Rumah Modern Minimalis Tropis

Rumah modern minimalis tropis merupakan rumah yang di desain berdasarkan konsep arsitektur modern minimalis yang disesuaikan dengan iklim tropis. Iklim tropis itu sendiri seperti yang sama sama kita ketahui terdiri dari 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan.

Curah hujan yang tinggi dan lamanya sinar matahari di wilayah wilayah yang beriklim tropical menjadikan satu alasan penting untuk dipertimbangkan oleh arsitek pada saat membuat desain rumah.

rumah minimalis tropis
Rumah Minimalis

Beberapa kami telah bahas pada artikel artikel sebelum ini, kalau sudut hujan menjadikan desain teras rumah minimalis tidak nyaman diduduki karena tampias, dan agar hal tersebut tidak terjadi makanya dibutuhkan modifikasi modifikasi ketika model rumah minimalis tersebut kita terapkan di indonesia.

Model rumah papak (bahasa jawa)  atau tanpa tritisan sebenarnya kurang ideal jika diterapkan disini.
dan jika memang tetap ingin menerapkan konsep tersebut maka sebaiknya menggunakan bahan logam untuk kusen jendela seperti menggunakan  almunium ataupun besi.

rumah minimalis box kotak papak melayang
Rumah Minimalis Tanpa Tritisan

Pada beberapa desain yang kami rancang, kami mengganti tritisan dengan topi beton berbentuk flat dengan panjang yang cukup untuk menahan sudut hujan tadi. sehingga akan lebih aman pada saat terjadi hujan.


model rumah minimalis tropis

Konsep arsitektur hunian di daerah tropis sebetulnya dengan mudah dapat kita gali dan pelajari dari bentuk bentuk rumah adat di indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dari bentuk atap sampai dengan pondasi disetiap daerah berbeda beda.

Di jogja misalnya, sebagian besar arsitektur rumah lama merujuk pada rumah adat jawa yaitu joglo dan limasan.  Walaupun dengan adanya kemajuan dan masuk nya arsitek arsitek dari belanda pada masa kolonialisme merubah tampak kota yogyakarta dengan taburan gaya arsitektural indies.

BACA JUGA : ANEHNYA JASA ARSITEK DI JOGJA

Masih karena efek hujan dan curah hujan pada desain rumah, perlu anda pertimbangkan adalah kemiringan atap, walaupun menggunakan atap lajur seperti galvalum, asbes atau sejenisnya, di daerah tropis curah hujan besar dengan durasi yang cukup lama perlu mengurangi talang talangan, karena biar gimanapun talang dan sejenisnya membutuhkan perawatan ekstra. Jadi jika bangunan anda bisa tanpa talang dan sambungan atap menurut kami itu lebih baik.

Hal lain penting diperhatikan adalah bahan material atap, karena di tropical zone baik saat hujan dan panas sebisa mungkin suhu dalam ruang tidak terlalu berbeda. Jangan sampai pada saat terik ruangan kita menjadi sangat panas walaupun bahan tersebut aman pada musim hujan.

Oke mari kita turun ke elemen lain bangunan rumah yaitu dinding, pada area ini sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda dengan desain rumah di luar iklim tropis, karena intinya sih dinding dipilih dari bahan yang kuat dan aman terhadap hujan, dengan teknologi yang sama yaitu memakai plesteran dan acian rata rata bangunan sudah cukup aman.

desain tangga dan dinding rumah minimalis tropis
Contoh Desain Tangga Dan Dinding Rumah Minimalis

Di area dinding ini anda juga bisa memilih teknologi terkini dengan menggunakan bata ringan yang memiliki bobot lebih ringan terutama ketika anda membangun rumah minimalis 2 lantai, sehingga akan dari sisi struktur dan lebih aman ketika terjadi gempa.

Mengenai rumah modern minimalis yang tidak menggunakan AC  dengan iklim tropis sebaiknya menggunakan roaster atau sesuatu "lubang pada dinding" agar sirkulasi udara lancar dan nyaman.

Kesan alami terutama pada tampak rumah bisa dilakukan dengan pelapisan menggunakan batu alam atau teknik cat, intinya adalah ketika anda memasang suatu lapisan pada dinding exterior rumah maka pastikan dulu bahwa acian atau waterproof sudah benar benar rapat air.

Sedangkan untuk elemen bawah seperti lantai anda dapat menggunakan bahan keramik, granit ataupun kayu untuk mengangkat kesan hangat sebagai rumah di negara tropis. pesanya adalah sesuaikan budget dan pikirkan juga perawatannya nanti.

lantai rumah minimalis tropis
Contoh Bahan Lantai 

Oh iya satu lagi penting banget nih..

Minimalkan ukuran jendela kaca atau sejenisnya menghadap barat dan timur jika tidak ada  teras didepanya, sekedar cerita pada beberapa proyek renovasi rumah yang kami kerjakan di yogyakarta, sebagai arsitek sekaligus kontraktor kami sering sekali mendapat keluhan kalo ruanganya panas dan gak nyaman, ternyata salah satu penyakitnya setelah kami teliti adalah mereka membuat jendela kaca besar arah barat atau timur padahal ruang tersebut non AC.

jendela besar rumah minimalis tropis
Contoh Jendela Kaca Besar Rumah Modern

Mungkin itu dulu yahh..
Sekilas tentang "Rumah Modern Minimalis Tropis"
Silahkan baca artikel kami yang lain untuk bisa menambah wawasan tentang bangun rumah.

BACA JUGA : RUMAH MINIMALIS KACA







Related Posts

0 comments :

Posting Komentar