Model Rumah

model rumah

Model Rumah

Model rumah adalah bentuk dan gaya arsitektur yang di gunakan pada desain sebuah rumah. Pengertian model rumah tersebut adalah sebenarnya bahasa awam untuk menyebutkan konsep design dari bangunan rumah. bahkan ada beberapa yang mungkin membuat orang merasa rancu dengan bahasa "Model Rumah" sehingga mengartikanya sebagai permodelan rumah atau miniatur rumah yang disebut juga dengan maket.

Model rumah atau istilah model ini yang membuat rancu pengertian dari frase model rumah yang sering digunakan oleh masyarakat indonesia untuk menyebut gaya arsitektur rumah.

Semoga istilah sepele di atas tidak membuat anda bingung ya...

Model rumah bisa bermacam-macam antara lain :
  • Model Rumah Minimalis
  • Model Rumah Minimalis Modern
  • Model Rumah Minimalis Naturalis
  • Model Rumah Minimalis Scandinavian
  • Model Rumah Minimalis Industrial
  • Model Rumah Etnical
  • Model Rumah Indies
  • Model Rumah Kontemporer
  • Dan masih banyak lagi
Model rumah yang sedang trend di Indonesia saat ini adalah model rumah minimalis, dimana model rumah ini bermula pada awal tahun delapan puluhan masuk ke Indonesia bersama modernisasi dalam bidang arsitektur dan bangunan di Indonesia.


Di Yogyakarta (kota tempat tinggal kami),  model rumah minimalis hampir mengisi seluruh sudut kota dan mulai menggila mulai menggeser model rumah arsitektur khas yogyakarta yaitu joglo atau rumah adar jawa. Untungnya pemerintah propinsi yogyakarta yang merupakan kota wisata Favorit kedua di Indonesia setelah Bali memberikan peraturan daerah tentang cagar budaya dan arsitektur pada kawasan tertentu, sehingga sedikit banyak masih dapat mengurangi cepatnya perubahan fisik di yogyakarta.

Bahkan tidak hanya kepada model rumah saja, pemerintah yogyakarta juga mensyaratkan bangunan-bangunan komersial seperti hotel , pusat perbelanjaan, rumah sakit , kantor dll untuk memasukan unsur budaya jawa pada desain yang dibuat oleh arsitek.

Model rumah sering sekali menjadi simbol sosial dari pemiliknya sehingga pada era sekarang ini, dengan pesatnya dunia informasi menyebabkan banyak orang menginginkan properti mereka terlihat trendy dengan mengikuti model rumah yang kekinian.

model rumah minimalis modern


Sedikit membahas tentang model rumah yang ada pada foto diatas, model rumah dipakai oleh arsitek adalah model rumah minimalis modern yang dipadukan dengan unsur natural sehingga kalau kita sebut dengan panjang adalah model rumah minimalis naturalis modern. 

Model rumah tersebut sangat happening sekarang ini, karena dengan model rumah yang minimalis ditambah unsur arsitektur lain dengan bahan-bahan yang alami akan membuat rumah yang walaupun hanya memiliki bentuk yang sederhana terlihat lebih hommy, dan jika model rumah tadi dipadukan lagi dengan bahan-bahan yang dapat mengangkat kemodernanya maka akan menjadi perpaduan yang sangat sempurna.

Model rumah inilah seperti yang saya telah sebutkan di atas tadi, yang sedang digandrungi masyakarakat kita. Bahkan dari catatan kami dua dari tiga klien jasa arsitek di yogyakarta yang kami layani memiih model rumah tersebut sebagai pilihan atau rekomendasi awalnya.

Pemakaian bahan bahan bangunan dengan warna yang natural seperti kayu dan batu membuat model rumah ini lebih menyatu dengan alam, sehingga jauh dari kesan yang tidak ramah lingkungan.

Dalam membuat model rumah, arsitek haruslah mempertimbangkan luasan tanah yang bisa digunakan dan sekedar untuk informasi saja (berdasarkan pengalaman kami) bahwa rasio antara luas lahan dan bangunan yang nyaman adalah 60%, kecuali untuk lahan terbatas memang arsitek hanya bisa membuat semaksimal mungkin saja.

Model Rumah sebenarnya memiliki efek yang cukup besar terhadap biaya pembangunan rumah. Apalagi jika model rumah yang di desain oleh arsitek terlalu banyak nilai estetika/ seni nya, mungkin dengan sangat pasti kami menebak bahwa biaya pembangunan model rumah tersebut akan menjadi lebih mahal.

Model rumah dengan memakai konsep melayang atau kantilever yang panjang haruslah di desain dengan baik strukturnya, karena wilayah kepulauan nusantara ini termasuk di daerah level 3 terhadap efek gempa bumi antara lempeng australia dan asia.

Model rumah dengan struktur bangunan yang baik haruslah dimulai dengan membuat desain pondasi dan juga study daya dukung tanah untuk masing-masing daerah atau area pembangunan rumah. dan kemudian dilanjutkan dengan desain kolom balok sesuai dengan pembebanan dan fungsi ruang pada model rumah yang di desain.

Mungkin ini dulu sharing kita hari ini tentang Model Rumah, masih banyak yang bisa dikulik mengenai model rumah dan kapan-kapan kita sambung lagi.

Seperti biasa.. jika anda sedang ingin membangun rumah, kantor, gedung, hotel, villa, gudang atau bangunan lainya juga tertarik dengan model rumah atau desain bangunan dari kami, jangan lupa hubungi kami ya.. pada nomer telp atau email yang terdapat pada contact web kami ini.

   



Related Posts

0 comments :

Posting Komentar