Rumah Modern

Rumah modern merupakan sebuah karya akhir dari suatu proses perencanaan atau desain yang dibuat dengan seksama oleh seorang arsitek dan kemudian diwujudkan dalam pelaksanaan pembangunan oleh kontraktor sehingga semua idepada gambar arsitek tadi terwujud pada dunia nyata.

Sebagai mana halnya dengan desain rumah yang lain rumah modern memiliki ciri ciri khusus yang mungkin secara sederhana dapat kita jelaskan sebagai berikut :


  1. Memiliki bentuk atau tampak rumah yang mencerminkan sebagai desain rumah masa kini, sebenarnya hal ini relatif karena beberapa gaya rumah sering sekali menipu, contoh sebuah rumah modern yang menggunakan gaya arsitektur jawa seperti rumah joglo atau rumah adat lainya, secara sekilas kita hanya akan melihat rumah kuno sebenarnya dibeberapa rumah mereka memakai teknologi modern sehingga dapat diklasifikasikan sebagai rumah modern.
  2. Menerapkan bahan material modern, bahan material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah sudah menggunakan bahan bahan modern, contoh penggunaan logam logam komposit yang belum ada pada zaman dahulu misal rangka atap, rangka plafond dan lain lain. bahkan mungkin bahan finishing yang menggunakan bahan bahan seperti almunium composit, kayu fiber dan lain sebagainya.
  3. Rumah modern menggunakan alat alat eletronik dan permesinan modern, misal sistem perpipaan air bersih yang disupport oleh mesin mesin pompa dan pendorong masa kini dan teknologi lain seperti waterhiter dan peralatan eletronik pendukung kebutuhan rumah lainya.
  4. Struktur bangunan didesain menggunakan keilmuan terbaru dibidang teknik civil yang merupakan teknologi  dibidang mekanika dan rekayasa struktur baik menggunakan bahan beton maupun baja sebagai penopang utama sebuah rumah modern. contoh adalah banyaknya desain melayang yang dibuat arsitek pada rumah modern harus diimbangi perhitungan struktur bangunan yang matang.
Masih banyak lagi ciri ciri rumah modern dan mungkin akan terlalu panjang kalo kita bahas disini.


Di jogja, kami sebagai arsitek dan kontraktor yang berkecimpung membuat desain rumah dan melaksanakan pembangunan sering sekali diminta untuk membuat rumah dengan standart sebagai rumah modern oleh klien klien yang memang menyukai gaya modern minimalis.

Mungkin sekilas bisa kami beri contoh gambar rumah minimalis modern yang kami buat.

desain rumah modern minimalis
Tampak Depan 
Ok..

Gambar rumah modern yang anda lihat diatas adalah desain yang relatif sederhana sebenarnya, karena pada desain ini arsitek hanya memberikan tone warna cat rumah monocolour yaitu hanya menggunakan warna putih. sedangkan warna lain yang dipakai adalah warna alami bahan material seperti aksen bata sebagai hiasan penebalan dan warna kusen almunium dan kaca.

Kemodernan rumah ini dari sisi tampak exterior dibentuk tidak hanya melalui pemilihan warna tetapi juga di perkuat dengan struktur struktur kantilever panjang (melayang) yang di aplikasikan pada teras  lantai 2 dan atap dari teras lantai 1 juga topi jendela pada sisi lain rumah agar terlihat lebih modern.

tampak rumah minimalis modern desain arsitek jogja
Tampak Samping kiri

Dari sudut gambar diatas mungkin lebih terlihat yaa... 

Bagaimana arsitek menjadikan garis garis lurus dan bentuk persegi menjadi sebuah rangkaian yang indah dan terlihat modern dalam desain rumah idaman ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kaca merupakan bahan bangunan yang dapat mendongkrak tampak rumah agar terlihat lebih modern. Unsur-unsur kaca pada rumah ini menjadi terlihat cantik ketika dikombinasikan dengan bahan alami seperti bata yang menjadi shading natural dalam desain rumah tampak luar/ exteriornya.

Rumah modern minimalis exterior tampak desai rumah idaman
Tampak samping exterior

Exterior dari rumah modern seperti yang kami jelaskan diawal tadi, kadang menipu bahkan kadang tidak terlihat sebagai rumah modern.

Contoh gambar rumah modern minimalis pada desain kami ini pada bagian utara hanya terlihat kotak atau persegi saja, kaca jendela besar sengaja diaplikasikan oleh arsitek karena kebetulan sisi ini menghadap utara ke arah gunung merapi (Sleman- D.I Yogyakarta) sehingga pemandangan tersebut akan sangat indah ketika jendela dibuka dan saat langit bersinar cerah.

tampak atas rumah modern dan desain atap rumah minimalis
Tanpak atas dan atap rumah modern
Gambar diatas adalah desain atap pada rumah modern minimalis yang kami buat.

Sebenarnya ada beberapa bukaan yang bersifat skylight pada desain atap rumah tersebut. pada gambar ini memang tidak kami perlihatkan, karena ada pendetilan desain yang memang arsitek buat setelah semua konsep rumah disetujui oleh owner.

Sistem talang dan arah aliran air pada atap rumah juga digambar secara detail dalam sebuah gambar kerja yang dijadikan pandu pelaksanaan oleh kontraktor.

tampak rumah modern
  

Sekedar penjelas pada gambar terakhir ini adalah sisi pagar untuk rumah ini bersifat masiv dan padat semua, karena kebetulan sisi kanan dan kiri dari bangunan rumah ini adalah tanah kosong berupa sawah, sehingga owner meminta arsitek membuat pagar yang aman untuk rumahnya.

Rumah modern ini memiliki 3 kamar tidur, pantry sekaligus minibar, ruang keluarga, ruang kerja dan ruang tamu yang semua ditata dengan interior modern, karena memang tema rumah adalah modern minimalis.

Semoga tulisan kami tentang rumah modern ini dapat memberi inspirasi anda untuk mewujudkan rumah idaman sesuai versi anda masing masing dan pesan kami tetaplah berkonsultasi kepada arsitek sebelum membangun rumah.

Related Posts

2 comments :

  1. betul sekali kata agan, rumah modern memang seperti artikel diatas, sayangnya saya suka rumah klasik

    BalasHapus
  2. Keren sekali desain rumah itu modern minimalis bett

    BalasHapus