Warna Cat dan Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

desain interior rumah minimalis

Warna Cat dan Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis sebagaimana juga rumah -rumah lain secara arsitektur sangat dipengaruhi oleh warna cat yang dipakai pada bangunan tersebut. warna cat pada rumah minimalis dapat dipilih sesuai selera pemilik dan dengan dibantu oleh arsitek bisa dikombinasikan menjadi warna rumah minimalis yang cantik, sehingga jauh dari kesan norak.

Warna cat Rumah minimalis baik exterior maupun interior  dengan memakai rumpun warna cat tertentu biasanya berada satu rumpun atau gradasi dasar warna cat yang sama, misal untuk rumah minimalis dengan rumpun warna cat hijau maka variasi warna car pada rumah minimalis tersebut akan berada dirumpun warna hijau yang membedakan hanyalah tingkat terang atau gelap yang dipilih dari rumpun warna cat tadi. misalnya pada gambar diatas dapat terlihat bahwa arsitek memakai warna hijau muda sebagai dasar warna dengan highlight colour warna hijau tua.

Gambar diatas adalah desain untuk interior ruang tamu sederhana pada rumah minimalis yang kami kerjakan, luasan dari ruang tamu pada rumah ini memang relatif kecil sehingga setting furniture dibuat seminimal mungkin agar rumah terasa nyaman dan lega. 

rumah minimalis

Gambar ini adalah gambar desain interior pada ruang keluarga yang masih menggunakan cat warna dassar hijau dan dikombinasikan dengan warna cat muda yang masih serumpun. seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa rumah minimalis ini memang memiliki ukuran yang minim oleh karena itu arsitek membuat desain ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan untuk menghemat tempat.

Desain rumah minimalis pada desain interior ruang keluarga ini di aplikasikan menggunakan mebel atau furniture yang berbentuk sederhana dan siku dengan warna yang selaras dengan warna car interior pada rumah ini.

desain interior rumah miniamlis warna cat

Desain interior yang lain pada rumah minimalis ini adalah Desain Kamar tidur, pada desain interior ini arsitek membuat nuasa kayu lebih terasa dengan warna-warna dari lemari, ranjang dan unsur interior pendukung lain pada desain interior kamar ini.

dengan ukuran yang tidak besar desain interior untuk kamar pada rumah minimalis ini, memang tidak bisa menampung terlalu banyak furniture sehingga arsitek harus memilih furniture yang penting- penting saja agar kamar tidak penuh atau terasa sesak.

Warna cat pada desain interior kamar ini masih memakai rumpun warna cat yang sama yaitu nuansa hijau.

desain interior dan warna cat rumah minimalis

Dalam pemilihanan warna cat interior rumah minimalis ini arsitek mmberikan beberapa pilihan kepada owner, dimana sudah kita bahas diatas tadi dengan 1 tone colour yaitu hijau, sedangkan untuk gambar ini adalah warna cat dikonsep 2 tone colour atau 2 rumpun warna yaitu hijau dan kuning,  2 tone colour pada desain interior rumah minimalis ini sebenarnya akan terlihat lebih bersemangat karena dengan hadirnya warna cat baru desain interior ruang tamu ini terasa lebih hidup. sekali lagi sebenarnya pemilihan warna cat rumah itu adalah selera dan belum tentu setiap orang sama.

Dalam memilih warna cat rumah walaupun menggunakan konsep 2 tone colour arsitek biasanya tidak secara extreem memilih warna, tetapi warna warna cat tadi gabungkan atau dikombinasikan seperti sebuah rangkaian dan diselaraskan dengan furniture dan warna dasar dari desain sehingga tidak rantai warna yang terputus.

desain interior dan warna cat rumah minimalis

Ini adalah desain interior ruang keluarga untuk rumah minimalis ini dengan menggunakan konsep 2 tone colour, kombinasi dari warna cat yang dipakai arsitek yaitu warna dasar hijau dan kuning terlihat sangat selaras berada pada desain interior ruang keluarga ini.  

Kesederhanaan konsep atau desain interior juga pemilihan warna yang baik oleh seorang arsitek yang juga sesuai dengan keinginan pemilik sebenarnya adalah hal tersebesar dari desain interior ini, desain rumah minimalis sederhana walaupun kecil kalau dibuat dengan betul pasti akan nyaman untuk ditempati.

desain interior dan warna cat rumah minimalis

Ini adalah desain interior untuk kamar tidur dengan menggunakan 2 warna dasar cat yaitu hijau dan kuning. warna hijau sebagai warna hightlight dan kuning sebagai warna dasar desain interior kamar tidur ini.

Arsitek menempatkan warna hijau pada desain interior kamar tidur ini berada berlawanan dengan arah cahaya matahari atau jendela sehingga akan mengurangi perasaan panas didalam ruang kamar tidur ini. 

Arsitek        : Barito BRGR , MA
Konstruktor  :  Rahmat H, ST
  


Related Posts

3 comments :

  1. Desain interior yang menarik, sederhana tapi cantik

    BalasHapus
  2. rumah minimalis jogja17 Maret 2017 pukul 11.43

    desain rumah dan komposisi warna rumah minimalis yg sederhana tapi menarik, teruskan bosku

    BalasHapus