Pagar Rumah Minimalis

shares


Desain Pagar Rumah Minimalis

Pada Tulisan ini saya kan membahas tentang Pagar Rumah Minimalis bagaimana ide pagar ini agar selaras dengan arsitektur rumah. Secara arti atau pengertian pagar sebenarnya adalah elemen bangunan yang secara secara arsitektur digunakan sebagai batas dari suatu luasan. Pagar pada bangunan rumah selain digunakan sebagai pengaman rumah tetapi disisi lain pagar rumah juga dapat memberikan atau meningkatkan keindahan dari bangunan rumah.


Dalam mendesain pagar rumah minimalis seorang arsitek sebaiknya menselaraskan dengan bangunan atau rumah utama karena tampak rumah tentunya akan dipengaruhi oleh desain pagar rumah karena pagar berada posisi terdepan dari sebuah rumah. Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa warna pagar disamakan dengan bangunan utama dan bagian terbuka dari pagar memakai gril besi vertikal yang disetting minimalis sehingga terkesan sederhana atau minim tetapi sangat cantik karena serasi dengan bangunan utamanya.

Jika pagar rumah minimalis anda adalah pagar massive/ padat maka berilah sedikit teksture bisa berupa batu tempel atau list beton atau bisa juga tali air, kami sendiri sebagai arsitek sering sekali mendapat order pagar depan rumah harus tertutup/ massive, karena pagar tadi akan mempengaruhi kecantikan dari satu desain rumah maka tentunya sebagai arsitek kami akan beri sedikit ornamen agar pagar di depan rumah tadi tidak terlihat seperti benteng. 



Pagar rumah minimalis tidak selalu harus terbuka karena seperti yang saya bilang tadi bahwa pagar juga dapat meningkatkan keindahan dari satu desain rumah minimalis, contoh adalah pemberian cover tembok berupa batu alam yang ditata secara minimalis seperti terlihat pada gambar pagar rumah diatas, bagian terbuka hanya dibuat kecil dengan memberi grill besi dibuat persegi untuk mengangkat kesan rumah minimalis nya.


Sebenarnya bahan untuk pengisi pagar rumah minimalis bisa apa saja bahkan anda bisa bereksperimen mencoba bahan- bahan kreatif lainya, contoh pada gambar pagar minimalis diatas digunakan bambu sebagai bahan pengisi pagar yang dikombinasikan dengan rangka besi, cuma untuk catatan saja ketika anda menggunakan bahan yang mudah terpengaruh oleh cuaca kami saran menggunakan lapisan watercoat agar umur pagar bisa lebih lama.


Desain pagar rumah minimalis sebaiknya tetap mengutamakan presisi dan kesikuan seperti yang sudah sering saya bahas, jadi jangan sampai ada lengkung atau bentuk yang akan mencemari konsep rumah minimalis anda, karena jika salah dalam memilih desain pagar maka secara keseluruhan desain rumah minimalis anda akan banci  (minimalis gak style lain juga nggak) .


Penggunaan bahan kayu yang dikombinasikan dengan besi pada pagar rumah minimalis sebenarnya sangat apik jika dipandang mata, disini saya menyarankan menggunakan kayu yang kelas kuatnya baik sehingga umur pagar rumah anda bisa bertahan lebih lama, atau jika hanya untuk memunculkan kesan kayu pada rumah minimalis anda mungkin anda bisa menggantinya dengan GRC/Kalsi board yang difinish dengan warna kayu (ini akan lebih awet).


Desain pagar rumah minimalis dapat disusun vertikal atau horizontal sesuai selera anda, cuma menurut kami jika seorang arsitek mempertimbangkan lebar tanah maka lebar yang kecil sebaiknya memakai konsep gril vertikal karena dapat mengangkat kesan lebar dari rumah tersebut, sedangkan desain pagar untuk muka tanah yang lebar maka sebaiknya menggunakan grill horizontal.


Jika anda menggunakan kolom beton sebagai pengikat rangka pagar untuk rumah minimalis maka sebaiknya tetap berpegang kepada prinsip presisi dan siku, agar pagar rumah minimalis anda tetap terlihat minimalis. dan juga jangan memberi ornamen yang terlalu rame biar gak terlihat berlebihan.


Gambar Pagar rumah minimalis diatas menggunakan roster beton untuk menutupi area dalam, penataan yang seling berganti dari elemen padat dan roster beton membuatnya nyaman dipandang, banyak arsitek yang menngkombinasikan roster beton untuk desain pagar rumah minimalis karena roster beton termasuk tidak terlalu mahal dan mudah didapat dimana saja. 


 Jika Desain pagar untuk rumah minimalis anda anda adalah pagar terbuka gunakanlah bahan yang tetap siku karena bahan yang siku akan mempertahankan konsep minimalis dari pagar dan rumah anda, begitu juga mainan yang diberikan kepada kolom beton pengikat pagar sebaiknya tetap siku dan presisi.


Enterance dari pagar rumah minimalis sebisa mungkin berbeda dengan sisi lainya, hal ini akan memudah kan tamu untuk mengetahui jalan masuk kerumah anda, pagar bisa dibuat massive dan dibeda tinggikan atau diberi lapis tertentu pada dindingnya atau memakai konsep gerbang, dan jika desain enterance pada pagar ini bagus akan meningkatkan keindahan dari rumah minimalis yang anda bangun. 

Related Posts

1 comments

  1. lagi mau bangun pagar rumah ketemu tulisan ini..tambah pencerahan, makasih pak arsitek

    BalasHapus