Rumah Minimalis Atap Datar

shares

desain rumah minimalis atap datar

Rumah Minimalis Atap Datar

Rumah minimalis atap datar yang akan kita bahas hari ini adalah rumah minimalis dengan desain tampak rumah terlihat datar pada bagian atapnya. Rumah minimalis dengan gaya ini memang akan terlihat lebih minimalis ketimbang menggunakan jenis desain atap yang menggunakan genteng ataupun bahan penutup atap yang memerluakan kemiringan lebih.

Rumah minimalis dengan atap datar bisa dibentuk dengan menggunakan beton bertulang atap biasa disebut juga dengan plat atap, ketebalan dari beton untuk plat atap rumah minimalis biasanya berkisar antara 10-12 cm tergantung dengan desain struktur dan fungsi pada rumah minimalis tadi.

Beberapa trik lain untuk memunculkan kesan rumah memiliki atap datar adalah dengan menggunakan bahan atap gelombang menerus seperti asbes, ondulin ataupun atap metal galvalum dengan menutup semua sisi dengan pasangan bata atau dinding agar atap tidak terlihat dari sudut tertentu.

Rumah minimalis dengan menggunakan desain atap datar menggunakan beton sebagai desain struktur atapnya haruslah dibuat kemiringan yang cukup untuk membuang secara cepat limpasan air hujan yang menggenanginya dan untuk membuat atap lebih kedap dari air harus dilapisi dengan waterproofing yang baik.

desain rumah minimalis atap datar

Rumah minimalis seperti terlihat pada gambar diatas menggunakan konsep atap datar dengan panjang kantilever cukup besar untuk menghasilkan efek tampak rumah minimalis yang modern, dan hal ini membutuhkan perhitungan struktur yang detil agar didapat desain yang aman.

Pemakaian beton pada desain rumah minimalis sebenarnya cukup berat jika ditinjau dari total berat bangunan yang didistribusikanya, sehingga dibeberapa kesempatan kami selalu memberi saran agar membuat struktur ekstra jika menggunakan konsep desain atap rumah datar dengan beton tadi. 

Pemilihan material pada rumah minimalis dengan konsep atap datar ini juga harus lebih jeli agar jangan sampai biaya pembangunan rumah menjadi sangat mahal, contohnya dalah jika kita ingin struktur yang lebih irit maka sebiasa mungkin menggunakan bahan dinding dan pengisi elemen rumah yang tidak terlalu berat sehingga kumulasi dari berat total bangungan bisa lebih ringan dan jika didapat berat total bangunan rumah ringan tentunya struktur sejak dari pondasi, kolom dan baloknya.

Sekedar saran, jika anda ingin membangun rumah minimalis dengan bentuk yang cukup extreem sebaiknya tetaplah berkonsultasi dengan arsitek atau konstruktor yang memang benar bisa memadukan antara indahnya arsitektur dan keamanan struktur pada bangunan. Khusus yang di Jogja bisa hubungi kami pada nomer telp dan alamat pada web ini..:)


Semoga Bermanfaat

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar