Jasa Desain Rumah


jasa desain rumah minimalis

Jasa Desain Rumah

Jasa desain rumah sangat banyak ditawarkan oleh perusahaan atau arsitek secara persseorangan pada saat ini. Masing-masing menawarkan jasa desain rumah dengan harga dan konsep kerjasama yang berbeda-beda. saya disini akan mengulik sedikit tentag Jasa Desain Rumah apa dan bagaimana cara kita memahami terutama terkait dengan banyaknya iklan Jasa Desain Rumah baik dimedia massa maupun sosial media.

Rumah adalah sebuah bentuk yang terdiri dari lantai dinding dan atap yang digunakan manusia untuk berlindung dari suhu dan cuaca, bahkan dalam perkembanganya definisi rumah tidaklah sesederhana definisi rumah sebelumnya.

Saat ini rumah juga merupakan symbol strata sosial seseorang, sehingga dalam membangun dan mendesain rumah pun tidak sesederhana dahulu lagi, dengan adanya kebutuhan keindahan dan kenyamanan yang lebih maka munculah profesi arsitek dengan fungsi sebagai perencana rumah atau kalau kita bahasakan secara komersil adalah menjual Jasa Desain Rumah.

Jasa Desain Rumah sebenarnya tidak sesederhana kata-kata yang ada apanya yaitu "jasa Desain Rumah". Dalam pengerjaaanya Jasa Desain Rumah melibatkan beberapa keahlian yang mungkin bisa kita bilang tidak hanya seorang arsitek. 

Di Indonesia study keahlian Arsitek dibatasi hanya pada keahlian desain bentuk dan ruang sehingga untuk sebuah perusahaan yang menawarkan jasa desain rumah membutuhkan seorang kontruktor dari lulusan teknik sipil untuk ikut mendesain struktur rumah secara lebih detil. selain konstruktor pada sebuah  perusahaan "jasa desain rumah" diperlukan juga seorang mekanikal eletrikal engineering untuk mendesain mekanikal dan eletrikal rumah, biasanya diambil dari jurusan teknik elektrikal atau mesin.

Secara Khusus kami jelaskan disini untuk produk yang biasa kami siapkan untuk order jasa desain rumah adalah :
  • Desain Arsitektur Rumah
  • Desain Struktur Rumah
  • Desain Mekanikal Eletrikal Rumah
  • Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Rumah
  • Perhitungan Struktur Bangunan Rumah
Karena kebetulan kami memiliki konsep design & Build maka produk-produk tersebut hanya akan kami keluarkan untuk kontrak jasa desain rumah dan pembangunanya.

Untuk jasa desain rumah sementara ini kami membatasi wilayah kerja kami hanya di D.I Yogyakarta (nilai kontrak minimal 100 juta) , sedangkan untuk wilayah lain di pulau jawa jasa desain rumah dan pembangunanya minimal kontrak adalah 1M nilai bangunan, hal ini karena pertimbangan operasional yang cukup tinggi jika kami harus mengerjakan diluar propinsi D.I Yogyakarta .

Jasa desain rumah dengan model kontrak design & build pada kami adalah gratis atau kalau saya boleh bilang sebagai jasa arsitek gratis dan kontrak biaya hanya pada biaya pembangunan saja.

Data-data yang dibutuhkan kami sebagai arsitek untuk jasa desain rumah antara lain:
  1. Gambar Tanah/ lahan
  2. Kebutuhan ruang didalam rumah 
  3. Konsep gaya rumah/ style bangunan yang diinginkan
  4. Batasan Biaya Pembangunan 
Biasanya Jasa Desain rumah diawali dengan survey lokasi dan konsultasi awal sebelum pembuatan denah rumah dan detil desain rumah lainya. kemudian dilanjutkan dengan konsultasi kepada owner sampai desain rumah disetujui berikut semua anggaran biaya pembangunan rumah yang telah di patok sebelumnya.

Jasa Desain Rumah di yogyakarta umumnya lebih kepada orang-orang yang ingin rumahnya tampil lebih cantik dan nyaman atau mungkin rumah yang memiliki luasan cukup besar sehingga memerlukan manajemen kontraktor pembangunan rumah.

Sekali lagi membangun rumah itu terlihat sepele atau mungkin pekerjaan gampang, tapi jika anda pernah melakukanya sendiri maka pastilah anda tau bahwa banyak hal yang harus di singkronkan dan di tata agar dapat terwujud rumah idaman bagi anda masing-masing.

Keterbatasan pengetahuan tentang struktur bangunan dan finishing arsitektur juga merupakan alasan utama kenapa harus memakai "Jasa Desain Rumah"

Alasanya sih sederhana.. membangunya mungkin hanya butuh beberapa bulan tetapi menempatinya mungkin akan tahunan bahkan mungkin seumur hidup anda, jadi agar tidak kecewa dibelakang hari kalau saya boleh saran sebaiknya tetap gunakan jasa desain rumah karena selain untuk membuat rumah yang nyaman dan indah (rumah idaman), jasa desain rumah juga berguna untuk mengontrol budget pembangunan rumah anda supaya tidak membengkak atau kalau bahasa sederhananya adalah jangan sampai anggaran pembangunannya habis sedangkan rumahnya belum bisa selesai.

                Baca Juga Desain Rumah Minimalis Modern 

Mungkin ini dulu yang dapat saya sampaikan tentang Jasa Desain Rumah , kapan-kapan kita sambung lagi.

Oh iya hampir kelupaan.. Kalau anda mau bangun rumah di jogja atau butuh arsitek di jogja jangan lupa kontak kami ya.. :D  



   

Related Posts

2 comments :

  1. Jasa desain rumah minimalis apakah sama dengan jasa arsitek pak? Mohon penjelasanya.
    Dewi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsipnya sih sama ya mbak, cuma mungkin yg agak membedakan bahwa jasa desain rumah yg kami lakukan adalah gabungan dari beberapa keahlian seperti arsitek, sipil/struktur dan mekanikal eletrikal

      Hapus