Rumah Minimalis Teras & Tangga Railling Kaca

desain railling rumah minimalis

Rumah Minimalis Teras & Tangga Raillling Kaca

Rumah minimalis dengan tinggi lantai lebih dari satu lantai biasanya didesain oleh arsitek perancangnya menggunakan teras pada lantai 2 atau lantai atas untuk memenuhi kebutuhan ruang santai atau sekedar untuk akses pandang mata keluar dari sisi lantai atas bangunan.

Desain Rumah Minimalis pada artikel ini sebenarnya adalah lanjutan dari artikel kami sebelumnya dengan judul Rumah Minimalis Atap Datar

Bahan yang digunakan pada desain rumah minimalis bertingkat terutama untuk elemen relling atau pagar teras dilantai atas bisa bermacam-macam, dan salah satu yang akan kita uraikan disini adalah menggunakan kaca sebagai relling pada desain rumah minimalis.

Mungkin anda akan bertanya seberapa aman ketika desain rumah minimalis (Relling) menggunakan bahan kaca? jawabanya aman selama didesain dan dilaksankan dengan baik. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan ketika memilih kaca sebagai bahan dari relling teras lantai 2 atau seterusnya. 


railling rumah minimalis

Pada beberapa rumah minimalis mengaplikasikan Railling Kaca Pada Tangga untuk menambah kesan elegan, gaya dan tetap mewah dalam rumah minimalis mereka. Untuk melengkapi kesan mewah dari tangga yang dipasang, menggunakan railing tangga kaca adalah solusinya. Jika Anda cemas dengan keamanaan yang diberikan railing kaca, tentunya hal tersebut wajar tetapi sekali jika anda belum mengetahui secara pasti kekuatan dari bahan kaca ini, sekali lagi kami tegaskan bahwa jika dipasang dengan benar maka railling kaca sebenarnya aman.. Railing kaca memberikan tingkat keamanan yang sama dengan railing baja, kayu dan tembok bagi penggunanya.

Untuk tetap menghasilkan kesan mewah dan bergaya, desain railing tangga atau teras kaca yang harus Anda aplikasikan pada rumah minimalis milik Anda sebaiknya menyesuaikan dengan tema interior. Banyak desain railing kaca yang sesuai untuk rumah minimalis Anda. Biasanya desain railing kaca klasik akan semakin menonjolkan kesan mewah rumah minimalis Anda. Desain railing tangga kaca minimalis juga dapat Anda pilih untuk menonjolkan kesan sederhana tapi tetap modern bagi rumah minimalis Anda

Sebaiknya gunakan railing tangga kaca tempered ukuran 8/10 untuk tangga rumah Anda. jenis kaca tempered ini banyak digunakan di kantor-kantor dan hotel. Beberapa sekolah juga menggunakan jenis kaca tempered ini karena aman digunakan dan tidak membahayakan penggunanya. Jangan lupa untuk memilih material kaca yang memiliki ketebalan minimum 12-15mm. Dengan kaca tempered yang memiliki ketebalan aman, railing tangga kaca rumah minimalis Anda akan aman. Selain itu jenis kaca ini akan berubah menjadi butiran kaca yang halus jika pecah sehingga aman untuk digunakan di rumah minimalis yang penuh anggota keluarga.

desain tangga rumah minimalis railling kaca

Kelebihan menggunakan railing kaca
Dibandingkan dengan penggunaan Railling tangga stainless, kayu dan tembok, railing kaca memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihan menggunakan railing tangga kaca adalah mudah sekali dipasang karena biasanya pemasangan kaca langsung ditujukan untuk pembatas tangga. Lain halnya jika menggunakan railing logam. Biasanya pemasangan railing logam lebih rumit karena memiliki proses pemasangan yang cukup panjang, sehingga terkadang cukup merepotkan jika ini terjadi pada renovasi rumah minimalis yang anda miliki. 



Berbeda dengan railing tangga kayu atau stainless, Desain rumah minimalis dengan menggunakan railing  kaca biasanya pemandangan di dalam atau diluar rumah akan lebih terlihat dan transparan karena sudut pandang mata bisa lebih jauh. Untuk menjaga kaca tetap terlihat mengkilat dan tembus pandang, perawatan harus dilakukan. Perawatan ini tidak sulit karena dapat dilakukan dengan dengan cara yang sama saat Anda merawat kaca jendela rumah. Kaca selalu rawan dengan bersarangnya debu. Bekas pegangan tangan pengguna tangga biasanya akan membekas pada kaca. Bahkan noda-noda kecil bisa menempel pada kaca. Jika tidak dirawat tentunya noda-noda dan debu yang menempel pada railing tangga kaca Anda akan memberikan kesan jorok. Karena itu perawatan railing kaca mutlak diperlukan.

Sebagai bagian dari desain rumah minimalis yang digunakan untuk menunjang interior rumah, pemilihan railing tangga kaca terbaik harus dilakukan agar rumah dapat terkesan lebih minimalis. Bukan hanya desain tapi juga kualitas railing harus dipilih kualitas terbaik sehingga bukan fungsinya saja yang dapat digunakan dengan baik tapi nilai artistiknya juga harus menjadi pertimbangan. Dengan demikian Anda tidak akan menyesal telah memilih railing tangga kaca untuk rumah minimalis Anda. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih railing kaca untuk rumah Anda:

•    Penyedia atau toko penjual railing terpercaya
•    Kualitas railing tangga kaca


Selain mudah dipasang, railing tangga kaca juga tidak memerlukan biaya yang mahal selama proses pemasangannya. Pemotongan-pemotongan yang memakan biaya mahal pada pemasangan railing berbahan logam tidak terjadi pada railing kaca. Biasanya pemotongan railing yang berbahan logam atau kayu lebih rumit dilakukan karena memerlukan ukuran yang akurat selama pemasangannya. Kemudahan pemasangan dan minimnya ongkos yang digunakan untuk memasang railing tangga kaca, membuat banyak orang salah satunya pemilik rumah minimalis beralih mempertimbangkan railing kaca untuk diaplikasikan di rumah minimalis.
Merawat railing tangga kaca
Rawat railing tangga kaca dalam rumah Anda dengan mengelapnya menggunakan kain yang lembut. Lakukan perawatan minimal dua kali sehari dengan cara mengelapnya. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih kaca saat Anda membersihkan railing tangga kaca di rumah Anda sehingga railing kaca Anda terjaga tetap bersih dan mengkilat. Perawatan railing kaca sangat praktis, tidak rumit dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Perawatan yang cukup mudah ini juga menjadi kelebihan menggunakan railing kaca dibandingkan model railing tangga kaca lainnya.
Tips memilih railing tangga kaca
Jika anda sedang memilih Di toko manapun atau penjual manapun Anda membeli railing tangga kaca, harus dipastikan bahwa toko tersebut adalah toko penyedia railing kaca yang terpercaya. Anda bisa membuktikannya dari kualitas pelayanannya kepada pelanggan dalam menyediakan railing kaca tangga. Bila perlu tanyakan keberadaan anak cabang untuk memastikan kualitas pelayanan toko.
Demikian Banyaknya pilihan railing tangga kaca baik model railing tangga kaca tempered atau railing kaca lainnya akan membuat Anda mudah memilih railing kaca yang sesuai dengan desain rumah Anda. selain itu banyaknya pilihan varian railing juga akan semakin menambah banyak pilihan Anda untuk menunjang nilai artistik dalam rumah minimalis Anda.
Setiap Anda membeli railing tangga atau teras balkon kaca jangan lupa untuk memeriksa kualitasnya. Tidak hanya melihat, bila perlu raba dan perhatikan setiap detil railing yang disediakan toko. Proses pemilihan ini dapat memakan waktu yang lama karena itu Anda harus sangat teliti sewaktu memilih railing kaca untuk tangga rumah Anda. Terburu-buru justru akan membuat pilihan Anda jatuh pada railing tangga kaca yang memiliki kualitas buruk dan tidak sesuai dengan desain rumah minimalis Anda.
Pada desain rumah minimalis dengan menggunakan railling kaca sebenarnya memiliki beberapa kelemahan antara lain , efek transparan pada kaca sering sekali membuat seseorang merasa ngeri ketika berada didekatnya, yang lain adalah ketika anda menggunakan desain tanpa top Handrail atau pegangan tangan atas maka kenyamanan ketika menaiki tangga akan kurang.
Berkonsultasilah dengan arsitek anda agar jangan sampai pemilihan jenis bahan untuk railling pada desain rumah minimalis anda menjadi tidak sesuai dengan rumah idaman anda.










Related Posts

2 comments :

  1. keren nih tulisan agan, menginspirasi banget bagi yang sedang ingin membangun rumah minimalis ato rumah modern, thanks dah berbagi gan

    BalasHapus
  2. Artikelnya cakep om..suka banget sama gaya penyampaianya tentang rumah minimalis, thanks dah sharing

    BalasHapus