Denah Rumah Modern Minimalis

Denah Rumah Modern Minimalis

Berbicara tentang rumah modern minimalis maka tentunya kita tidak akan lepas dengan apa yang disebut dengan denah rumah. Denah adalah desain paling mendasar harus dibuat oleh arsitek ketika membuat rancangan sebuah rumah tinggal. 

Pada akhir dari artikel tentang denah rumah modern minimalis ini kami akan menyuguhkan beberapa contoh denah rumah minimalis type 36 dan type 45 dan mungkin bisa menjadi pencerahan buat anda yang sedang ingin membangun rumah. 
so.. baca sampai habis yaa..
rumah minimalis modern

Sekedar untuk menambah pengetahuan pembaca semua bahwa denah rumah itu merupakan potongan bangunan setinggi 1  dari level lantai menghadap kebawah yang diproyeksikan dengan wujud garis dan gambar denah akan digunakan untuk panduan ketika arsitek melanjutkan pembuatan gambar rumah lebih detail.

Sebelum pembuatan denah rumah, arsitek memerlukan data data pendukung agar denah rumah nantinya sesuai dengan keinginan pemilik tentunya juga bisa mencerminkan anggaran biaya untuk persiapan pemilik dalam membangun.
Adapun data data yang biasa dipakai arsitek dalam membuat denah rumah modern minimalis antara lain :

  1. Luas tanah yang tersedia, Biasanya data ini didapat setelah melakukan pengukuran dan survey lapangan.
  2. Kebutuhan ruang untuk rumah, data ini akan didapat setelah dilakukan pencatatan keinginan pemilik seperti berapa jumlah kamar tidur dan ruang ruang lain yang dibutuhkan termasuk juga target anggaran biaya bangun rumah.
  3. Peraturan tentang IMB terkait dengan lokasi pembangunan rumah, misalnya adalah ROI jalan atau jarak minimal bangunan dari pinggir jalan atau bisa juga berupa batasan ketinggian bangunan dan lain lain.
rumah modern minimalis

Dalam membuat rancangan sebuah rumah pada denah  juga haruslah mempertimbangkan proporsi ruang terbuka hijau dimana dibeberapa daerah proporsi ini menjadi syarat untuk turunnya IMB Bangunan nantinya.


Alasan lain kenapa ketika membuat Denah Rumah harus melihat perbandingan antara ruang terbuka dan bangunan adalah faktor kenyamanan rumah nantinya, selain jika ruang terbuka dibuat cukup maka pencahayaan, sirkuasi udara dan kelembaban akan baik juga dan memudahkan untuk menjadikan sebuah desain rumah menjadi rumah sehat.

Pada beberapa klien yang menemui kami untuk pembutan desain rumah minimalis membawa contoh contoh denah rumah yang dari internet, dan karena keterbatasan pengetahuan mereka sebagian terlihat serampangan dengan hanya membandingkan bentuk akhir rumah yang pada posting sebuah website.

seperti yang sudah kami janjikan diatas bahwa kami akan memberikan beberapa contoh denah rumah modern minimalis dari berbagai type rumah dengan maksud dapat membantu untuk menambah referensi anda tentang rumah modern minimalis.
denah rumah type 45


Gambar pertama ini adalah contoh denah rumah modern minimalis dengan luasan tanah terbatas dengan total bangunan 45 meter persegi atau dengan kata lain tipe 45, seperti dapat anda lihat bahwa rumah memiliki batas yang sama dengan batas tanah sehingga arsitek hanya bisa membuat pencahayaan pada tampak depan dan belakang rumah. denah rumah type 45 ini memiliki 2 kamar tidur dan fasilitas lain seperti ruang tamu dan dapur di desain seminimalis mungkin agar dapat mencukupi luasan tanah terbatas.

denah rumah modern minimalis tipe 36


Gambar diatas adalah gambar denah rumah cukup bagus dari desainrumahminimalismodern.com dimana denah rumah type 36 ini dibuat pada luasan tanah dimana luasan tanah masih memiliki sisa tanah pada bagian samping sehingga seperti telah kami jelaskan sebelumnya faktor kelembababan dan cahaya akan lebih terjaga pada desain ini.

denah rumah tipe 36
Satu ini adalah sebuah referensi dari rumahsederhana123.com dengan desain berupa rumah tipe 36 dan juga memiliki lebar tanah terbatas. dengan 2 kamar tidur dan carport berada didepan rumah.
denah rumah modern minimalis

Gambar denah rumah diatas adalah untuk lebar tanah 8 meter masih dalam luasan tidak terlalu besar sehingga salah satu tanah memiliki ruang terbuka, arsiteknya membuat desain perletakan dapur tersembunyi pada bagian belakang sehingga tidak terlihat dari ruang tamu.

denah rumah minimalis

ini adalah gambar desain rumah sederhana dari citra visi yang menurut kami cukup unik karena walaupun dengan luasan rumah kecil bisa didapatkan desain rumah type 36 yang cukup proporsional.

denah rumah minimalis type 36

Denah rumah ini masih dalam batasan luas 36m2 memiliki 2 kamar tidur dan fasilitas standart rumah lainya, perlu kami tambahkan disini adalah jika anda memakai desain denah rumah seperti ini maka sebaiknya memberi exhaust fan pada kamar mandi agar tidak lembab.

denah rumah 1 lantai

Denah rumah diatas memiliki sedikit kekurangan yaitu jarak pagar dan dinding rumah tidak mencukupi untuk parkir mobil, sehingga saran kami jika anda ingin mengaplikasikan denah rumah ini sebaiknya memundurkan minimal 1 meter kebelakang dan memperkecil pada bagian dapur.

denah rumah 1 lantai tipe 36


Denah rumah terakhir ini cukup unik karena antara dapur dan kamar mandi dibuat lorong sekaligus akses kehalaman belakang sehingga dengan desain seperti ini masih bisa dikatakan sebagai rumah sehat.

Sudah cukup panjang sepertinya bahasan kita tentang Denah Rumah Modern Minimalis, lain waktu kita sambung lagi semoga apa yang sudah kami tulis ini dapat membantu dan memberi inspirasi bagi anda untuk membuat desain dan membangun rumah.



Related Posts

0 comments :

Posting Komentar