Rumah Minimalis Mewah

Rumah Minimalis Mewah
Pada artikel dengan judul Rumah Minimalis Mewah ini akan terdengar sedikit berlebihan karena ada kata-kata mewah yang mungkin terdengar berlebihan, pada dasarnya adalah pada artikel ini kami akan sedikit mengupas tentang bagaimana agar sebuah desain rumah minimalis bisa terlihat mewah dan terkesan modern dalam fungsinya yang masih nyaman sebagai rumah tinggal.

rumah minimalis mewah

Rumah minimalis modern dan mewah sebenarnya tidak selalu harus memiliki ukuran yang besar dan berlantai banyak atau bertingkat.. di beberapa tempat kami dapati rumah kecil dengan gaya arsitektur minimalis tetapi unik..cantik ... dan mewah.

Kemewahan dan keunikan dari sebuah rumah minimalis pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian besar yaitu :
  1. Mewah dari sisi Eksterior dan tampak rumah
  2. Mewah dari sisi Interior Rumah

Rumah minimalis dengan dasar pemilkiran desain atau gaya arsitektur yang mengusung kesederhanaan sebagai filosofi dari minimalis, sering sekali menjadikan sebuah desain rumah atau bangunan terlihat menjadi kurang mewah. mau tau kenapa? jawabnya sih sederhana.. dan ini nanti akan kami bahas satu persatu.. setelah itu anda dapat menganalisa kenapa sebuah rumah minimalis menjadi memiliki kesan kurang mewah.

Untuk mendongkrak kesan mewah pada sebuah desain rumah minimalis sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang arsitek agar bagaimana dengan konsep minimalis tadi menjadi lebih berkarakter, indah dan terlihat sebagai bangunan rumah yang mewah. Berikut dibawah ini adalah threatment yang dapat dilakukan:

  1. Luasan yang cukup, kenapa kami menempatkan faktor luas bangunan berada poin pertama? sesuatu yang secara sadar atau tidak sadar yang sebenarnya memberikan efek rasa mewah adalah ketika kita berada diruang yang tidak cukup sempit sehingga semua sudut dari ruang dapat terlihat dan dengan mudah bisa ditata dari sisi interiornya. misal saja ketika arsitek membuat desain kamar tidur untuk rumah tinggal minimalis...pertanyaanya adalah.. berapa luasan kamar minimal yang harus disediakan jika owner ingin memakai ranjang couple? kalau kita telaah lebih dalam bed atau ranjang couple memiliki ukuran 170x200cm, seorang arsitek yang cukup berpengalaman dalam mendesain rumah minimalis tentunya akan memberi jagaan jarak yang cukup pada sisi kanan dan kiri bed untuk diletakan meja atau credenza untuk lampu tidur dan laluan yaitu minimal 80cm dan untuk mendapatkan kenyamanan tersebut maka lebar minimal dari desain kamar tidur tadi adalah 170cm+160cm seehingga didapat minimal lebar kamar adalah 3,30m. hal ini juga berlaku pada desain ruang lain di dalam rumah tinggal tersebut.
  2. Desain Bentuk, Desain bentuk ataupun facade/ fasad yang unik dan cantik adalah sisi eksterior dari kemewahan sebuah rumah minimalis, arsitek arsitek yang cukup berpengalaman dan memiliki taste cukup tinggi akan selalu mengutamakan desain bentuk yang tidak UMUM (sudah banyak)  karena seharusnya setiap klien memiliki karakter dan keinginan yang berbeda. Tampak Depan dari sebuah rumah minimalis adalah sesuatu yang akan langsung menjadi penilaian orang terhadap pemiliknya, sehingga seberapa kreatif dan berseni desain tampak rumah yang di desain oleh arsitek anda menjadi sangat penting, hanya saja sayangnya... memang desain yang unik terkadang memerlukan biaya ekstra dalam pelaksanaan pembangunan rumah tersebut nantinya. 
  3. Proporsi luas tanah luas bangunan dan jalan di depan rumah, Proporsi yang ideal antara ruang terbuka dan bangunan sebenarnya berimbas terhadap kenyamanan rumah, sedangkan untuk proporsi jarak terhadap jalan di depan rumah akan berefek kepada fasad atau desain tampak depan rumah minimalis itu sendiri, luas lahan yang terbatas memang sering sekali menyulitkan dalam membuat sebuah desain rumah minimalis yang disyaratkan memiliki sekian jumlah ruang dan lain sebagainya dan mungkin itulah kenapa seseorang memerlukan arsitek untuk membuat desain yang baik terhadap obyek rumah yang akan dibangun. sekedar contoh.. Beberapa klien kami yang ingin membangun rumah minimalis di yogyakarta, datang kepada kami dengan mengutarakan menginginkan desain atap yang begini begitu...tetapi setelah kami survey ternyata lokasinya berada pada gang yang cukup sempit dan rumah tidak bisa diletakan mundur cukup jauh karena terbatasnya lahan..maka kami jelaskan pada klien kami tersebut bahwa desain fasad untuk rumah minimalisnya bukan pada ATAP tetapi pada DINDING ..terus mereka bertanya.. Kenapa Pak? Apa gak Bisa? .. kami jawab ...Bisa.. cuma dengan jarak mata sekian ini atap rumah bapak/ ibu tidak akan terlihat.. jadi akan sia-sia jika kita menghabiskan biaya banyak untuk desain atap tertentu... barulah setelah itu mereka faham dan setuju dengan konsep yang kami jelaskan tadi.
  4. Ketinggian plafond, ketinggian plafond yang cukup akan membuat seseorang yang berada didalam sebuah ruangan merasa lebih nyaman dan lega, kembali lagi kita akan bertanya minimal tinggi plafond itu berapa? jawabanya adalah 1,5 kali tinggi rata-rata manusia, atau kalau kita jelaskan dalam angka akan didapatkan kurang lebih 3m. Untuk poin ini sebenarnya semakin tinggi desain plafond pada sebuah rumah minimalis maka akan semakin mewah dan nyaman rumah tersebut. cuma....perlu dipertimbangkan juga budget atau biaya pembangunan yang anda siapkan..karena semakin tinggi plafond maka akan semakin besar juga biaya pembangunan rumah tersebut. karena untuk membuat plafond yang tinggi kita hatus membuat dinding yang tinggi juga. 
  5. Material Finishing yang digunakan, untuk memberikan efek mewah pada sebuah rumah minimalis kita dapat menggunakan material yang sangat beragam, perlu kami tegaskan disini bahwa untuk mendapatkan kesan sebagai rumah mewah kita tidak harus selalu menggunakan  material bangunan yang mahal, tetapi keselarasan desain konsep dan aplikasi yang memiliki cita rasa seni arsitektur yang tinggi pun dapat menjadikan material sederhana atau murah menjadi terlihat lebih berkelas, dan bagi anda yang bukan seorang arsitek sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya dalam menggunakan material finishing untuk pembangunan rumah anda. Kalau kita berbicara masalah material finishing secara global dapat kita bagi menjadi: Material Lantai, Material Dinding, dan Material Langit-langit atau plafond. Desain yang baik pada lantai rumah minimalis yang menjadikannya terlihat mewah bisa anda lakukan dengan memberi border atau warna yang berbeda pada sisi tertentu dengan pola yang tetap elegan dan tidak norak. Sedangkan untuk desain dinding dapat anda lakukan dengan memberi lapisan atau tekstur yang berbeda seperti dengan menempelkan wallpaper yang setema atau melapisi dinding tertentu dengan batu alam.  Untuk langit-langit atau plafond agar terkesan lebih mewah gunakanlah material yang terlihat modern seperti gypsum dan material lain seperti kayu Fiber yang didesain tidak monoton atau hanya datar saja, dan ini memerlukan seorang arsitek untuk membuatnya lebih indah. 
  6. Kusen Pintu dan Jendela, kenapa desain kusen pintu dan jendela dapat memberikan efek mewah pada desain rumah minimalis?.. jawabanya sederhana sekali yaitu karena dengan desain pintu dan jendela yang unik dan cantik mata orang akan tertuju kepadanya, lalu pertanyaan lainya adalah bagaimana dengan dimensi dan jenis bahan kusen pintu dan jendela itu sendiri? apakah juga berpengaruh?.. Jawabanya Iya... Contoh ketika konsep rumah minimalis anda ingin mendapatkan kesan Modern yang mewah, maka pemakaian jenis kusen pintu dan jendela dengan bahan bahan dasar logam akan lebih cocok, contohnya menggunakan kusen almunium dan pintu kaca dengan frame dari bahan almunium, sebaliknya ketika anda menginginkan  kesan alami pada desain rumah minimalis, maka anda dapat memilih kusen kayu dengan finishing yang juga lebih datural seperti menggunakan melamin dengan warna kayu.
  7. Art Lighting, Lampu untuk rumah minimalis yang hanya dipasang apa adanya menggunakan fitting sederhana memang berfungsi sebagai penerangan saja tetapi tidak dapat memberikan kesan mewah pada sebuah rumah minimalis, perlu kita berikan perlakuan khusus untuk ruang-ruang yang memang ingin dibuat terkesan lebih mewah, seperti yang telah dijelaskan diatas tadi bahwa palfond merupakan salah satu unsur bangunan rumah yang harus diberikan threatment agar rumah terlihat lebih cantik, dan untuk mengimbangi itu armatur atau dudukan lampu dan jenis cahaya yang akan digunakan berpengaruh sekali terhadap keindahan sebuah ruangan. Beberapa titik downlight yang dikombinasi dengan lampu gantung biasanya mendongkrak keindahan suatu ruangan. Sedangkan untuk sisi luar rumah anda dapat menggunakan lampu tembak (Spot Light) atau jenis lain seperti lampu taman atau dinding dengan bias cahaya tertentu untuk memunculkan kesan artistik dari desain rumah minimalis.
  8. Taman dan Vegetasi, mungkin anda pernah masuk kebuah halaman rumah minimalis yang terasa nyaman dan terlihat indah dan mewah walaupun tidak harus besar luasanya?? inilah yang kami ingin jelaskan disini... bahwa efek tanaman yang dikombinasikan dengan desain rumah minimalis sebenarnya merupakan salah satu faktor yang memberikan kesan rumah menjadi sebuah rumah mewah, perlu kami tegaskan disini taman untuk sebuah rumahpun harus didesain dan pilih secara detil jenis tanamanya.. jadi tidak asal...barulah taman dan vegetasi ini tadi dapat memberi kesan mewah. Rumah Minimalis khusus untuk desain taman dan pemillihan tanaman memiliki karakter yang khusus sehingga jenis tanamanyapun harus disesuaikan dengan tema ruang atapun konsep arsitektur global dari rumah tersebut.
  9. Interior, Desain interior yang baik akan menjadikan rumah minimalis anda terlihat mewah dan modern. Coba deh anda membandingkan ruang kamar di hotel dan sebuah kamar rumah yang interiornya tidak di desain secara serius padahal secara luasanya sama...Berbeda bukan?.. nah.. ini lah  yang membuat sebuah ruang menjadi terasa mewah dan tidak tadi. Secara sederhana untuk sebuah rumah tinggal minimalis, kami merekomendasikan minimal untuk ruang tamu, dapur/pantry/ruang makan, ruang keluarga untuk di set dan didesain dengan baik interiornya oleh seorang arsitek, karena ruang- ruang tersebut sangat penting dibuat desain interiornya untuk mendukung kenyamanan rumah tinggal minimalis anda.Desain interior sebenarnya harus mencocokan antara karakter dari pemilik dan modal luasan ruang yang ada juga dikombinasikan dengan kebutuhan terhadap fungsi, misal saja untuk pribadi yang aktif dan tidak sering menerima tamu..mungkin bisa membuat ruang tamu sederhana dengan jumlah sofa/ kursi yang tidak terlalu banyak agar ruang tetap terasa luas.   
  10. Unsur Pelengkap Bangunan Rumah, yang kami maksud sebagai unsur pelengkap bangunan disini antara lain adalah hand railling pada tangga dan balkon jika rumah minimalis tersebut terdiri dari 2 lantai atau lebih, kunci dan handle pintu, Sanitair elemen seperti closet wastafel kran dll, hand railling untuk tangga rumah minimalis bisa menggunakan bahan apa saja baik logam kayu maupun bahan bangunan lain, yang penting yang perlu saya sampaikan disini adalah bentuk untuk desain arsitektur rumah minimalis haruslah selaras dan tidak bertentangan. Untuk elemen seperti kuci dan handle pintu ini juga juga sangat berperan..kadang kita menemukan desain daun pintunya baik.. tetapi rusak kecantikanya karena pemilihan handle yang tidak sesuai. Yang lain adalah sanitair seperti kran dan wastafel..ini juga memerlukan kejelian dalam memilihnya..agar ruang seperti kamar mandi dapat terlihat menarik dan mewah. 
Rumah minimalis modern dan mewah menjadi trend dalam desain arsitektur rumah akhir-akhir ini di negeri kita tercinta ini, banyak arsitek menggabungkan unsur budaya dan konsep arsitektur indonesia pada desain rumah tinggal, dan ini memperkaya keindahan bangunan rumah tinggal itu secara umum.

Setiap detil dari desain rumah minimalis sebenarnya bisa dijadikan sebuah karya seni bagi seorang arsitek, tinggal seberapa besar dana yang anda sediakan untuk membuat rumah minimalis anda menjadi mewah dan bersolek. Rumah Minimalis itu harus di dandani tidak hanya  pada eksterior saja tetapi sisi interior juga..barulah bisa mendapatkan sebuah rumah minimalis yang nyaman dan indah.
interior rumah minimalis

Rumah minimalis atau desain rumah minimalis di perkotaan yang sering kami dapati terutama pada saat klien berkonsultasi kepada kami adalah terbatasi dengan luas lahan yang tidak terlalu besar atau relatif sempit, penanganan desain dan mungkin jika renovasi yang baik dengan mengikuti kaidah arsitektur besar sekali perananya untuk menjadikan rumah minimalis tersebut menjadi nyaman dan cantik.

Arsitek yang berkecimpung pada obyek rumah tinggal baik desain maupun kontraktor pelaksanaan pembangunan haruslah jeli dalam memberikan threatment setiap desain rumah minimalis yang dikerjakanya, sebagaimana penjelasan diatas bahwa untuk desain rumah minimalis haruslah mempertimbangkan banyak faktor dan memiliki cita rasa dalam membuatnya.

Beberapa kasus yang kami dapati adalah penambahan bangunan yang sembarangan atau tanpa desain menyebabkan hilangnya keindahan dari arsitektur rumah, belum lagi kenyamanan yang sangat minim baik dari sisi pencahayaan dan sirkulasi ataupun hilangnya luasan karena tidak pasnya perletakan struktur ataupun dinding.

Itulah tadi bahasan kami tentang bagaimana membuat, mendesain, membangun rumah minimalis agar dapat terlihat mewah tetapi tetap nyaman sesuai dana pembangunan yang anda sediakan. 

Sekali lagi kami tetap berpesan bahwa jangan pernah membangun rumah atau bangunan apapun tanpa di dampingi oleh seorang arsitek, karena baik itu dengan gaya arsitektur minimalis atau pun gaya arsitektur lainya.. entah obyeknya rumah tinggal, kantor, toko, gudang dan lain-lain..anda akan sangat rugi jika karena kesalahan yang mungkin hanya sepele tetapi menyebabkan rumah minimalis anda menjadi tidak nyaman atau mungkin tidak bergaya atau terlihat biasa-biasa dari sisi luar sehingga tidak dapat menjadi kebanggaan bagi anda sebagai pemiliknya. Belum lagi mungkin keterbatasan pengetahuan dalam manajemen material dan tenaga kerja sering sekali menjadi momok dalam pembangunan rumah tinggal dan bangunan saat ini, salah-salah.... biaya pembangunan menjadi membengkak dan hasilnya pun tidak maksimal.

Jika anda sedang membutuhkan arsitek, kontraktor/ pemborong untuk membangun rumah minimalis.. silahkan menghubungi kami pada nomor kontak di web ini. 

Khusus untuk D.I Yogyakarta ada paket Design & Build yang menggratiskan  desain juga untuk jasa pelaksanaan dan pembangunan khusus Rumah Minimalis di wilayah tersebut. 





 

 

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar