Desain Pintu Lebar Rumah Minimalis

Desain Pintu Rumah Minimalis

Pintu rumah minimalis yang akan kita bahas disini adalah Desain pintu rumah minimalis dengan lebar diatas rata-rata atau pintu rumah minimalis lebih dari 1 meter dan juga berdaun banyak.

Rumah minimalis dengan desain arsitektur yang menggunakan pintu depan sangat lebar sering sekali membingungkan ketika akan membuat desain yang baik dan terlihat indah yang tentunya masih terasa hommy bagi pemiliknya.

Desain rumah minimalis tidak hanya seni dari bentuk global rumah tetapi jika kita tarik sampai dalam desain rumah minimalis adalah termasuk juga desain detil dari semua elemen pendukung rumah sebagai satu kesatuan, seperti warna rumah, bahan finishing dan juga salah satunya adalah desain pintu dan jendela pada rumah minimalis tersebut.

Pintu biasanya di desain bersamaan ketika arsitek membuat desain teras pada rumah minimalis, banyak yang harus dipertimbangkan dan di perhitungkan ketika arsitek menjudge berapa lebar pintu untuk desain rumah yang di rancangnya. 


Hal- hal yang pokok menjadi pertimbangan seorang arsitek ketika membuat desain pintu adalah :
  1. Berapa lebar area enterance atau jalan masuk yang tersedia, atau lebih sederhana lagi adalah berapa lebar teras dan ruang dibelakang teras ketika seseorang memasuki pintu tersebut.
  2. Berapa tinggi dinding posisi diletakanya pintu tadi, untuk idealnya adalah tidak dihabiskan, tetapi sering sekali desain rumah minimallis menggunakan tambahan berupa bouven kaca diatas pintu dengan fungsi pencahayaan atau penghawaan rumah.
  3. Bahan pintu dan jendela mau dari apa, termasuk kusen dan daunya.
  4. Sistem yang digunakan untuk membuka pintu dan jendela, ini biasa swing, geser ataupun lipat.
  5. Berapa anggaran yang disiapkan untuk pintu dan jendela itu sendiri. 


desain teras dan pintu rumah minimalis

Rumah minimalis seperti gambar diatas memakai konsep pintu yang cukup lebar karena sebenarnya desain rumah minimalis tersebut memiliki taman didalam rumah atau void udara yang dibuat agar rumah lebih tercukupi pencahayaan dan penghawaanya. Sehingga pintu utama adalah semi gerbang yang dibuat didepan rumah yang jika seseorang memasuki rumah minimalis tersebut yang didapatkanya adalah taman didalam rumah.

Pemberian warna pintu yang cukup berat pada desain rumah minimalis ini memang didesain sengaja untuk menegaskan elemen pintu itu sendiri yang mana merupakan symbol jalan masuk dan juga mengidealkan dengan warna broken white pada dinding rumah ini.

Desain Rumah minimalis juga dipermanis dengan adanya sepasang pot yang cukup besar berada tepat didepan jalan masuk dan pintu seolah- olah adalah gerbang selamat datang ketika ada tamu yang datang berkunjung ke rumah minimalis tersebut,

desain pintu rumah minimalis

Gambar diatas adalah contoh lain bagaimana pintu lebar pada rumah minimalis yang merupakan symbol jalan masuk dapat memberikan arti kepada keindahan sebuah rumah. Pemakain Bahan berupa papan kayu yang set seolah-olah memiliki ketebalan tinggi adalah poin utama dari desain pintu pada rumah minimalis ini.

Perhatikan pada Desain Handle yang juga dibuat dari kayu, cukup unik bukan? 
Selain itu ada juga Teknik pemasangan papan kayu yang tidak dibuat rapat tetapi diberi takikan/ tali air dengan jarak cukup terlihat jika dipandang mata dari jauh ini juga telah mengangkat keminimalisan dari desain pintu pada rumah minimalis ini.

Dan jika anda ingin mengadopsi konsep ini, mungkin satu yang bisa saya sarankan adalah Gunakan Engsel yang cukup kuat untuk menahan berat dari desain pintu itu sendiri. Jangan sampai memilih bahan engsel yang kurang berkualitas sehingga akan terlalu cepat rusak disebabkan oleh berat pintu.

Jika anda menggunakan kayu kelas 1 untuk bahan pintu pada rumah minimalis anda, pastikan juga bahwa pintu tersebut memang sudah kering untuk menghindari terjadinya muai susut kayu yang ekstrim.


Itu dulu yang bisa kita bahas tentang Pintu lebar pada rumah minimalis, lain waktu kita sambung lagi.

Seperti biasa, jika anda sedang ingin membangun rumah minimalis di jogja dan membutuhkan jasa arsitek atau kontraktor untuk pembangunan rumah minimalis idaman anda, maka silahkan hubungi kami pada nomer telp dan alamat kontak pada web kami ini.

Semoga Menginspirasi






Related Posts

2 comments :

  1. Model pintu rumah minimalis yang kereeen

    BalasHapus
  2. Cristian Ha Pandjaitan17 September 2018 pukul 11.34

    izin niru desain pintu rumah minimalis nya min

    BalasHapus