Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis 2 lantai dengan menyadur juga konsep arsitektur modern, merupakan konsep desain rumah yang sedang naik daun atau di minati di Indonesia. Desain rumah minimalis tidak memiliki pakem atau aturan secara khusus, Mungkin kalau mau dijelaskan secara sederhana adalah desain rumah yang terlihat minimalis, itulah pengertian utama dari rumah minimalis.

Seperti Biasa pada setiap posting kami akan selipkan gambar-gambar desain rumah minimalis baik itu tampak atau persfektif rumah maupun denah rumah yang mungkin dapat memberikan ide ketika anda sedang membuat desain rumah minimalis 2 lantai, jadi.. baca sampai habis ya..

Desain Rumah Minimalis 2 lantai atau lebih sebenarnya adalah jawaban dari keterbatasan lahan yang dimiliki seseorang dalam rngka mencukupi kebutuhan ruang dan memaksimalkan fungsi dari rumah. Arsitek biasanya diberi pesan khusus oleh klien yang memintanya untuk dibuatkan desain rumah seperti berapa jumlah kamar tidur, seperti apa desain kamar mandi, seberapa besar ruang tamu yang diinginkan , bagaimana konssep desain dapur dan kitchenset, bahkan sampai desain teras dan halaman.

desain rumah minimalis 2 lantai

Dari batasan jumlah ruang atau luasan rencana rumah dan patokan dana yang dibuat oleh pemilik/ pemesan itulah arsitek akan bekerja membuat desain rumah minimalis pesananya. 
Kalau kita mau secara sejujur sih.. ada beberapa hal yang memegang peran utama dalam pembuatan desain rumah minimalis, antara lain:

  1. Anggaran Dana Pembangunan Rumah, Desain rumah minimalis tidak akan bisa berkutik dan akan sangat susah untuk bervaiasi ketika anggaran pembangunan rumah terlalu kecil/ dibawah biaya produksi rumah normal . Seperti kata pepatah jawa "Ono Rego Ono Rupo" artinya adalah sesuatu itu tergantung dengan berapa harganya. Karena itu adalah kreatifitas dari arsitek perencana rumah minimalis yang ditunjuk akan bisa membuat biaya yang tidak terlalu besar menghasilkan desain rumah minimalis yang terlihat melebihi dari biaya produksinya. Mungkin sekedar cerita saja bahwa beberapa tahun lalu kebetulan saudara jauh di yogyakarta membangun rumah dan tidak berkonsultasi dengan kami ataupun arsitek lain dalam membuat desain rumah juga untuk pelaksanaanya, walhasil ketika rumah yang dibangunya berjalan tiga perempat dari progress pembangunan, beliau (saudara kami tadi) menelpon dan meminta untuk dilihat dan dibuatkan evaluasi tentang pembangunan rumah yang di kelolanya karena dari anggaran normal pembangunan rumah yang telah disediakanya telah habis dan bangunanan rumah minimalis yang idam-idamkanya belum bisa selesai 100%.  Singkat Cerita setelah kita coba sharing dan evaluasi ternyata semuanya berawal dari kesalahan membuat/memilih desain rumah (minimalis) yang sangat rumit (padahal masih bisa di sederhanakan) sehingga  banyak ruang atau struktur yang menyebabkan biaya produksi rumah membengkak.    
  2. Luas lahan/ tanah/ Lokasi untuk desain rumah minimalis mau dibangun, desain rumah minimalis dengan lahan terbatas sedangkan permintaan luas rumah cukup besar biasanya sedikit menyulitkan arsitek ketika membuat desain rumah, terkadang hal ini disebabkan oleh faktor harga tanah dilokasi yang cukup mahal sehingga pemilik tetap memilih tanah dengan luasan kecil untuk membangun rumah minimalis idaman nya. Kalau boleh saran sebaiknya hitung jumlah anggota keluarga barulah memutuskan untuk membeli tanah dengan luas tertentu. Sekali lagi jika anda ingin membuat Desain rumah minimalis yang berada dilahan terbatas sudah seharusnya memilih seorang arsitek yang cukup profesional dalam membuat desain khusus rumah minimalis, agar tidak penyesalan dibelakang hari.
  3. Peraturan Pemerintah, Dibeberapa lokasi tertentu terkadang pemerintah daerah memiliki aturan khusus tentang bangunan baik itu berupa batas sempadan jalan, batas sempadan sungai, ketinggian bangunan, koefisien ruang terbuka atau gaya arsitektur bangunan. Hal-hal tersebut akan sangat mempegaruhi desain rumah minimalis jika memang berada pada lokasi yang memiliki aturan sebagaimana telah saya sebutkan diatas.
Rumah minimalis seyogyanya adalah rumah dengan desain bentuk yang minim (minimalis) dan jika bisa diusahakan dengan desain rumah yang minim tadi biaya pembangunan rumah juga minimalis.

desain rumah minimalis modern 2 lantai

Desain rumah Minimalis dengan pemakaian bahan material modern cendrung akan menyebabkan biaya pembangunan rumah minimalis menjadi tidak minimalis atau dengan kata lain malah akan mahal. Jadi dibutuhkan kreatifitas dan pengetahuan khusus untuk membuat sebuah desain rumah minimalis agar biaya pembangunanya juga minimalis.



 tampak desain rumah minimalis

Denah rumah merupakan faktor yang paling menentukan dalam desain rumah minimalis, dan jika denah tidak dibuat seefektif mungkin atau sebaik mungkin kemungkinan besar kenyamanan dan fungsi ruang dari satu desain rumah minimalis tidak akan bisa maksimal, dan akhirnya akan diikuti juga oleh biaya membangun yang tidak efektif juga.

Pada Lantai 1 desain rumah minimalis jika masih memungkinkan taruhlah minimal 1 kamar tidur karena kamar tidur yang berada dilantai 1 akan bermanfaat jika suatu hari kita sudah bisa naik ke lantai 2 lagi, atau kamar tidur dilantai 1 juga akan sangat membantu jika kita memiliki keluarga yang lansia atau sedang dalam kondisi tidak sehat.

 
denah rumah minimalis
Denah Rumah Minimalis Lantai 1

Pesan saya adalah ketika anda membuat desain rumah minimalis 2 lantai, tentukan posisi tangga rumah sebaaaaiiiiikk mungkin, karena dengan perletakan posisi tangga rumah yang baik maka ruang dilantai 1 dan di lantai 2 akan bisa terasa lebih nyaman dan menyatu didalam rangkaian desain rumah tersebut.

Buatlah teras pada lantai 2 desain rumah minimalis, untuk keperluan selain tempat santai juga dapat berfungsi sebagai jalan atau pijakan ketika harus membersihkan rumah pada bagian atas. Fungsi lain dari teras rumah dilantai 2 adalah dapat anda gunakan sebagai lokasi untuk meletakan perlengkapan rumah seperti outdoor AC dan lain-lain.
denah rumah minimalis lantai 2
Denah Rumah Minimalis Lantai 2


Mungkin itu dulu tulisan saya hari ini tentang desain rumah minimalis 2 lantai, jika anda di yogyakarta dan sekitarnya dan sedang mencari arsitek dan kontraktor untuk membuat desain rumah minimalis dan sekaligus pembangunanya maka silahkan hubungi kami di Nomer telp dan alamat email pada web ini.


Semoga Menginspirasi 
  

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar