Rumah

rumah

Rumah

Rumah adalah sebuah struktur atau gabungan beberapa elemen yang terdiri dari lantai dinding dan atap yang didirikan pada sebuah pondasi yang ditumpu oleh tanah atau daya dukung tanah dan digunakan untuk berlindung manusia dari terjangan suhu dan iklim.

Selain itu rumah juga merupakan sebuah tempat untuk manusia membuat komunitas kecil yang disebut dengan keluarga. Rumah juga merupakan sebuah karya cipta dari seorang perencana atau biasa kita sebut dengan arsitek dengan dibantu realisasinya oleh kontraktor pelaksana atau tukang bangunan yang memiliki keahlian secara khusus untuk membangun setiap elemen dari rumah.

Rumah pada zaman dahulu adalah dibuat dengan peruntukan untuk diambil fungsi utamanya yaitu tempat tinggal saja, sedangkan rumah pada masa sekarang selain nilai fungsi rumah sebagai tempat tinggal tadi, rumah juga merupakan simbol kematangan secara finansial bagi orang yang memilikinya.

Dengan dijadikanya rumah sebagai simbol- simbol sosial dan merupakan karya seni maka munculah klasifikasi-klasifikasi atau pengelompokan rumah sesuai bentuk atau ukuran desain dan pembangunanya.

Secara sederhana rumah pada saat ini dapat dibagi sebagai berikut:
  • Rumah Sederhana
  • Rumah Menengah
  • Rumah Mewah
Batasan untuk klasifikasi rumah sesuai yang disebut diatas sebenarnya sih agak mengambang, cuma mungkin kalau boleh saya kasih gambaran disini adalah sebagai berikut :
  • Rumah Sederhana : Rumah dengan ukuran yang relatif tidak terlalu besar atau mungkin kita sebut dibawah 100m2 luas lantai yang menggunakan bahan-bahan yang sederhana atau memiliki harga setengah kebawah dari deretan pilihan harga bangunan sejenis, juga memiliki desain geometry atau bentuk yang sederhana tanpa mengutamkan faktor keindahan dari rumah itu sendiri.
  • Rumah Menengah : Rumah  pada klasifikasi menengah dapat kita judge memiliki luas antara 100m2-200m2 dengan menggunakan bahan bangunan yang memiliki harga berada ditengah keatas dari daftar harga bahan bangunan sejenis, pada level ini rumah yang dibangun biasanya sudah mulai berhias atau sudah terdapat art touching pada tampak rumah.
  • Rumah Mewah : adalah rumah yang memiliki luasan diatas 200m2 dengan bahan yang mewah atau diatas rata-rata juga full dengan sentuhan seni untuk mempercantik tampilan rumah.
Rumah juga dapat diklasifikasikan berdasarkan gaya arsitektur bangunan yang digunakan, antara lain :
  1. Rumah Minimalis
  2. Rumah Modern
  3. Rumah Modern Minimalis
  4. Rumah Minimalis Naturalis
  5. Rumah Kontemporer
  6. Rumah Etnic atau Rumah Adat
  7. dan lain -lain
Rumah juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia setelah pangan, oleh karena itu dengan berkembangnya teknologi dan tambah majunya peradaban rumah merupakan satu hal yang mengambil andil besar dalam membentuk budaya dan peradaban umat manusia.

Rumah yang memiliki desain yang baik akan selalu terasa nyaman jika berada didalamnya, karena itu jasa arsitek sangat dibutuhkan untuk membuat desain rumah agar rumah dapat menjadi "rumah" seperti kata pepatah asing "go home to my home". :D

Rumah kalo mau dibahas tambah dalam mungkin bisa berlembar -lembar untuk menuliskanya sebagai sebuah artikel yang lengkap, cuma untuk saat ini mungkin itu dulu yang bisa kami tuliskan tentang "rumah", lain waktu mudah-mudahan kita bisa sambung lagi.

   
Buat yang ingin bangun rumah di jogja dan tertarik dengan desain kami, jangan lupa hubungi kami pada kontak yang ada pada web ini.

Semoga Menginspirasi




Related Posts

1 comments

  1. rumah memiliki definisi sebagai tempat pulang kak menurut sy, seperti hati seorang yg selalu kurindukan..cie..cie��

    BalasHapus