Rumah Minimalis Scandinavian Tampak Exterior

Rumah minimalis Scandinavian adalah rumah yang secara desain dan bentuk mengikuti gaya arsitektur Scandinavia.

Scandinavian itu apa sih?
Mungkin ada dari anda yg bertanya tanya seperti itu.

Mari kami bantu untuk memahaminya..

Negara Scandinavian adalah negara yang terletak disemenanjung Scandinavia yang terletak di Benua Eropa yaitu Norwegia,  Finlandia, Swedia dan Denmark.

Arsitektur rumah asli scandinavian memiliki ciri berbentuk minimalis dan memiliki desain yang terang sehingga akan terdapat banyak kaca yang digunakan untuk memasukan sebanyak mungkin cahaya matahari. 

Yang lain adalah bentuk khas atap rumah eropa yaitu atap pelana dengan sudut curam.

Model rumah Scandivavian sebenarnya bisa dibilang cocok dan bisa dibilang tidak...jika diterap kan di Indonesia yang notabene beriklim tropis dimana suhu dan kelembaban udara sangat jauh berbeda dengan benua eropa asal dari gaya arsitektur rumah scandinavian.

Disinilah pentingnya arsitek dalam memodifikasi desain rumah yang berasal dari eropa ini tadi (scandinavian) agar desain rumah bisa terasa nyaman walaupun berada di negara tropis. 


Minimalisme rumah scandinavian sering sekali membuat terjebak orang awam bahwa model rumah itu hanyalah rumah minimalis biasa, bahkan sering sekali kami mendapati klien kami di Jogja ketika proses konsultasi desain rumah menyebutnya sebagai rumah minimalis modern, Padahal secara arsitektur model rumah ini sudah berkembang sejak lama.


Mari berbicara dengan gambar

rumah scandinavian
Rumah Scandinavian

Gambar rumah diatas adalah contoh model arsitektur scandinavian.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelum ini, bahwa bentuk rumah nya minimalis dan praktis sebagai ciri utama gaya arsitekturnya.

Coba lihat desain jendela pintu dan atap nya..
Minimalisme sangat ditekankan pada desain rumah diatas, Arsitek malahan tidak memberikan tritisan sama sekali.

Contoh gambar rumah tersebut tentunya tidak bisa secara langsung kita pakai di negara tropis, karena akan tidak sehat terhadap bangunan.

Warna terang yang piliih pun hanya satu warna yaitu putih, dimana hal tersebut menambah kesan minimalis pada bangunan rumah tersebut.

model rumah scandinavian minimalis
Model Rumah Scandinavian Minimalis

Seiring dengan perkembangan zaman diera teknologi dan informasi sekarang ini, selera masyarakat indonesia pun berkembang dengan sangat pesat, salah satunya adalah tentang pemilihan model dan style rumah.

Gambar rumah diatas adalah model rumah scandinavian yang seperti sama sama kita bisa lihat tetap minimalis dan memiliki desain atap pelana yang cukup curam sebagaimana ciri khas rumah tradisional eropa.

Rumah minimalis diatas  termasuk sebagai rumah mewah yang memakai gaya eropa scandinavian karena memiliki luasan yang cukup besar, didukung dengan tinggi tembok bangunan dari desain arsitek yang terlihat menjulang.

Jendela kaca juga di desain berada diatas walaupun (pada kiri bangunan) rumah tidak berlantai 2.

Desain rumah scandinavian
Desain Rumah Scandinavian

Desain rumah minimalis scandinavian diatas adalah merupakan rumah tradisional kayu yang sekali lagi...tetep... atapnya memakai atap pelana dengan sudut kemiringan yang curam.

Didepan tadi kami sempat mengulas bahwa apabila desain rumah scandinavian tetap lah harus dimofifikasi dengan baik oleh arsitek juga ingin diterapkan di Indonesia sebagai negara tropis.

Seperti anda dapat lihat bangunan rumah itu berdiri diantara salju yang mengelilinginya, dan gambar rumah tersebut kenapa kami upload disini adalah agar anda dapat memahami dan mengkonsultasikan desain rumah lebih detil dengan arsitek yang mungkin membantu anda dalam membuat desain rumah.

Banyak pertimbangan dalam membuat desain rumah, selain hanya model atau gaya arsitektur saja, contohnya adalah apakah rumah itu nantinya bisa memiliki penghawaan yang nyaman atau tidak, apakah desain rumah yang dibuat arsitek anda boros listrik atau tidak bahkan pertanyaan lainya adalah jangan jangan desain rumah yang dibuat berat diperawatan karena efek iklim kita yang berbeda.

Hal hal sederhana seperti haruslah secara detil anda tanyakan kepada arsitek anda.

atap rumah minimalis scandinavian
Rumah ScandinavianAtap Dan Dinding
  
Pada gambar rumah atau foto rumah minimalis scandinavian diatas, sekali lagi kami menegaskan bahwa ciri utama dari model rumah yang berasal dari eropa ini adalah atap nya memakai atap pelana dengan kemiringan minimal 40 derajat.

Desain dinding pada gambar itu juga memperlihatkan bahwa arsitek menginginkan warna yang natural dengan memakai dinding batu pada desain rumah minimalis scandinavian yang di rancangnya.

Kelihatan juga bahwa warna exterior rumah hanya memiliki satu warna yaitu hanya warna batu, seperti telah kami bahas diatas sebelumnya bahwa scadinavian style lebih ke monocolour.

Pintu dan Jendela kaca besar juga masih di aplikasikan pada desain rumah ini.

Sedikit kami ingatkan pada pembaca yang memang menyukai desain rumah scandinavian bahwa di Indonesia sebaiknya berhati hati ketika membuat desain jendela kaca yang besar, karena hal tersebut akan membuat rumah panas dan mungkin akan mengakibatkan pemakaian AC menjadi lebih boros.

Jadi carilah sudut antara utara selatan untuk mengaplikasikan desain jendela dan pintu kaca tadi.
Atau trik lain adalah dengan memberikan tritisan panjang sehingga lama penyinaran matahari akan terbatasi.



tampak exterior rumah minimalis scandinavian
Exterior Rumah Scandinavian

Di era modern sekarang, rumah scandinavian juga ikut berkembang seperti juga halnya model model rumah lainya.

Gambar/ foto rumah diatas adalah contohnya dari atap, dinding, kusen dan bahan bahan bangunan lainya sudah mengikuti bahan bangunan modern saat ini.

Arsitek membuat desain kaca penuh pada tampak depan exterior rumah tersebut menunjukan bahwa desain rumah secara keseluruhan sudah dirancang untuk memunculkan desain rumah modern scandinavian.

Selain warna rumah juga "tetep" dengan monocolour yaitu berwarna hitam arsitek juga memberi kaca ukuran besar tanpa sekat yang mungkin memang memiliki ketebalan tertentu agar bangunan rumah tetap terlihat unsur minimalis pada desain tampak exterior rumah nya. 


Desain jendela rumah minimalis scandinavian
Desain Jendela Rumah Scandinavian

Gambar ini adalah contoh lain minimalisme pada rumah desain jendela rumah scandinavian.

Hanya 1 kotak besar kaca tanpa neko neko dipasang oleh arsitek pada desain tampak depan exterior rumah.
Yang uniknya kalau dilihat kok ya cakep....

Di Indonesia kualitas kaca sekali diabaikan karena memang minimnya pengetahuan orang awam tentang keamanan material bangunan.


Pada beberapa desain rumah yang kami buat, selalu kami tekankan kepada owner untuk memakai kaca tempered dengan ketebalan cukup walaupun harus membayar lebih mahal, karena sebuah rumah tidak butuh hanya cantik tetapi juga aman dan nyaman, termasuk pada desain pintu dan jendela rumah.

rumah scandinavian modern
Rumah Scandinavian Modern

Rumah Minimalis Scandinavian modern saat ini memang juga sudah bergeser, bahkan di negara asalnya. 

Menurut pengamatan kami banyak sekali arsitek dalam membuat desain rumah telah memodifikasi hal hal pakem, contohnya seperti bentuk atap. Seperti contoh pada gambar rumah diatas, arsitek membuat atap miring satu sisi (pisang selirang) sebagai desain atap pada sebuah rumah scandinavian.

Sah sah aja sih.... selama masih dominan unsur minimalis dan kriteria atau ciri ciri lain tetap di masukan dalam model rumah scandinavian tadi.

Tinggal kitanya saja yang membatasi seberapa murni desain rumah minimalis scandinavian yang kita inginkan terutama dari sisi tampak atau exterior, karena gaya arsitektur itu masih bisa kita terapkan juga pada interior rumah nantinya.








Related Posts

1 comments :

Posting Komentar