Renovasi Rumah Minimalis

Renovasi Rumah Minimalis

Renovasi rumah minimalis yang kami lakukan dan akan kita ceritakan pada tulisan ini adalah sebuah proyek yang kami kerjakan untuk sebuah rumah lama dimana pemilik meminta kami untuk melakukan perombakan atau renovasi terhadap rumahnya dengan fokus renovasi berada pada bagian dalam rumah untuk mendapatkan rumah sehat dan nyaman.

renovasi rumah minimalis

Gambar diatas adalah salah satu sudut rumah yang telah mulai kami lakukan pekerjaan pengecatan, dimana pintu kamar langsung menghadap taman tengah rumah dengan desain jendela yang berwarna putih hasil rehab dari bahan pada rumah lama.

Beberapa item lain yang kami lakukan antara lain adalah merombak denah rumah yang tadinya tertutup dibuat atau direnovasi menjadi rumah terbuka dengan konsep taman berada ditengah rumah (indoor). Renovasi juga meliputi perubahan kamar  tidur dengan menambahkan kamar mandi kering dan walkin closet pada kamar utama karena pemilik memiliki koleksi tas dan sepatu yang cukup banyak sehingga memerlukan ruangan khusus yang akan digunakan sebagai tempat penyimpananya.

Hal lain yang dilakukan pada renovasi rumah ini adalah mengganti semua rangka atap bahkan sistem struktur atap yang tadinya kayu menjadi baja ringan, karena kondisi disekitar lokasi ini telah diserang rayap cukup parah, sehingga banyak komponen bangunan dari kayu seperti kusen pintu dan jendela, kuda-kuda atap dan lain-lain yang terserang rayap.

Tampak rumah minimalis yang kami renovasi ini sebenarnya tidak terlalu banyak berubah karena ada persyaratan dari realty komplex perumahan tidak boleh merubah bentuk karena kebetulan kawasan  perumahan memang sudah disetting sebagai indies classic.

Sedikit perubahan yang dibuat oleh arsitek pada tampak  rumah ini agar terkesan sedikit minimalis adalah membuang profil-profil yang digunakan pada pintu dan jendela yang menyebabkan rumah terlihat klasik. selain itu penerapan warna warna yang lebih natural dan minim juga dipakaikan padda bagian eksterior rumah.

Pemberian taman pada tengah rumah sebenarnya bertujuan juga sebagai area yang menerima sinar matahari dan  membantu sudut ruang tertentu dari desain rumah ini agar tersinari cahaya matahari, sehingga rumah lebih terang dan jauh dari lembab (permasalahan sebelum direnovasi).

Rumah minimalis yang kami desain ini, pada bagian dalam rumah memiliki interior yang lebih terbuka karena kesan rumah taman lebih diinginkan oleh pemilik ketika pertama kali kami membicarakan masalah desain.

Desain rumah untuk renovasi rumah minimalis ini sebenarnya cukup murah, karena arsitek berusaha sebisa mungkin menggunakan luasan bangunan yang telah ada dan bahan maretial lama untuk digunakan kembali dalam desain baru renovasi rumah minimalis modern yang dibuatnya.

renovasi rumah minimalis modern

Ini adalah gambar lain proses renovasi yang telah kami lakukan, pada bagian tengah rumah yang nantinya akan berhubungan dengan taman indoor kami membuat variasi dengan menggunakan kolom beton berjejer tiga yang seolah-olah grill vertikal sebagai salah satu seni keindahan arsitektur rumah ini nantinya.

Pemberian topi beton pada ujung atap juga ditujukan untuk memberikan tahanan terhadap tampias air hujan agar tidak masuk sampai ke lantai rumah.

Pada dasarnya rumah ini memiliki gaya arsitektur rumah minimalis modern dengan sentuhan rumah klasik pada bagian tertentu karena pada dasarnya rumah ini memiliki gaya arsitektur klasik sebelum kami lakukan renovasi.

Sebenarnya sih.. masih banyak ide arsitektur yang ingin kami munculkan pada saat membuat desain rumah minimalis ini, cuma karena keterbatasan dana.. sesuai sharing kami dengan owner maka beberapa ide untuk mempercantik rumah ini terpaksa kami urungkan, agar biaya renovasi tidak membengkak.

renovasi rumah

Nah... kalau  yang ini adalah padda tahap awal kami melakukan pembongkaran pada rumah lama, dan menyisakan hanya beberapa bagian tertentu pada dinding rumah sesuai dengan desain denah baru yang akan kita bangun. Agak ngeri yaahh.. dari merubuhkan beberapa dinding kamar kami mendapatkan bongkaran yang cukup fantastik banyaknya.. seolah-olah habis gempa.. hahaha..

Saat tulisan ini kami buat, proses pembangunan atau renovasi rumah minimalis ini telah mencapai progress lebih dari 75%  dan mungkin dalam waktu dekat lagi semuanya sudah selesai, pada saatnya nanti kami akan posting lebih lengkap foto dan gambar renovasi rumah minimalis ini.

Itu dulu ya.. cerita hari ini tentang renovasi rumah minimalis yang sedang kami kerjakan di sleman D.I Yogyakarta, dan buat agan-agan yang sedang ingin membangun atau merenovasi rumah juga sedang mencari arsitek atau kontraktor untuk membantu pelaksanaannya..silahkan menghubungi kami pada nomer telp yang terdapat pada web ini.

Oh iya.. kalau mau melihat layanan apa saja yang kami sediakan dan berapa harganya silahkan klik link ini : Arsitek & kontraktor rumah minimalis

Related Posts

2 comments :

  1. Gan, rumah minimalis kenapa ya kalau pake cat warna putih kelihatan keren? Apa memang lagi trend?

    BalasHapus
  2. iya gan warna rumah baik exterior maupun interior sebenarnya sukaan.. ada yg suka monocolour ada juga yg suka warna warni.. sebagai arsitek kami hanya membantu mewujudkan rumah impian dari setiap pemilik

    BalasHapus