Rumah Minimalis Modern


rumah minimalis modern
Rumah minimalis 

Rumah Minimalis Modern

Sering sekali kita mendengar kata "Rumah Minimalis Modern" dan masyarakat kita atau khususnya di jogja mengartikannya dengan rumah yang banyak memakai kaca yang kalau dilihat berkilap sehingga tampak sebagai desain rumah yang modern dan futuristik.

Seorang arsitek yang baik dan dalam membuat desain Rumah minimalis modern tentunya tidak akan selalu setuju dengan rumah dengan banyak kaca adalah  sebuah rumah yang modern,  pertimbanganya adalah seperti ini :
  1. Iklim kita adalah tropis dan bahan kaca jika terlalu banyak dipakai pada desain rumah minimalis modern anda tentunya akan menjadi sarana untuk masuknya cahaya dan suhu panas, tentunya jika seluruh ruang menggunakan AC hal ini tidak begitu masalah, tetapi jika sebagian ruang dari rumah minimalis anda tidak menggunakan AC maka sebaiknya mengurangi penggunaan kaca pada desain rumah minimalis anda.
  2. Sudut matahari dari rumah minimalis anda menghadap kemana? kalau seandainya kaca yang anda pasang menghadap ke timur dan barat, kami sarankan untuk jangan memberi terlalu banyak kaca karena efeknya rumah anda akan lebih panas. Arsitek di yogyakarta sebagian besar menghadapkan kaca kearah selatan dan utara dengan tujuan agar tidak tertembak sinar matahari langsung.
  3. Jika karena keterpaksanaan dari bentuk tanah sehingga desain rumah minimalis modern yang anda buat atau bangun harus menghadap ketimur dan barat maka sebaiknya arsitek memberi topi atau tritisan yang cukup panjang agar durasi terkena sinar bissa dikurangi.
  4. Jika Topi atau tritisan panjang tidak dapat diaplikasikan pada bagian kaca rumah minimalis anda tadi maka sebaiknya arsitek membuat desain shading untuk mengurangi cahaya yang masuk.
rumah minimalis modern

Desain Rumah Minimalis Modern

Gambar diatas menunjukan bahwa desain rumah minimalis yang menggunakan shading didepan jendela kaca.

Model rumah minimalis yang menggunakan kaca lebar sebenarnya memang akan terlihat lebih modern hal ini karena bidang kaca yang halus dan itu yang akan mengangkat tampilan dari desain rumah minimalis modern, tapi sekali lagi tampilan memang penting cuman yang lebih penting lagi adalah kenyamanan..hehehe ..iya gak?


Shading pada desain rumah minimalis modern tidak selalu berada didepan kaca langsung, anda juga bisa membuat shading pada sisi atas sebagai pengganti topi dan sekaligus sebagai elemen yang mempercantik tampak rumah minimalis modern yang anda bangun.

Jadi sekali lagi jika anda sedang berkonsultasi dengan seorang arsitek untuk membangun rumah dengan konsep minimalis modern , sebaiknya di telaah lebih dalam tentang penempatan jendela kaca yang lebar, agar jangan sampai setelah dibangun harus ditutup tutupi lagi karena efek panas yang ditimbulkanya. 

Source : nofatnowhip










Related Posts

5 comments :

  1. Desain rumah yg indah..mudah2an ane dapat rejeki biar bisa membangub rumah secantik itu

    BalasHapus
  2. Cantik banget desain rumah minimalis nya, enak keknya kalo punya rumah yang didepannya ada kolam atau ada danau...kereeen

    BalasHapus
  3. Haduuh...desain rumah minimalis agan bagus banget, saya suka desain rumah yg terang dan banyak kaca, tq gan

    BalasHapus
  4. Liliana Tampubolon16 Agustus 2016 pukul 23.16

    Model rumah minimalis yg ini bagus banget..suka banget dengan design rumahnya

    BalasHapus
  5. arsitek rumah minimalis modern tu gampang2 mudah baik desain maupun pelaksanaan pembangunanya

    BalasHapus