Desainer Rumah Minimalis

Desainer Rumah Minimalis

desain rumah minimalis desainer rumah minimallis yogyakarta

Bicara tentang Desain Rumah Minimalis dan Arsitek yang merancang rumah tersebut, sering sekali orang-orang menyamakan arsitek sebagai desainer, dan sebenarnya itulah kenapa akhirnya kami membuat artikel dengan judul "desainer rumah minimalis" ini adalah untuk memberi sedikit penjelasan tentang istilah desainer tadi.

Arsitek dalam membuat desain rumah minimalis mempunyai tahapan pekerjaan dari sejak membuat desain tapak atau denah untuk bangunan rumah dan kemudian diangkat menjadi tampak depan, tampak samping bahkan desain fasad 3 dimensi.

Semua desain diatas biasa kami sebut dengan prarancangan atau pradesain yang biasanya akan dikonsultasikan kepada klien untuk mendapat persetujuan. Nah kalau kita bicara lebih detil tentang desainer rumah minimalis tadi maka akan kita dapatkan beberapa klasifikasi untuk arsitek atau desainer rumah , karena sebenarnya setiap arsitek membawa gaya atau style arsitektur yang berbeda beda yang mana memiliki ciri khas masing-masing.
Khusus untuk Rumah Minimalis Arsitek atau tadi kita sebut dengan desainer rumah biasanya mencatat dan mendata apa saja ruang yang dibutuhkan seperti berapa banyak jumlah kamar tidur ,bagaimana konsep desain dari kamar mandi, desain kitchenset dan tentunya berapa target anggaran biaya pembangunan rumah itu sendiri.

Dari data-data seperti tersebut diataslah desainer rumah minimalis membuat desain untuk rumah yang dipesan seseorang dan tentunya tetap dalam batasan model rumah minimalis.

Desainer Rumah Minimalis sebenarnya merupakan bahasa yang kurang lazim di negara kita karena sebutan tersebut lebih familiar dengan kata arsitek dan khusus untuk bangunan rumah minimalis maka biasanya mencari atau browsing dengan bahasa arsitek rumah minimalis.

Desainer rumah minimalis seperti halnya desainer desainer lain adalah orang yang membuat desain rumah minimalis untuk nantinya diaplikasikan atau dibangun dalam realitas dengan wujud adalah rumah minimalis.

Perlu kami tegaskan juga disini bahwa desain yang baik pada sebuah rumah minimalis sebenarnya tidak hanya pada tampak depan rumah yang cantik saja, tetapi secara keseluruhan desain rumah minimalis yang baik adalah sebuah desain dengan yang cantik, nyaman ditempati, tidak high cost dalam perawatanya dan terpenuhi semua standar kesehatan sebagai sebuah rumah.

Jika desain rumah anda memang baik, maka semua syarat diatas pastilah akan terasa atau tercukupi, setelah rumah tersebut dibangun.

Sedikit cerita tentang jasa arsitek dan kontraktor khusus rumah minimalis yang kami geluti saat ini, setelah sekian banyak klien yang datang dan menceritakan tentang keinginan meereka membangun rumah minimalis (Di Jogja) sebagian besar yang kami dapati adalah orang-orang yang melihat desain rumah hanya dari tampak depan saja, dan karena mereka membawa contoh gambar rumah minimalis yang diinginkan kami dapat menganalisa bahwa desain rumah minimalis dengan banyak kaca sedang naik daun saat ini.

Terkadang contoh desain rumah minimalis diambil langsung dari web web arsitek luar negeri yang menurut hemat kami sangat tidak cocok dengan iklim di jogja atau di Indonesia pada umumnya, dan jika kejadianya demikian maka kami akan memberikan arahan untuk merubah tampak depan dari desain rumah minimalis idaman mereka tadi menjadi menjadi desain rumah minimalis yang sesuai dengan iklim tropis.

Desain rumah minimalis tropis atau secara umum sebut saja sebagai rumah tropis haruslah mencukupi kebutuhan untuk menghadapi 2 musim yaitu musim hujan dan musim panas/kemarau dan mempertimbangkan juga suhu dan kelembaban udara untuk masing-masing wilayah dimana rumah itu dibangun.
Jadi akan sangat salah seorang desainer rumah minimalis yang menyadur langsung tanpa memodifikasi desain desain rumah minimalis yang berada pada iklim yang bukan tropis, contohnya begini, desain jendela kaca yang terlalu banyak dan lebar akan membuat rumah mengalami penyinaran matahari lebih lama dan akibatnya suhu akan meningkat didalam ruang tersebut sehingga  pemakaian AC akan menjaddi sangat boros, hal ini berbeda dengan negara-negara di eropa yang memang suhu mereka sudah lebih dingin dibandingkan negara kita.

Desain Jendela kaca pada rumah minimalis tetap bisa kita aplikasikan dengan ukuran yang besar dan banyak, dengan syarat :

  1. Desain Jendela Tidak Menghadap Timur atau Barat
  2. Buatlah topi atau teras yang memiliki atap cukup panjang pada area jendela tersebut sehingga lamanya penyinaran matahari akan terhalangi baik volume maupun durasinya.
  3. Gunakan sistem ventilasi dengan arah sesuai arah angin pada setiap daerah misal untuk jogja kami rekom ventilasi alami berada di utara atau selatan.
  4. Buatlah tinggi plafond minimal 3 m agar volume udara didalam rumah bisa baik.
Desain rumah minimalis yang sesuai iklim tropis juga biasanya masih memiliki tritisan atau desain atap yang dilebihkan agar tumpahan air hujan tidak membasahi dinding, sehingga warna cat pada dinding rumah bisa lebih awet.


Beberapa desainer rumah minimalis menggabungkan konsep arsitektur lokal indonesia dengan konsep rumah modern untuk mendapatkan desain yang unik dan aman terhadap cuaca.

Gambar gambar rumah minimalis pada web ini adalah beberapa contoh desain rumah, dengan arsitektur minimalis modern yang dirancang oleh arsitek atau desainer rumah sesuai dengan kebutuhan masing-masing klien yang mereka layani.

Prinsipnya adalah jika anda mencari desainer rumah minimalis, maka carilah arsitek yang memang cukup berpengalaman dalam membuat desain rumah, sehingga tidak ada permasalahan dibelakang hari nantinya.

Pada Perusahaan kami sebenarnya lebih menyukai konsep kerja Design & Build untuk pembangunan rumah, karena arsitek yang merupakan orang yang tahu betul desain yang dibuatnya menjadi pelaksana utama dalam pembangunan rumah tersebut sehingga kesalahan dalam pembangunan akan dapat lebih diminimalisir.

Hal ini akan sangat berbeda ketika arsitek berdiri sebagai konsultan atau desainer rumah, sedangkan kontraktor pelaksana bangunanya adalah orang yang berbeda, tentunya akan ada transfer konsep dan penjelasan yang mungkin sedikit atau banyak akan memiliki kekurangan atau tidak lengkapnya info yang didapat.  

arsitek rumah minimalis desainer rumah minimalis

Khusus untuk wilayah Jogja dan sekitarnya kami biasa melakukan survey kelokasi tanah yang akan dibangun rumah dan melakukan interview dengan owner tentang keinginan seperti apa mereka ingin tanah dan rumah tersebut dibuatkan rancangannya.

Desainer Desainer rumah minimalis di jogja bermunculan dan bersaing dengan harga yang sangat beragam, tapi satu hal yang mungkin membedakan adalah beberapa desainer rumah minimalis/ arsitek rumah minimalis tidak memberikan harga yang sebenarnya sehingga produk yang mereka berikan sering sekali dibuat terbatas hanya pada prarancangan saja, sehingga ketika klien tersebut memilih harga murah untuk desainer rumah minimalis sering sekali tertipu dengan "bahasa iklan" yang sebenarnya jatuhnya juga akan mahal. 

Oleh karena itu  kami tidak pernah memberikan paket yang aneh-aneh baik itu dari segi gambar dan perencanaan maupun jasa pemborongan/ kontraktor, yang kemungkinan akan membuat klien merasa tertipu karena adanya pemahaman yang kurang tentang jasa arsitek dan kontraktor (khususnya rumah tinggal).

Kembali ke desain rumah minimalis dan arsitek sebagai desainer rumah minimalis, Di Yogyakarta beberapa daerah memiliki peraturan sebagai kawasan cagar budaya dengan gaya arsitektur yang ditetapkan pemda Yogyakarta, beberapa orang tidak menyadari hal tersebut sehingga sering sekali kami memperbaiki Desain Rumah (Minimalis)  agar bisa mendapatkan ijin mendirikan bangunan (IMB).

Hal hal sepele seperti yang telah kami jelaskan diatas haruslah menjadi pertimbangan untuk owner agar lebih detil dalam membaca spefifikasi pekerjaan yang ditawarkan arsitek atau konsultan perencana khusus rumah tinggal begitu juga halnya dengan jasa kontraktor rumah minimalis atau pemborong.

Pada akhir artikel ini kami mau mengajak pembaca sama sama merenungkan apakah betul bahwa Kontraktor yang terbaik adalah Arsitek atau desainer dari rumah itu sendiri?.

Mudah-mudahan tulisan tentang Desainer Rumah Minimalis dapat bermanfaat dan khusus untuk yang sedang ingin membuat desain rumah minimalis di jogja dan sekitarnya, silahkan menghubungi kami pada nomer telp yang terdapat pada contact web ini. 

Untuk harga jasa arsitek dan kontraktor pembangunan rumah tinggal yang kami tawarkan anda dapat melihatnya DISINI
  

   

Related Posts

2 comments :

  1. Tulisan anda tentang desainer rumah minimalis ini sudah membuka pikiran saya tentang cara memilih arsitek dan kontraktor untuk membangun rumah saya, makasih gan

    BalasHapus