Tips Desain Exterior Rumah Minimalis Yang Bisa Dicoba


Konsep rumah minimalis menjadi pilihan yang cocok diterapkan jika anda tinggal di kota modern. Konsep bangunan yang simple cenderung mempunyai area exterior yang sempit. Walaupun areanya cenderung kecil, namun dengan sedikit sentuhan inovasi dan kreasi, maka desain eksterior rumah minimalis dapat ditampilkan dengan maksimal. Anda harus pandai dalam memilih outdoor furniture yang cocok dan pantas diletakkan pada sisi eksterior dari rumah minimalis anda.


exterior rumah minimalis furniture diluar


Desain exterior rumah minimalis sebisa mungkin harus bisa mempertahankan 3 area eksterior. Dimana ada teras, taman dan space yang cukup sebagai jalan masuk dan juga area parkir. Desain rumah minimalis memang kurang cocok jika diterapkan eksterior yang berlebihan. Maka sebaiknya pertimbangkan berapa luas area exterior rumah minimalis sebelum menentukan desain exterior seperti apa yang ingin diterapkan.
Tips Memilih Desain Exterior Rumah Minimalis
Sebelum kita berlanjut ke dalam tips desain exterior rumah minimalis, maka kita akan mengetahui terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri dari eksterior rumah minimalis tersebut.

Sebenarnya rumah seperti apa yang dikatakan sebagai rumah minimalis itu? 

Rumah minimalis adalah rumah yang mengusung tema minimalis dan diterapkan pada interior maupun eksterior nya. Rumah minimalis mengutamakan kesederhanaan yang tampak pada bagian eksterior dan interior. 

Eksterior rumah minimalis biasanya menggunakan bentuk geometris, sebab mengutamakan kesederhanaan. Rumah minimalis mempunyai desain eksterior yang biasa saja. Bahkan, kadang sekedar bangunan rumah sederhana carport dan halaman depan.

pagar rumah minimalis tipe kecil sederhana

Seperti dalam rumah minimalis tipe kecil, desainnya mengutamakan penggunaan ruang yang efektif dan efisien. Karena tidak terlalu besar, umumnya ruang tamu dan ruang keluarga disatukan dan tidak ada sekat sama sekali. Kamar tidurnya hanya mencakup kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam memilih desain eksterior untuk rumah minimalis anda. Karena eksterior merupakan bagian luar bangunan, maka otomatis bagian ini menjadi bagian yang pertama kali dilihat orang. 

Sehingga eksterior rumah mencakup pada bentuk bangunan, atap, dinding, taman, warna, gerbang, dekorasi, halaman dan juga detail dari jendela rumah. Berikut ini adalah tipsnya.

1. Pilih Eksterior Dengan Gaya Natural
Bila mendengar kata natural, tentunya yang terlintas dalam pikiran anda adalah alami, menyatu dengan alam dan juga unik. 

Tepat sekali, ternyata desain eksterior yang natural bisa menghadirkan kesan rumah segar, alami, sejuk dan menyatu dengan alam. Anda bisa menempatkan outdoor furniture yang mengandung unsur natural. Seperti kursi dengan bahan kayu di bagian taman depan rumah dan juga teras rumah anda agar semakin menambah kesan natural. 

Anda juga bisa memberikan tanaman gantung yang mempunyai daun kecil dan juga batang panjang terurai pada bagian depan teras rumah anda.

exterior rumah minimalis gaya natural


Anda juga bisa membuat kolam ikan kecil yang ada di tengah taman. Di samping untuk mempercantik eksterior, kolam ini juga dapat memberikan kesan dingin dan juga teduh untuk rumah anda.

Di samping berfungsi sebagai penambah keindahan eksterior rumah minimalis, kolam juga dapat dipakai untuk memelihara ikan hias. Dengan demikian, anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu luang bersama dan bersantai di taman dan kolam. 

Waktu senggang anda bisa digunakan untuk memberi makan ikan bersama dengan anak-anak. Dengan begitu, anda dapat memperoleh manfaat ganda. Yaitu kehangatan keluarga dan tampilan eksterior rumah minimalis anda yang semakin cantik.

2. Tambah Pagar Bila Diperlukan
Dalam sebuah rumah minimalis untuk memberikan penampilan exterior yang elegan bisa ditambahkan pagar bila memang diperlukan disamping sebagai pengamanan ataupun batas rumah pagar juga mempunyai fungsi supaya rumah minimalis tampak lebih unik namun anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam pemilihan pagar rumah minimalis sebaiknya jangan terlalu tinggi. 

Sementara itu, untuk memberikan kesan natural pada rumah anda pilihan pagar dengan material kayu sangat tepat sekali.

pagar rumah minimalis bahan kayu


Memang tidak semua rumah di desain dengan menggunakan pagar. Akan tetapi pagar mempunyai peranan yang cukup penting. Untuk itu, eksterior rumah minimalis dengan menggunakan pagar juga menjadi salah satu cara tepat dalam memperindah tampilan rumah anda.

3. Memilih Material Yang Tepat Untuk Eksterior Rumah Minimalis
Dalam membangun rumah tentu telah diberikan konsep masing-masing sesuai dengan tema dan juga kesan yang ingin ditonjolkan. Seperti dalam rumah minimalis, desain eksterior rumah minimalis memang tidak cocok jika dibuat terlalu berlebihan. Hal ini karena mengingat konsep minimalis cenderung pada sesuatu hal yang sederhana tapi tetap terlihat elegan.

material exterior rumah minimalis

Bila anda telah mempunyai konsep rumah minimalis seperti apa yang hendak ditonjolkan, maka pemilihan material menjadi hal yang sangat penting. Jika anda ingin tema rumah yang cerah dan ceria, maka anda bisa memilih cat dinding yang memiliki warna gelap. 

Seperti halnya mengkombinasikan warna tembok orange dengan jendela putih dan daun pintu berwarna merah. Begitu juga dengan warna atap, lantai, pagar dan juga teras yang ditampilkan dengan warna yang senada.

Sementara itu saat anda menginginkan rumah minimalis dengan gaya unik dan klasik, maka hal yang bisa ditonjolkan adalah material berupa batu bata. Dan juga furniture yang berbahan dasar dari barang daur ulang. Namun anda harus ingat jangan terlalu berlebihan.

4. Bagian Atap Rumah yang Tinggi
Sebuah rumah minimalis akan tampak lebih cantik bila menampilkan eksterior yang seimbang dan sepadan. Plafon yang dibuat lebih tinggi, fasad yang dibuat sedemikian rupa tentu akan membuat ruangan tampak lebih megah. Jika perlu, anda juga bisa membuat atap dengan model victoria yang ada di Los Angeles atau seperti memiliki bentuk kerucut yang tinggi seperti sebuah kastil yang megah.

atap rumah minimalis

Dengan menggunakan atap berbentuk pelana itu, maka penampilan eksterior dari rumah minimalis anda akan terlihat lebih elegan.


5. Pemasangan Kanopi
Walaupun hanya rumah yang memiliki ukuran kecil, namun tidak ada salahnya jika anda ingin memasang kanopi. Tetapi sebelum memasangnya, anda harus memperhatikan ukuran dan juga bentuk dari kanopi yang ingin dipasang itu. 

Jika ingin tampak lebih cantik, ada baiknya menanam tanaman rambat yang ada di dekat kanopi. Supaya tanaman bisa merambat dan mempercantik kanopi. Di samping berfungsi untuk mempercantik exterior, maka rumah minimalis anda juga bisa terasa lebih sejuk dan menambah kesan asri dan hijau.

exterior rumah minimalis dengan canopy

Penerapan desain exterior rumah minimalis yang tepat tentu saja akan membuat tampilan rumah menjadi elegan dan enak dipandang. 

Catatan penting yang harus anda perhatikan, bahwasanya desain exterior adalah tampilan awal yang nantinya akan dilihat oleh orang-orang yang lewat di depan rumah anda. 

Dengan demikian, anda harus memperhatikan desain eksterior rumah anda dengan baik. Agar mereka yang melihatnya terkesan dengan penampilan rumah anda. 
Jangan sampai orang lain memberikan kesan yang negatif hanya karena ketidakmampuan di dalam merancang desain exterior.
LANJUTKAN BACA : RUMAH MINIMALIS MEWAH

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar