Denah Rumah Minimalis

Denah Rumah
Denah Rumah 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis

Denah Rumah yang dibuat oleh seorang Arsitek sebenarnya adalah implentasi dari keinginan dari pemilik yang diwujudkan dalam arsitektur ruang berupa desain denah rumah , dan apabila denah rumah tadi memiliki kepentingan tertentu maka Desain Rumah atau Denah Rumah tadi pun harusnya menyesuaikan keinginan dari pemilik. sehingga arsitek tadi tidak akan membuat kesalahan Desain karena tidak sesuai dengan kebiasaan dan angan- angan dari pemilik.

Sekedar cerita saja, beberapa klien kami di Jogja dan sekitarnya yang cukup antik pemahaman dan keinginannya untuk desain rumah, sebenarnya sih gampang-gampang susah, prinsipnya sih sederhana karena setiap orang tidak memiliki selera dan kebutuhan yang sama,  dan karena Arsitek hakiki nya adalah tenaga ahli yang membantu orang yang memesan tadi jadi sebisa mungkin Desain Arsitektur yang kami buat seperti Denah Rumah , Tampak Rumah dan Interior dari rumah tadi.

Denah Rumah juga disesuaikan dengan kondisi atau luas lahan, bahkan seorang arsitek yang baik biasanya melakukan survey terlebih dahulu sebelum membuat Desain Rumah atau dalam hal ini adalah denah rumah. misal pada lahan yang lebih tinggi dari jalan atau lahan yang konturnya lebih rendah dari jalan, yang menurut kami seorang arsitek haruslah mempertimbangkannya sebelum membuat desain rumah atau Denah Rumah.

denah rumah minimalis 1 lantai
Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Gambar di atas adalah gambar denah rumah 1 lantai yang berkonsep minimalis yang dapat kita lihat pada gambar denah rumah diatas terdapat 3 kamar tidur dengan hanya membagi bangunan menjadi 2 masa dan ukuran yang dipakai pada setiap ruang pada desain denah ini dapat kita lihat sangatlah minim. Desain ruang tamu pada denah iini berada pada bagian depan rumah dengan pintu yang berada disamping sehingga tidak terlihat dari jalan. 

Pada Denah Rumah Minimalis 1 lantai ini juga  Desain Dapur hanya memiliki luasan yang sangat terbatas tetapi cukup, begitu juga Desain kamar mandi dan wc.

Berikut adalah 2 hal yang mungkin perlu anda ketahui tentang mendesain Denah Rumah 1 lantai :
  1. Walaupun dengan luasan tanah terbatas atau luas bangunan rumah terbatas sebaiknya dalam membuat desain denah rumah diusahakan Pintu kamar tidak menghadap langsung ke ruang tamu.
  2. Area kotor dan basah seperti dapur dan kamar mandi sebisa mungkin pada denah tidak bisa terlihat langsung dari ruang tamu. dan bisa mendapat pengahwaan dan pencahayaan langsung karena ketika pada denah rumah km/wc dan dapur bisa mendapat pencahayaan langsung tentunya akan lebih sehat. 

Denah Rumah


Jika karena keterpaksaan luasan bangunan atau tanah yang sangat terbatas sehingga pada desain denah mengharuskan dapur terlihat dari ruang tamu maka sebaiknya diberikan shading atau pembatas mata sehingga akan mengkamuflasekan jika ada yang kotor dan lain sebagainya.

Dan jika pemberian shading masih dianggap susah untuk dimasukan ke denah maka sebaiknya dibuat dapur bersih dan sebisa mungkin posisi setting interior menjadi penghalang mata dari orang yang bertamu.

denah rumah minimalis 2 lantai
Denah Rumah 2 Lantai
Untuk Denah Rumah 2 lantai sebenarnya yang urgent adalah memilih lokasi tangga yang terbaik, karena jika pada denah rumah 2 lantai yang kita buat posisi tangga berada pada posisi yang baik maka yang lain akan baik dan lebih mudah menata ruang-ruang yang dibutuhkan dalam desain denah rumah itu tentunya.

Desain Atau Denah Rumah 2 lantai yang memiliki keterbatasan luasan tanah dan akhirnya dalam pembuatan denah rumah 2 lantai sering sekali dinding batas tanah adalah dinding batas rumah, hal ini terkadang menjadi kesulitan tersendiri dalam membuat Denah Rumah 2 lantai , karena dalam pembuatan denah rumah kita harus mempertimbangkan pencahayaan dan penghawaan. Jika sisi kiri dan kanan adalah batas maka kami sarankan untuk memberi pencahayaan dari depan dan belakang (bukan depan saja) karena aliran udara akan bisa lebih baik dan sehat. 

Jika anda bingung dalam membuat denah rumah yang akan anda bangun sendiri atau membuat desain total rumah anda maka sebaiknya tetap berkonsultasi dengan Arsitek terdekat, karena garis pada desain Denah Rumah yang anda buat akan menentukan kenyamanan rumah anda nantinya.


     

Related Posts

2 comments :

  1. makasih adi tambah pengetahuan tentang denah rumah

    BalasHapus
  2. tulisan tentang denah rumah nya bermnfaat banget gan , kebetulab mau bangun rumah sayanya
    sukses terus!!

    BalasHapus