Rumah Minimalis Sederhana

shares

rumah minimallis sederhana

Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis sederhana memiliki parameter sehingga bisa ditentukan sebagai rumah minimalis sederhana, antara lain:

  1. Luas bangunan rumah minimalis yang relatif kecil, sebenarnya kecil belum tentu sederhana juga sih, contohnya luas rumah minimalis yang kecil dengan setting finishing mewah tentunya gak bisa kita sebut juga sebagai rumah minimalis sederhana.
  2. Struktur rumah yang sederhana, untuk point ini bisa terdiri dari options rumah minimalis sederhana untuk 1 lantai atau rumah minimalis sederhana untuk 2 lantai atau lebih, contohnya jika ada seseorang membangun rumah minimalis  1 lantai dengan luas 200m2 dan coba kita bandingkan jika ada seseorang membangun rumah minimalis 2 lantai atas dan bawah dengan total lantai 90m2, kira-kira apakah rumah minimalis 2 lantai dengan luas 90m2 akan lebih mewah jika kita bandingkan dengan rumah minimalis 1 lantai dengan luas 200m2 tadi? mestinya anda sudah tahu jawabanya
  3. Bahan Finishing yang digunakan, sekedar cerita saja..sebenarnya kita bisa membuat perbedaan biaya pembangunan rumah minimalis dengan membedakan bahan finishing, contoh kecilnya adalah jika kita sama-sama membangun rumah tipe 45 anda menggunakan granit untuk finishing lantainya sedangkan saya menggunakan keramik, tentunya dari elemen lantai saja akan bisa membuat perbedaan  2 kali lipat jika kita bandingkan kedua bahan tersebut diatas.
  4. Instalasi pendukung rumah, dalam membangun rumah minimalis tentunya ada beberapa fasilitas pendukung untuk melengkapi fungsi rumah seperti halaman dan taman , carport atau garasi, pagar rumah dll. Dibeberapa kasus rumah tidak menjadi rumah minimalis sederhana walaupun memiliki luasan kecil, bangunan rumah hanya 1 lantai dan bahan finishing rumah sederhana karena harus mengeluarkan banyak budget untuk membangun elemen pendukung rumah tadi.
Sebenarnya masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang parameter rumah minimalis sederhana, cuma untuk hari ini cukup 4 hal diatas dulu.


rumah minimalis sederhana


Rumah minimalis sederhana memang perlu di desain dari awal agar jangan sampai ketika melaksanakan pembangunan rumah minimalis sederhana yang kita inginkan ternyata berubah menjadi rumah minimalis menengah atau mewah yang mungkin akan membuat anda kesulitan dibelakang hari jika memiliki biaya yang terbatas untuk pembangunan rumah.


Berikut sebagian teknik atau trik untuk mendesain rumah minimalis sederhana :

  • Pada saat penggambaran denah, sebisa mungkin dinding batas rigid atau permanen yang tidak perlu dikurangi, dengan mengurangi dinding tentu nantinya akan mengurangi biaya pembangunan rumah minimalis sederhana yang anda idamkan. selain itu jika anda memiliki luasan rumah minimalis sederhana yang cukup kecil hal ini akan memberikan efek perasaan luas ketika kita berada didalam rumah. 
  • Tinggi Dinding Vertikal sebaiknya di desain maksimum 3m atau kalau masih mau dikurangi lagi adalah 2,85m sudah termasuk ringbalk, dengan ketinggian ini maka rumah minimalis sederhana akan menekan biaya pemasangan bata dan finishingnya, dan jika anda khawatir rumah akan panas atau plafond akan rendah, maka yang harus anda lakukan adalah membuat angin-angin dengan memasang roaster atau grill terbuka pada gunungan atap dinding atap, dan untuk threat desain plafond jika anda ingin meninggikanya bisa dengan membuat plafond bertingkat atau pada bagian yang menempel pada dinding tetap sesuai ketinggian dinding sedangkan ke arah tengah rumah anda bisa tinggikan lagi, sehingga plafond rumah minimalis sederhana anda tidak akan terasa rendah.
  • Jangan membuat ukuran yang tanggung pada denah atau desain horizontal sesuaikan dengan bahan yang akan digunakan, contohnya ukuran kamar 2,75m jika kita menggunakan besi dan kayu ini nanti akan terlalu banyak memotong atau mungkin juga menyambung, jadi sebaiknya sesuaikan ukuranya menjadi 3 m itu pasti akan lebih baik. (Jika lahan memungkinkan).
  • Jangan memilih konsep atap yang boros seperti limasan dan atap berundak, jika anda ingin mendesain rumah minimalis sederhana sebaiknya gunakan atap pelana atau jika menggunakan atap bergelombang panjang seperti asbes dll sebaiknya gunakan desain atap pisang selirang.
Point yang saya sebutkan diatas adalah trik dari sisi geometry desain rumah sebenarnya masih banyak yang bisa kita kupas tentaang bagaimana mendesain rumah minimalis sederhana, cuma karena tangannya sudah mulai pegal kita akan sambung pada lain posting aja ya..


semoga menginspirasi..

Hampir lupa lagi.. kalo mau bangun rumah minimalis sederhana di jogja jangan lupa call kami ya..:D

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar