arsitek dalam membuat desain rumah telah memodifikasi hal hal pakem, contohnya seperti bentuk atap. Seperti contoh pada gambar rumah diatas, arsitek membuat atap miring satu sisi (pisang selirang) sebagai desain atap pada sebuah rumah scandinavian.

Sah sah aja sih.... selama masih dominan unsur minimalis dan kriteria atau ciri ciri lain tetap di masukan dalam model rumah scandinavian tadi.

Tinggal kitanya saja yang membatasi seberapa murni desain rumah minimalis scandinavian yang kita inginkan terutama dari sisi tampak atau exterior, karena gaya arsitektur itu masih bisa kita terapkan juga pada interior rumah nantinya.








Senin, 10 September 2018

Rumah Minimalis Gaya Industrial

Rumah Minimalis dengan saduran gaya arsitektural industrial sedang naik daun yaah sekarang.

Mungkin diantara anda ada yang bertanya.. 

Apa sih rumah industrial itu?

Rumah Industrial yang berawal dari pabrik pabrik atau gudang yang dimodifikasi menjadi sebuah rumah atau hunian terlihat unik dan menarik, dan akhir akhir ini banyak klien kami meminta desain rumah mereka dimasukan ala ala rumah industrial agar terkesan lebih cozy katanyah.

Selain rumah, desain butik, cafe, kantor dan bangunan lainya pun banyak yang mengadopsi gaya arsitektur industrial ini.

Gaya Industrial sendiri terurai dalam banyak style rumah sesuai keinginan dari pemilik.

Ada yang ingin membuat gaya industrial tapi tetap clean.. 

Disisi lain ada yang menginginkan rumah industrial yang total abis..

Masing masing memiliki keunggulan sesuai selera ownernya.


Agar lebih jelas mari kita jelaskan menggunakan gambar..

Bagaimana ciri ciri desain arsitektur industrial minimalis pada sebuah rumah.

Gambar dibawah ini adalah desain rumah industrial yang cukup modern dan mewah.


rumah minimalis industrial mewah modern

Rumah industrial karena berawal konsep nya adalah warehouse atau gudang maka pada desain rumah selalu menonjolkan struktur nya yang berupa baja kolom maupun balok karena memang keindahanya pada struktur yang terlihat itu.

Kolom dan balok biasanya menggunakan besi baja profil IWF yang di lapisi cat dan dengan sengaja dibuat tegas dan terlihat.

Gambar rumah diatas adalah termasuk desain rumah industrial yang clean sehingga terlihat rapi dan sangat minimalis.

Kombinasi kaca pada tampak rumah memperlihatkan bahwa arsitek ingin memunculkan kesan modern dan ringan terhadap tampilan tampak depan.

Warna struktur besi diberi cat hitam terlihat menonjol sekali yaa..

Untuk melembutkan bangunan bagian bawah dari lantai 2 diberi warna kalem tetapi tetap alami yaitu colouring kayu dan bata semen.


desain tampak rumah industrial minimalis


 Coba lah lihat pada gambar rumah minimalis industrial diatas.

Gaya minimalis yang dibuat oleh arsitek dibalut dengan besi besi baja dan warna warna alami ciri khas industrial warehouse arsitektur.

Kusen menggunakan logam almunium berwarna hitam di lantai 1 juga menegaskan kesan industrial pada desain rumah ini.


tampak rumah minimalis industrial mewah


Tampak samping dari rumah minimalis ini dibuat hampir penuh dengan kaca, dan efek dari desain rumah banyak kaca ini adalah ketika kita didalam maka perasaan luas akan kita dapatkan karena bebasnya pandangan mata bisa sampai keluar rumah.

Kantilever panjang pada desain teras dan bagian lantai 2 rumah ini mendongkrak kesan modern pada tampak rumah minimalis diatas.

desain rumah minimalis industrial
  

Ini adalah bagian lain dari model rumah industrial ini.

Desain Teras lantai 2 nya keren yaa...
Melayang jauh dengan struktur besi baja yang terlihat sangat kaku..
Industrial banget kan??

Instalasi perpipaan yang terlihat sampai keluar merupakan hiasan indah untuk rumah bergaya industrial ini jika kita lihat dari teras halaman.


teras rumah gaya industrial


Pada teras rumah yang menghadap kolam renang bata tidak difinish  bahkan diperlihatkan nat sambunganya.

Tekstur tersebut dibuat agar bangunan rumah terlihat lebih alami.

Warna kaca yang transparan di bias oleh cahaya dari air kolam renang terlihat jadi lebih eksotis, dan ini adalah ide kreatif untuk desain sebuah rumah sebenarnya.

lampu rumah minimalis industrial


Ini penampakan malamnya..

Underwater light pada kolam renang menjadi lampu fokus area teras dan kolam renang ini.

Besi besi rangka terlihat lebih gelap karena bias cahaya dan tata lampu pada malam hari.

dapur rumah industrial


Ini adalah salah satu interior rumah..
Tebak apa coba ?? hehehe

Iya benul ini adalah dapur dan ruang makan
Kliatan yaah.. perpipaan yang sengaja dibuka plafond ruang yang tidak tutup tapi menggunakan beton sesuai cetakan nya.. atau plat spandek yang terlihat apa adanya...

Cuma yang harus anda perhatikan dalam desain interior industrial ini adalah 
"jangan semuanya gak rapi"

Balaslah ketidak rapian elemen interior satu dengan merapihkan elemen interior lainya.

Contoh pada gambar interior rumah diatas adalah arsitek membuat furniture siku dan modern untuk menghilangkan kesan amburadul sisi sisi lainya.

kamar tidur interior rumah industrial

Buat memperjelas apa yang kami maksud dengan "jangan semuanya gak rapi" mungkin anda bisa perhatikan gambar interior kamar tidur industrial diatas.

Apa saja elemen bangunan yang dibuat berantakan....
dan apa elemen bangunan yang di buat rapi untuk membalasnya..??

Dah ketemu jawabanya?

Iyyees bettul..
Dindingnya kacau.. Perpipaan dan plafond dibuat tidak rapi bahkan terkesan seadanya..
Arsitek mebalasnya dengan desain lantai yang amat sangat mengkilap dan bersih..

Sampai sini....Faham yaaahh ?? (kek dosen:))


interior rumah industrial


Ini masih tentang interior pada rumah industrial, lihat gambar diatas coba..

Plafond mentah dengan perpipaan baik mekanikal dan eletrikal sengaja diperlihatkan untuk memperkuat gaya arsitektur industrialnya.

Coba deh liat lampu gantungnya...

Keren yaah..sederhana.. minimalis.. industrial  banget.

interior ruang kerja rumah industrial


Kalo gambar yang satu ini adalah interior ruang kerja yang natural banget..masih dengan base arsitektur industrial minimalis.

Warna bata, pintu kayu unfinish menjadi fokus keindahan pada interior ruang ini.

Furniture klasik pada interior rumah membuat tebal keindahan gaya rumah industrial ini.


desain interior kamar tidur rumah industrial minimalis

Contoh gambar interior lain buat kamu yang begitu suka kesan berantakan pada rumah industrial adalah seperti gambar diatas.

Arsitek memberikan kesan mentah dan kasar semi semi unfinish pada dinding yang dibalas dengan kusen dan plafond berwarna putih, sehingga warna hitam putih menjadi dominan pada konsep interior rumah industrial ini.


Sabtu, 08 September 2018

Gambar Rumah Minimalis Terbaru

Gambar rumah minimalis terbaru yang hari ini akan kita bahas adalah merupakan desain desain unik rumah minimalis modern yang di buat bahkan dibangun memiliki nilai estetika sehingga bangunan rumah terlihat sebagai rumah mewah.

Dibeberapa klien kami di jogja untuk desain tampak depan rumah minimalis sering sekali diorder untuk memiliki ciri ciri khusus yang nantinya dari hasil desain gambar rumah tadi bisa menjadi kebanggaan pemiliknya agar terlihat sebagai rumah yang kekinian atau terbaru.

Dasar dasar dari asitek untuk membuat gambar rumah minimalis agar terlihat terbaru sebenarnya sih sederhana, asal memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahan bahan bangunan yang sedang trend dan bentuk bentuk tampak rumah bagaimana yang merupakan selera pasar saat ini.

Seperti artikel kami sebelum ini, bahwa arsitek sering sekali terbatasi oleh selera owner dan peraturan peraturan yang berlaku di suatu daerah


 Gambar rumah tentunya di desain berdasarkan data dan catatan yang dirangkum sebelum pembuatan desain.

Data data tersebut diwujudkan oleh arsitek dalam gambar denah dan tampak rumah yang kemudian di detilkan lagi menjadi gambar kerja.

Data seperti berapa jumlah kamar tidur, Seberapa besar ruang keluarga yang diinginkan, bagaimana desain dapur atau pantry yang diinginkan, desain kamar mandinya seperti apa dan lain lain.

Gambar rumah minimalis bisa dikatakan terbaru jika mencukupi unsur unsur seperti dibawah ini :

  • Tampak rumah memperlihatkan bentuk yang sedang hits saat ini.
  • Bahan bangunan yang digunakan juga bahan yang sedang digandrungi.
  • Bentuk bentuk struktur bangunan terlihat sesuai keilmuan terbaru.
  • Mekanikal eletrikal rumah baik desain tata cahaya atau lampu sistem atap menerapakan teknologi terbaru.
Ok.. Mari kita bicarakan dengan menggunakan contoh gambar

gambar rumah minimalis 2 lantai terbaru tampak depan
Tampak Rumah Minimalis 2 lantai


Gambar Rumah Minimalis di atas sebagaimana bisa kita lihat bersama cukup memenuhi unsur unsur seperti yang sudah kita jelaskan diatas sehingga wajar kalau kita sebut sebagai rumah minimalis terbaru.

Unsur yang dipenuhi dari gambar diatas antara lain adalah bentuk yang Hits atau trend saat ini, seperti terlihat rumah dengan bentuk kubus atau persegi pada desain rumah minimalis modern merupakan model yang sedang digandrungi saat ini, dan hal itu diaplikasikan arsitek pada gambar desain rumah yang di rancangnya.

Pada gambar diatas dapat kita lihat juga bahan material bangunan yang digunakan banyak menggunakan bahan bahan kekinian, contohnya kaca laminated berwarna biru untuk jendela, kayu kayu buatan untuk lantai dan dinding, bahkan plafond menggunakan rumput sistesis.

Gambar rumah minimalis modern  terbaru
Rumah Minimalis Modern
Coba lihat sudut lain dimalam hari pada gambar rumah minimalis terbaru diatas, see.. hal hal yang sudah kami jelaskan tadi bagaimana efek terknologi tata cahaya di pasang dirumah ini.

Cantik bukan?

Bahkan Mekanikal teknologi pada kolam renang didesain dengan apik juga dikombinasikan dengan tata cahaya eletrikal rumah membias menggunakan Jenis LED striped yang memantul dari kolam renang pada rumah ini. Yang akhirnya membuat desain rumah dikombinasikan dengan dengan desain landscape menjadi dan kolam renang terlihat sebagai rumah minimalis modern terbaru saat ini.


gambar rumah minimalis terbaru dan tata lampu untuk tampak depan
Efek tata cahaya pada rumah minimalis

Gambar rumah diatas masih berbicara tentang bagaimana membuat gambar rumah minimalis yang kita desain bisa menjadi rumah yang terbaru.

Seperti kita lihat unsur unsur modern pada rumah merubah segalanya pada malam hari, bagaimana bias lampu memberikan gradasi kepada rumah.

Konsep bentuk yang lurus dan kotak pada rumah minimalis diatas juga terlihat lebih tegas dan karena memang bentuk itu sedang trend maka dia terlihat lebih cantik sebagai sebuah rumah idaman.

Bahan tangga unik pada gambar rumah minimalis terbaru
Contoh Tangga Rumah Minimalis

Gambar diatas adalah salah satu sisi interior dalam rumah, coba tebak apa??

Iya betul sekali..

Yang Pertama adalah tangga, dan desain tangga ini unik bukan? 
Desain tangga rumah minimalis ini terlihat modern dan terbaru karena memakai sesuatu yang tidak biasa. arsitek menggunakan besi plat eser untuk dijadikan anak tangganya..

Kombinasi gaya indutrial urban design juga terlihat pada desain interior rumah. Hal ini terlihat warna hitam pada elemen besi dan balok lantai yang sengaja hanya difinish menggunakan cat agar lebih tegas.

Gambar interior rumah  minimalis terbaru diatas juga memiliki style arsitektur Rumah Urban Unfinish pada dindingnya, warna warna natural beton dan dinding tidak dihaluskan dan dicat kental sekali ingin ditonjolkan pada desain rumah minimalis ini.


Dari sekilas bahasan tentang gambar rumah minimalis terbaru yang kita kulik hari ini semoga bisa menjadi inspirasi buat anda yang sedang ingin membangun rumah.
Dan buat yang berlokasi di jogja sebaiknya telp kami aja biar gak pusing untuk membangun rumahnya, kami akan bantu anda untuk membuat gambar rumah minimalis terbaru yang menjadi idaman anda, bahkan kami akan bantu proses pembangunanya sehingga anda akan memiliki waktu lebih untuk bersantai.

Selasa, 04 September 2018

Cara Membangun Rumah Tahan Gempa Pada Rumah Minimalis

Hari ini kami akan membahas sedikit Cara Membangun Rumah Tahan Gempa Pada Rumah Minimalis,  baru saja terjadi memang, gempa lombok yang menjadi duka nasional walaupun tidak ditetapkan secara resmi oleh pemerintah. Dimana hal tersebut menjadi salah satu fokus para ahli yang bergerak dibidang kontruksi.

Banyak tenaga ahli yang diterjunkan melakukan assesment ke lombok untuk mencari tahu faktor penyebab kerusakan rumah dan bangunan. Salah satu nya memang adalah Gempa  yang terjadi berkali kali dimana gelombang atau getaran vertikal dan horizontal seolah olah memaksa struktur bangunan termasuk rumah untuk pecah ataupun retak.

rumah rusak karena gempa


Kalau kita lihat pada gambar diatas terlihat sekali bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh gempa masih bisa ditahan oleh struktur bangunan hal itu terlihat pada elemen elemen arsitektural saja yang rusak seperti dinding dan pintu jendela.

Pada saat terjadi gempa dilombok dan berdasarkan pengalaman gempa di jogja banyak sekali klien klien kami yang tadinya dengan santai menginginkan rumah dengan desain rumah minimalis modern ekstreem atau memiliki banyak konsep melayang menjadi agak khawatir dan kemudian bertanya ke kami tentang resiko sebuah desain rumah terhadap faktor kegempaan yang mungkin terjadi di jogja.

Bahkan tidak sedikit yang meminta untuk dirubah desainya agar mendapatkan bangunan rumah dengan style minimalis tapi tahan gempa, sampai sampai ada seorang klien yang tidak menghiraukan biaya pembangunan asal bisa benar benar maksimal kekuatan struktur bangunanya.

Ok, mari fokus ke cara membangun rumah tahan gempa terutama untuk rumah minimalis.

Banyak sekali syarat secara teknis dan study yang harus diterapkan dalam desain struktur sebuah rumah, cuma mungkin kami hanya akan membahas hal paling gampang dan bisa diaplikasikan secara mudah terutama buat anda yang bukan orang teknik.

Perhatikan poin poin dibawah ini ya..
  • Lakukan study tanah, hal ini adalah dasar sekali untuk seorang perencana membuat desain pondasi. Untuk bangunan 2 lantai biasanya melalui sondir dan bor melalui laboratorium mekanika tanah, jika anda membangun rumah minimalis 1 lantai anda bisa melakukan penelitian sendiri pada saat melaksanakan pekerjaan galian pondasi caranya adalah cari kedalaman tanah yang sudah cukup padat atau bagus dan disitulah harusnya anda meletakan pondasi nantinya.
  • Untuk rumah minimalis atau bangunan lainya jangan lupa membuat sloof (balok bawah) sebagai pengaku pertama bangunan. Dengan adanya sloof ini maka getaran gempa yang merambat melalui media tanah akan direm keatasnya karena rigiditas (kesatuan bangunan) nya.
  • Prinsip Strength Coloumn pada desain struktur lebih gampang diterapkan, bahasa sederhananya adalah buat kolom pada bangunan rumah minimalis anda lebih kuat dari pada elemen struktur struktur  lainya seperti balok dan lain lain.. karena selama kolom anda kokoh berdiri maka bangunan tidak akan roboh. caranya bagaimana kasih ekstra besi dan dimensi cornya plus jaga kualitas adukan betonnya.
  • Untuk meningkatkan kekakuan bata dengan struktur kami sarankan memberikan angkur setiap jarak 70cm ke kolom yang mengikatnya, syarat nya dinding rumah dengan luas maksimal 12m2 harus diberi kolom praktis dan balok pengikat, sehingga ketika terjadi gempa besar dinding rumah anda tidak langsung roboh, mungkin akan retak dan jika tidak langsung roboh hal tersebut mungkin akan menyelamatkan nyawa.
  • Berikan balok ring pengikat akhir pada setiap dinding bata yang anda bangun, pada rumah tinggal terkadang kami melihat kontraktor tidak memberikan balok ikat diakhir bata, hal ini sebenarnya salah besar, karena ketika gempa dan bangunan bergetar resonansi getaran pada ketinggian lebih tentunya akan lebih besar.
  • Untuk mendapatkan atap yang aman terhadap gempa sebenarnya agak sulit, jika anda memakai genteng dalam konndisi gempa tentunya akan sangat berantakan sekali dan ini memang resiko, salah satu cara agar atap genteng tidak langsung jatuh dan mengenai kita adalah dengan memberi lapisan berupa wiremest dan almunium foil sebelum reng.
rumah minimalis kena gempa rusak dan roboh

Itulah tadi cara membangun rumah minimalis tahan gempa yang dapat anda terapkan secara mudah.

Hal yang sederhana dapat menyelamatkan nyawa kita semua, dan kalau kami boleh saran disini janganlah selalu mengutama kan harga dalam membangun rumah minimalis, karena kualitas itu memang ada harganya, butuh bahan ekstra dan pengerjaan ekstra.

So sekali lagi kami sarankan jika anda ingin membangun rumah minimalis yang betul betul tahan gempa berkonsultasilah kepada arsitek dan kontraktor yang memang ahli dibidangnya, memang tidak ada yang bisa memprediksi dan menjamin semua itu...tetapi paling tidak kita sudah berusaha.

Oh iya satu lagi..

Jangan Pernah Browsing di google dengan kata kunci "Kontraktor Murah Jogja" atau "Jasa Kontraktor Murah" atau "Kontraktor rumah murah" karena biasanya murah itu menunjukan harga dan kualitasnya.. hehehe..semoga menginspirasi
Senin, 03 September 2018

Rumah Modern

Rumah modern merupakan sebuah karya akhir dari suatu proses perencanaan atau desain yang dibuat dengan seksama oleh seorang arsitek dan kemudian diwujudkan dalam pelaksanaan pembangunan oleh kontraktor sehingga semua idepada gambar arsitek tadi terwujud pada dunia nyata.

Sebagai mana halnya dengan desain rumah yang lain rumah modern memiliki ciri ciri khusus yang mungkin secara sederhana dapat kita jelaskan sebagai berikut :


  1. Memiliki bentuk atau tampak rumah yang mencerminkan sebagai desain rumah masa kini, sebenarnya hal ini relatif karena beberapa gaya rumah sering sekali menipu, contoh sebuah rumah modern yang menggunakan gaya arsitektur jawa seperti rumah joglo atau rumah adat lainya, secara sekilas kita hanya akan melihat rumah kuno sebenarnya dibeberapa rumah mereka memakai teknologi modern sehingga dapat diklasifikasikan sebagai rumah modern.
  2. Menerapkan bahan material modern, bahan material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah sudah menggunakan bahan bahan modern, contoh penggunaan logam logam komposit yang belum ada pada zaman dahulu misal rangka atap, rangka plafond dan lain lain. bahkan mungkin bahan finishing yang menggunakan bahan bahan seperti almunium composit, kayu fiber dan lain sebagainya.
  3. Rumah modern menggunakan alat alat eletronik dan permesinan modern, misal sistem perpipaan air bersih yang disupport oleh mesin mesin pompa dan pendorong masa kini dan teknologi lain seperti waterhiter dan peralatan eletronik pendukung kebutuhan rumah lainya.
  4. Struktur bangunan didesain menggunakan keilmuan terbaru dibidang teknik civil yang merupakan teknologi  dibidang mekanika dan rekayasa struktur baik menggunakan bahan beton maupun baja sebagai penopang utama sebuah rumah modern. contoh adalah banyaknya desain melayang yang dibuat arsitek pada rumah modern harus diimbangi perhitungan struktur bangunan yang matang.
Masih banyak lagi ciri ciri rumah modern dan mungkin akan terlalu panjang kalo kita bahas disini.


Di jogja, kami sebagai arsitek dan kontraktor yang berkecimpung membuat desain rumah dan melaksanakan pembangunan sering sekali diminta untuk membuat rumah dengan standart sebagai rumah modern oleh klien klien yang memang menyukai gaya modern minimalis.

Mungkin sekilas bisa kami beri contoh gambar rumah minimalis modern yang kami buat.

desain rumah modern minimalis
Tampak Depan 
Ok..

Gambar rumah modern yang anda lihat diatas adalah desain yang relatif sederhana sebenarnya, karena pada desain ini arsitek hanya memberikan tone warna cat rumah monocolour yaitu hanya menggunakan warna putih. sedangkan warna lain yang dipakai adalah warna alami bahan material seperti aksen bata sebagai hiasan penebalan dan warna kusen almunium dan kaca.

Kemodernan rumah ini dari sisi tampak exterior dibentuk tidak hanya melalui pemilihan warna tetapi juga di perkuat dengan struktur struktur kantilever panjang (melayang) yang di aplikasikan pada teras  lantai 2 dan atap dari teras lantai 1 juga topi jendela pada sisi lain rumah agar terlihat lebih modern.

tampak rumah minimalis modern desain arsitek jogja
Tampak Samping kiri

Dari sudut gambar diatas mungkin lebih terlihat yaa... 

Bagaimana arsitek menjadikan garis garis lurus dan bentuk persegi menjadi sebuah rangkaian yang indah dan terlihat modern dalam desain rumah idaman ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kaca merupakan bahan bangunan yang dapat mendongkrak tampak rumah agar terlihat lebih modern. Unsur-unsur kaca pada rumah ini menjadi terlihat cantik ketika dikombinasikan dengan bahan alami seperti bata yang menjadi shading natural dalam desain rumah tampak luar/ exteriornya.

Rumah modern minimalis exterior tampak desai rumah idaman
Tampak samping exterior

Exterior dari rumah modern seperti yang kami jelaskan diawal tadi, kadang menipu bahkan kadang tidak terlihat sebagai rumah modern.

Contoh gambar rumah modern minimalis pada desain kami ini pada bagian utara hanya terlihat kotak atau persegi saja, kaca jendela besar sengaja diaplikasikan oleh arsitek karena kebetulan sisi ini menghadap utara ke arah gunung merapi (Sleman- D.I Yogyakarta) sehingga pemandangan tersebut akan sangat indah ketika jendela dibuka dan saat langit bersinar cerah.

tampak atas rumah modern dan desain atap rumah minimalis
Tanpak atas dan atap rumah modern
Gambar diatas adalah desain atap pada rumah modern minimalis yang kami buat.

Sebenarnya ada beberapa bukaan yang bersifat skylight pada desain atap rumah tersebut. pada gambar ini memang tidak kami perlihatkan, karena ada pendetilan desain yang memang arsitek buat setelah semua konsep rumah disetujui oleh owner.

Sistem talang dan arah aliran air pada atap rumah juga digambar secara detail dalam sebuah gambar kerja yang dijadikan pandu pelaksanaan oleh kontraktor.

tampak rumah modern
  

Sekedar penjelas pada gambar terakhir ini adalah sisi pagar untuk rumah ini bersifat masiv dan padat semua, karena kebetulan sisi kanan dan kiri dari bangunan rumah ini adalah tanah kosong berupa sawah, sehingga owner meminta arsitek membuat pagar yang aman untuk rumahnya.

Rumah modern ini memiliki 3 kamar tidur, pantry sekaligus minibar, ruang keluarga, ruang kerja dan ruang tamu yang semua ditata dengan interior modern, karena memang tema rumah adalah modern minimalis.

Semoga tulisan kami tentang rumah modern ini dapat memberi inspirasi anda untuk mewujudkan rumah idaman sesuai versi anda masing masing dan pesan kami tetaplah berkonsultasi kepada arsitek sebelum membangun rumah.