Rumah Minimalis Terbaru

rumah minimalis terbaru 2016

Rumah Minimalis Terbaru

Rumah minimalis dengan model rumah kekinian tentunya akan menjadi lirikan bagi setiap orang yang memandangnya, dibeberapa orang mereka menyebutnya dengan rumah minimalis terbaru, kalau kita membahas apa dan bagaimana arti rumah minimalis terbaru maka tentunya kita akan mendapati desain desain terbaru dari bangunan rumah minimalis.

Nah.. untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana desain rumah minimalis dari sisi bentuk dan ciri-ciri nya sebagai obyek bangunan terbaru maka disini nanti kami akan menguraikan lebih detail juga panjang dan lebar tentang rumah minimalis terbaru tadi.

Sebelumnya mari kita batasi bahwa rumah minimalis terbaru bahasan kita ini adalah berada range desain dan model rumah tahun 2016 dan berada di Indonesia.

Arsitek arsitek di Indonesia pada tahun 2016 ini bahkan boleh di bilang sebelum tahun 2016 ini pun sudah banyak membuat desain yang sangat innovatif, hal ini terbukti dengan tumbuh dan dibangunnya rumah rumah dengan gaya arsitektur minimalis modern dan kekinian atau terbaru tadi.
rumah minimalis

Rumah minimalis seperti sudah kami jelaskan pada artikel artikel sebelumnya memang memiliki ciri ciri atau aturan dasar ketika seorang arsitek akan membuat desain rumah, dan untuk menyegarkan lagi mungkin langsung kita sebutkan dan jelaskan saja disini ciri ciri tersebut:

  1. Rumah minimalis memiliki bentuk sederhana seperti persegi, kotak dengan sudut sudut presisi sebagai tampilan rumah. Dengan gabungan dari bentuk bentuk sederhana inilah desain rumah akan disebut minimalis, karena memang minim itu artinya sederhana. Tapi jangan salah bahwa kesederhanaan bentuk tidak selalu identik dengan murah lo.. contoh ketika seorang arsitek membuat grill persegi dengan jumlah banyak untuk tampak sebuah rumah.. bentuknya sih sederhana memang tetapi dalam pengerjaaanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar bentuk tersebut dapat terlihat lebih indah dan rapi.
  2. Rumah minimalis jarang sekali memakai ornamen ruwet seperti terdapat pada rumah gothic atau rumah klasik, dinding rumah minimalis sebagian besar datar dan jika dilapis dengan bahan penutup exterior pun arsitek biasanya memilih bahan dengan bentuk juga minimalis dan tujuanya hanyalah untuk memberi efek bentuk dan tekstur pada dinding tersebut, contohnya pada rumah minimalis sering sekali digunakan lapisan batu alam sebagai finishing tampak rumah, coba deh anda perhatikan pada contoh contoh atau gambar rumah minimalis... selalu dibuat sederhanakan? atau jika tidak dibuat sederhanapun tentunya memiliki frame berbentuk presisi seperti telah saya sebutkan diatas tadi.
  3. Rumah minimalis memiliki plafond tanpa tekstur komplex/ruwet, sebagian besar plafond pada rumah minimalis hanya memainkan bentuk dan elevasi dan sedikit permainan warna tanpa teksture atau ukiran, contohnya adalah rumah minimalis yang membuat drop pada plafond hanya sekedar untuk memberikan aksen agar pandangan mata tidak terlalu flat.
    plafond rumah minimalis
  4. Desain atap pada rumah minimalis memilih bentuk bentuk sederhana bahkan hampir tidak mementingkan atap untuk terlihat sebagai tampak rumah, contoh jenis atap pada rumah minimalis adalah pelana, pisang selirang dan limasan sekarang pertanyaannya adalah... kenapa  bentuk atap tersebut sering dipakai? sebenarnya jawabannya sederhana.. wong minimalis kok...kan minimalis artinya sederhana..hehehe .. alasan teknisnya adalah jenis atap ini tidak terlihat ribet dan mudah dalam pemeliharaanya sehingga berbeda dengan atap dengan gabungan dari bentuk bentuk tersebut. Dibanyak desain rumah minimalis arsitek malah menutupi atap dengan dinding tinggi agar tidak terlihat... sehingga bentuk rumah terlihat hanyalah sebagai persegi sesuai desain denah rumah.
    rumah minimalis modern
  5. Rumah minimalis juga menerapkan konsep kesederhanaan pada desain pintu dan jendela nya, bentuk flat tanpa terlalu banyak belahan dengan aplikasi kaca cukup lebar merupakan satu konsep keindahan yang juga ditawarkan pada konsep rumah minimalis modern. untuk material masih bisa menggunakan kayu ataupun bahan almunium atau fiber, cuma perlu diingat bentuknya.. tekturenya... tetap sederhana.. gak kebanyakan mainan atau lekuk karena mungkin menghilangkan kesan minimalis nya.
  6. Pemilihan warna pada rumah minimalis biasanya juga didominasi oleh satu warna utama atau kita sebut main colour dan kemudian di variasikan sedikit dengan warna warna lain untuk memecah kepolosan warna utama tadi, dan memang warna cat paling banyak dipakai pada saat ini (2016) trendnya adalah warna putih, selain warna putih ini adalah warna yang abadi sehingga pemilik tidak harus cepat cepat mengganti warna utama rumah agar terlihat selalu trendi atau terlihat sebagai rumah minimalis terbaru. warna lain sedang naik daun dan terlihat sexy untuk sebuah rumah minimalis adalah hitam sama halnya dengan warna putih tadi hitam merupakan warna yang abadi, cuma memang memerlukan ketelitian dari seorang arsitek untuk menerapkan warna yang cukup ektreem ini. 
  7. Bentuk melayang atau bahasa teknisnya kantilever pada konsep desain rumah minimalis 2016 juga sedang lagi trend saat ini, dimana bentuk melayang ini dapat diterapkan diberbagai elemen rumah seperti pada tampak, tangga, teras balkon dan lain lain. satu hal yang kami pesankan adalah dalam membuat desain rumah minimalis yang terlihat melayang adalah hitunglah kekuatan strukturnya dengan baik, karena apagunanya berparas cantik tetapi ringkih dan gampang rusak.. ups kayak lagu yaah.. wkwkwk.. ok serius lagi.. untuk membuat desain struktur pada rumah minimalis melayang arsitek biasanya bekerjasama dengan ahli struktur yang bisa menghitung dan mendesain secara pasti kekuatan bangunan.
    desain rumah minimalis 2016
  8. Pola Garis garis, pola garis pada desain rumah minimalis diaplikasikan oleh arsitek seperti pada shading jendela, canopy, railling tangga bahkan pada tampak rumah. Material yang digunakan juga bisa berbagai jenis seperti beton, bata merah dengan finishing cat, kayu, almunium, besi dan masih banyak lagi. Intinya adalah kesan garis ini tidak terlihat nora dan bisa eye catching haruslah di desain dengan baik.. sekali lagi.. ini tidak mudah.. kelihatanya saja mudah..hahaha.. jadi mintalah kepada arsitek anda untuk membuatnya dengan elegan.. karena pak arsitek biasanya fellingnya sudah hidup..berbeda dengan orang awam yang jarang membuat desain rumah.
Itulah tadi ciri dasar desain rumah minimalis terbaru yang menjadi panduan arsitek dalam membuat desain rumah dengan gaya arsitektur minimalis. 

Kalau lebih dalam lagi kita gali tentang bagaimana rumah minimalis terbaru dan kekinian bisa lebih awet atau dengan kata lain model rumah nya tidak cepat termakan zaman dan kemudian terlihat tidak sebagai rumah minimalis terbaru lagi bahkan terlihat kuno, sebenarnya ada beberapa trik dan tips yang dapat anda dilakukan antara lain:

  1. Pilihlah Jenis material  abadi keindahnya, pada desain rumah minimalis terbaru biasanya orang-orang terbawa trend pemakaian trend bahan material yang sedang in, untuk memilih bahan material bangunan untuk finishing exterior maupun interior sebaiknya anda menjauhi material yang didominasi warna yang hanya terlihat bagus pada masanya, sebagai contoh adalah keramik dengan motif tertentu yang bukan berwarna natural, ketika anda memakai jenis dan ukuran keramik baik itu untuk finishing dinding ataupun untuk finishing lantai ada baiknya anda memilih warna yang netral yang akan awet keindahannya pada semua zaman. sebagai contoh material yang akan abadi keindahnya adalah batu alam untuk pelapis dinding dengan menggunakan warna natural pada finishingnya. 
  2. Buatlah desain bentuk untuk tampak rumah minimalis anda lebih custom atau berbeda dengan yang lain, karena jika desain bentuk yang anda buat ataupun dikonsep oleh arsitek terlalu standart biasanya akan lebih cepat redup keindahnya karena banyaknya rumah yang mengikuti atau meniru desain tersebut, dan akhirnya desain rumah minimalis anda tidak menjadi sebuah rumah dengan desain terbaru lagi. bahkan kalau boleh kami saran... jangan segan segan untuk meminta arsitek anda membuat desain yang belum pernah ada atau simple bahasa adalah buat desain rumah se extreem mungkin, dengan catatan masih mempertimbangkan biaya pembangunan rumah nantinya.
  3. Untuk warna utama cat rumah minimalis pilihlah warna warna abadi juga tidak hanya trend sesaat, karena warna cat rumah adalah sesuatu yang sangat cepat perubahan trend nya, seperti telah saya jelaskan pada artikel artikel sebelumnya bahwa ada beberapa jenis warna yang memang bisa bertahan lebih lama dari sisi keindahannya (tidak termakan zaman). 
  4. Ketiga hal diatas berlaku juga untuk desain interior rumah, dengan sedikit ketelitian memperhatikan berbagai jenis bangunan disekitar kita tentunya anda akan dapat memilih colouring, bentuk dan warna yang kira-kira paling cocok untuk dipakai pada rumah tinggal anda.
Semua faktor faktor dan bahan pertimbangan diatas jika dengan seksama diterapkan pada desain sebuah rumah minimalis maka kami bisa pastikan bahwa rumah minimalis anda akan terlihat sebagai rumah minimalis terbaru dan tak lekang dimakan zaman. Memang tidak sesederhana mengatakanya.. untuk mendesain rumah minimalis butuhlah dasar ilmu arsitektur dan cita rasa yang tinggi pada saat mendesainnya.. jadi tetaplah berkonsultasi dengan arsitek dan cukup berpengalaman dalam membuat dan merancang rumah minimalis idaman anda.

Pemilihan kontraktor yang baik juga berpengaruh besar dalam mewujudkan rumah minimalis terbaru tadi, pengetahuan tentang bagaimana mengaplikasi material modern atau kekinian dibutuhkan agar bahan bahan tidak terpasang dengan cara klasik sehingga tidak terlihat trendy/ terbaru nant
inya.

Contoh sederhananya adalah ketika membuat plafond rumah, dengan sama sama menggunakan bahan gypsum kemudian kontraktor salah memilih bentuk list sudut dinding.. dan jika cukup fatal maka kesan plafond tadi tidak menjadi minimalis lagi, bahkan bisa berubah menjadi klasik....

Inilah disebut penyelarasan desain dari arsitek kepada pelaksana (kontraktor) agar hasil akhir pembangunan rumah bisa sesuai keinginan.

Dibeberapa artikel sebelum ini kami juga banyak menyarankan untuk memilih arsitek merangkap sekaligus sebagai kontraktor, hal tersebut adalah berdasarkan pengalaman kami dan kenyataan dilapangan bahwa pesan dari gambar desain dari arsitek sering sekali dirubah oleh kontraktor dan mengakibatkan sesuatu yang terlihat tidak indah lagi, Berbeda sekali jika arsitek tersebut adalah sekaligus kontraktor untuk pembangunan rumah nya , transfer informasi desain sudah tidak dibutuhkan lagi.. karena memang dia yang membuat desain rumah itu, berikut semua aplikasi material yang digunakan, bagaimana teknik pemasanganya dan lain-lain. Hal tersebut membuat manajemen pembangunan rumah menjadi lebih sederhana dan mengurangi kesalahan dan bongkar pasang.

Rumah minimalis terbaru dan trend tahun 2016 tentunya akan terlihat trendy, cantik, indah pada tahun 2016 ini, tinggal seberapa jeli anda dan arsitek membuat desain terhadap rumah idaman tersebut, Buat yang masih bingung dan ingin membangun rumah minimalis di jogja dapat menghubungi kami pada nomer telp yang tersedia pada contact di web ini, telah banyak desain rumah minimalis dan rumah minimalis yang kami laksanakan baik di jogja maupun dikota kota lain. jenis layanan jasa arsitek dan kontraktor yang kami sediakan dapat anda lihat pada link dibawah ini :
>>> Arsitek Kontraktor Rumah Minimalis Terbaru Jogja
Demikian artikel artikel "Rumah Minimalis Terbaru" ini kami buat dan publikasikan mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi semua pembaca.


Related Posts

0 comments :

Posting Komentar