Ide Desain Fasad Rumah Minimalis Agar Tampak Luar Biasa

Kita tahu bahwa fasad rumah merupakan satu sisi luar atau eksterior dari sebuah bangunan. Biasanya yang dimaksud yaitu bagian depan, namun terkadang juga bagian samping dan belakang dari sebuah bangunan. 

Apakah anda bingung, bagaimana cara agar memiliki fasad rumah minimalis yang mempunyai desain trendy namun mudah diterapkan?

Pada masa-masa seperti ini, memang fasad rumah minimalis selalu menjadi pilihan yang paling aman untuk mempunyai rumah yang keren tanpa harus menampilkan desain yang berlebihan. 

Bukan cuma mudah untuk diterapkan dalam hal konstruksi dan juga desain nya, namun kebanyakan fasad yang digunakan untuk rumah minimalis juga bisa menjadikan tampilan rumah menjadi lebih outstanding walaupun sederhana.


Berikut ini adalah beberapa ide desain fasad rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi dan referensi anda.


Ide Desain Fasad Rumah Minimalis

Desain fasad rumah menjadi bagian yang sangat penting. Sebab pada bagian ini memberikan first impression pada bangunan dan juga suasana ruangan lainnya. 

Komposisi bentuk adalah hal penting dari sebuah fasad rumah. Bila anda menginginkan fasad rumah sederhana, maka permainan komposisi bentuk menjadi sebuah hal yang wajib anda lakukan. 

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjadikan tampilan fasad rumah minimalis tampak menarik dari permainan bentuknya.

1. Inspirasi Fasad Rumah Minimalis yang Terfokus Pada Teras

Khusus pada bagian teras rumah, permainan komposisi bentuk bisa dilakukan. Sebab teras rumah merupakan bagian penting eksterior rumah tinggal. 

Teras rumah utama menjadi satu titik yang bisa difokuskan bila anda menginginkan rumah anda tampak sederhana namun memiliki nilai dari segi estetika bangunan.

fasad rumah minimalis desain unik teras rumah
Contoh Teras Rumah Minimalis


Sebenarnya teras rumah dapat di desain dengan banyak cara. Tetapi cara terbaik yakni dengan memberikan aksen yang bukan hanya bermanfaat bagi daya tarik semata. Namun juga bermanfaat untuk hal lain.

Poin penting komposisi teras supaya dapat membentuk fasad yang baik:

Teras yang di desain sebaiknya adalah teras yang langsung terhubung dengan pintu masuk utama. Bila mempunyai secondary entrance, sebaiknya tidak perlu di desain berlebihan. Sebab dua fokus bisa mengajukan estetika rumah.

Desain komposisi teras bukan hanya cocok untuk rumah minimalis saja. Tetapi untuk semua tema rumah seperti mediteranian, classic, country dan sebagainya. alternatif ini dapat dijadikan sebagai solusi aman untuk semua rumah. Asalkan sesuai dengan karakteristik masing-masing rumah tersebut.

Anda dapat mengekspor berbagai macam aksen yang sesuai untuk teras rumah minimalis. Anda bisa menghasilkan fasad yang bagus dari bentukan geometri yang sederhana. 

Atau bisa pula dengan menambahkan dinding berlubang atau dengan memadukan material tertentu pada area teras rumah.

2. Perbedaan Ketinggian

Bila anda secara kebetulan mendapatkan lahan lebih tinggi dari jalan raya saat ingin membangun rumah, maka dalam pikiran anda mungkin terbersit untuk menyewa jasa pemerataan tanah. Ini supaya rumah bisa sejajar dengan jalan raya. Tapi alangkah lebih baiknya jangan anda lakukan hal tersebut. 


Mengapa demikian, sebab ketinggian lahan malah bisa menciptakan komposisi bentuk yang sangat ideal bagi rumah yang akan anda bangun. Disamping itu, lahan yang lebih tinggi dari bahu jalan bisa membuat rumah jauh lebih aman dari banjir. Bukan itu saja, rumah juga bisa tampak lebih megah.


Poin penting implementasi perbedaan ketinggian diantaranya:


Anda dapat memainkan desain tangga cantik untuk bagian eksterior fasad rumah minimalis anda sehingga akan tampak lebih elegan. Anda bisa memanfaatkan perbedaan ketinggian rumah dengan bahu jalan dengan cara membuat ruang bawah tanah sebagai garasi mobil anda.

beda tinggi pada desain rumah minimalis
Contoh Beda Tinggi Desain Rumah Minimalis

Bila anda punya anggota keluarga yang memakai kursi roda, fasilitas tangga bisa diganti dengan ramp lantai yang sudutnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Taman rumah minimalis anda juga bisa di desain dengan sistem terasering sederhana. Dengan demikian, varian pilihan taman rumah akan lebih cantik.

3.Fasad Dengan Paduan Bentuk Geometris

Perbedaan bentuk geometris ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam membentuk komposisi fasad yang menghasilkan keunikan tersendiri. Kebanyakan rumah bentuk geometris nya adalah persegi.

 Anda dapat menerapkan bentuk lain pada salah satu elemen eksterior anda. Dengan demikian, rumah minimalis akan tampak dinamis dan tidak monoton.

Beberapa poin penting yang bisa dilakukan dalam penataan bentuk geometris adalah:


Anda bisa memilih bentuk geometris yang tidak mencolok seperti bentuk lingkaran. Kemudian mengambil bidang lengkung dalam salah satu sudut rumah supaya fasad tampak lebih dinamis. Selain itu bisa juga dilakukan dengan memilih bentuk segitiga kemudian diterapkan dalam lereng miring pada bagian atap rumah anda.


Bentuk rumah persegi dan kubus juga pilihan alternatif lain dalam membuat desain rumah minimalis, kerapihan bentuk kadang membuat fasad rumah minimalis menjadi terlihat lebih syahdu


fasad rumah minimalis dengan paduan geometris terlihat luar biasa
Fasad rumah minimalis dengan paduan geometris


Bentukan geometris dapat dipadupadankan secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan. Sebab ruang yang ideal untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah ruang-ruang persegi ataupun segi empat.

4. Terapkan Skema Warna Monokrom

Warna menjadi kesan visual yang mudah ditangkap mata manusia. Warna bisa memesankan ekspresi sebuah karya seni termasuk dalam fasad rumah minimalis. 

Bila anda menginginkan fasad rumah minimalis, maka permainan komposisi warna akan bisa mendukung hal tersebut. Salah satu permainan komposisi warna yang bisa digunakan dalam desain fasad rumah minimalis salah satunya adalah skema warna monokrom.

Skema warna monokrom memang dinilai paling aman dan paling sering dipakai dalam desain fasad rumah minimalis modern. Sebab warna warna monokrom dapat menampilkan kesan rumah yang lebih elegan, sederhana, tapi anggun.

rumah minimalis monocrome
Penerapan Warna Monochore Pada Rumah Minimalis

Untuk komposisi warna monokrom ada banyak sekali pilihannya. Anda dapat menentukan pilihan warna sesuai dengan yang anda inginkan. Akan tetapi, kebanyakan rumah minimalis modern menggunakan warna monokrom berupa coklat dan abu-abu. Kedua warna ini paling netral dan mudah diterima semua mata.

5. Mainkan Komposisi Material

Dalam sebuah desain rumah minimalis, permainan material dapat menjadi salah satu hal yang menarik bagi tampilan sebuah fasad. Hal ini karena rumah rumah dengan desain minimalis lebih fleksibel dalam menentukan material apa yang hendak digunakan sebagai selubung bangunan. 

Salah satu ide desain fasad rumah minimalis dengan menggunakan permainan komposisi material adalah penggunaan batu alam  yg pas.

Batu alam merupakan salah satu material bahan penutup dinding yang bisa memberikan kesan dekorasi pada fasad rumah minimalis. Jenis batu alam yang bisa dimanfaatkan dalam hal ini ada banyak sekali. Semuanya bisa digunakan sebagai material penutup dinding supaya tampilan dinding lebih ideal dan elegan.

Supaya lebih bervariasi, sebaiknya anda hindari pemakaian batu alam pada seluruh bagian dinding eksterior. Akan lebih baik bila diaplikasikan dalam 1/3 dari bidang dinding saja. Supaya dapat menampilkan rumah yang tidak terlalu berat dan penuh karena batu alam.


komposisi material pada desain rumah minimalis
Komposisi Material Rumah Minimalis


Pilih jenis batu alam yang sesuai dengan warna hunian rumah anda. Misalnya jika anda menggunakan warna monokrom abu-abu, maka warna abu-abu atau hitam menjadi pilihan batu alam yang tepat.
Batu alam juga dapat diterapkan pada bagian bawah dinding saja. Misalnya dengan jarak 50 cm dari tanah. Ini bertujuan untuk mencegah rembesan air dari bawah dinding anda sedangkan untuk dinding bagian atas dicat seperti biasa.

Itu tadi adalah ide ide yang bisa anda terapkan dalam mendesain dan membangun rumah minimalis agar terlihat luar biasa.


Sampai sini dah faham yaah..


Dengan ide desain fasad rumah minimalis yang tepat maka tampilan rumah minimalis anda akan terlihat sempurna. Rumah anda yang didesain dengan gaya minimalis akan terlihat indah, dan elegan saat dipandang.

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar