Model Rumah Minimalis Sederhana

Model rumah minimalis yang berkembang saat ini sangat beragam dan banyak arsitek melakukan inovasi terhadap desain rumah sehingga terlihat modern dan futuristik.

Memang tidak ada pakem yang membatasi kreasi seorang arsitek dalam pembuatan desain rumah minimalis kecuali beberapa faktor yang memang terkait keinginan dan biaya yang dipatok untuk membangun rumah tersebut.

model rumah minimalis sederhana
Contoh model rumah minimalis 


Bicara tentang hal hal yang membatasi sebuah desain rumah kami sebagai salah satu praktisi didunia arsitektur dan kontraktor khusus pembangunan rumah tinggal di jogja, akan berbagi sedikit tentang pengalaman kami membuat desain rumah model minimalis.

BACA JUGA : ARSITEKTUR RUMAH INDUSTRIAL

Berikut dibawah ini adalah hal hal yang membatasi arsitek dalam membuat model rumah minimalis :

  • Luas tanah yang tersedia, terkait dengan luas tanah sebenarnya tidak hanya luasanya yang kadang menjadi pembatas sebuah desain, melainkan bentuk dan ukuran tanah juga sangat berpengaruh. Sebagai contoh tanah dengan muka sempit memanjang kebelakang akan ngefek kepada desain model rumah minimalis nantinya.

  • Kontur tanah, kontur merupakan bentuk permukaan tanah sering sekali memberikan efek bagaimana desain rumah sebaiknya, contoh pada tanah cekungan atau ledok dalam bahasa jawa nya..desain rumah dengan basement sering kali lebih menguntungkan ketimbang harus mengurug lahan agar jadi datar.
model rumah minimalis sederhana ukuran kecil pada kontur tanah datar
Model rumah minimalis sederhana ukuran kecil pada kontur tanah datar


  • Konsep arsitektur bangunan, Arsitektur bangunan terutama model dan gaya akan menjadi salah satu pertimbangan ketika membuat denah rumah, dimana pertimbangan jauhnya adalah denah akan ikut menentukan bentuk fasad atau tampak dari rumah nantinya. Contohnya adalah arsitektur rumah indies dan rumah minimalis, dua style arsitektur tersebut akan menghasilkan biaya yang berbeda dalam produksi bangunanya walaupun luasnya sama.

  • Dana yang tersedia, dana yang tersedia memberikan pengaruh sangat besar bagi arsitek karena seperti sama kita ketahui bahwa semakin unik bentuk model rumah minimalis maka semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan.

Di artikel ini kami akan bahas lebih spesifik tentang model rumah minimalis sederhana.

Tapi sebelum kita lebih jauh lagi membahasnya perlu kami batasi disini bahwa sederhana yang akan kami uraikan disini tidak sama dengan kecil atau ukuran yang mini.
Sederhana yang kami bahas untuk model sebuah rumah minimalis bisa kita tinjau dari berbagai sisi, dan berikut dibawah ini penjelasanya.

  • Model rumah minimalis sederhana berdasar bentuk desain, rumah dengan bentuk yang sederhana dan tidak terlalu rumit biasanya mengambil bentuk persegi atau bentuk bentuk lain yang tidak terlalu memiliki banyak sudut. Kecantikan rumah ini biasanya ditunjukan oleh kerapihan pekerjaan dan warna warna cat yang dipilih.

rumah minimalis sederhana berbentuk kotak atau kubus sebagai konsep desain arsitektur
Model rumah minimalis sederhana berbentuk kubus atau kotak sebagai konsep desain arsitektur

  • Model rumah minimalis sederhana berdasar bahan material bangunan yang digunakan, material bangunan dan finishing akhir dari sebuah rumah memberikan kesan langsung pada orang yang melihatnya, oleh karena itu ketika walaupun arsitek menggunakan bahan sederhana sebagai penutup akhir, jika ditempatkan dengan baik maka akan memberikan efek yang baik pada desain rumah.

material rumah minimalis sederhana dengan warna cat monokrom putih
Contoh aplikasi material rumah minimalis sederhana dengan warna cat monokrom putih

  • Model rumah minimalis sederhana berdasarkan ukuran, rumah kecil atau dengan ukuran mini pastilah akan memberi efek sederhana, walaupun didesain dengan bentuk tampak yang unik dan mewah.
rumah minimalis sederhana ukuran kecil nan indah karena bentuk
Rumah minimalis sederhana ukuran kecil nan indah karena bentuk



Itulah tadi 3 hal yang menjadi faktor utama bagaimana sebuah model rumah minimalis didefinisikan sebagai rumah sederhana.


Memang tidak semua yang sederhana itu selalu murah, karena dengan konsep arsitektur sebagai rumah modern, bentuk dan bahan yang sederhana kadang memerlukan perlakuan extra terutama disisi penggarapan agar menjadi nilai jual dalam mendesain model rumah minimalis. 

Related Posts

3 comments :

  1. sungguh info yang sangat bermanfaat, kami dalam beberapa waktu kedepan berencana akan membangun rumah di jalan kaliurang sleman dekat uii terpadu, boleh tau prosedurnya bagaimana?
    Widi/085868721113

    BalasHapus
  2. min, hitunganya gimana kalo mau mbangun rumah pake jasa sampean?

    BalasHapus
  3. silahkan hubungi kami via phone untuk dilakukan survey lokasi dan konsultasi ya pak Hadi Joyo Subroto

    BalasHapus