9 Hal Wajib Dalam Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Atau Lebih

desain rumah minimalis 2 lantai
Contoh Desain Rumah Minimalis 

Rumah minimalis dengan tingkat lebih dari 2 lantai sebenarnya harus di desain dengan lebih detail pada struktur dan arsitekturnya.

Rumah minimalis 2 lantai atau lebih sesuai dengan judul dari artikel ini akan kita bahas panjaaang lebaar..jadi jangan sampai bosan ya..membacanya. 

Karena penting banget pengetahuan ini terutama buat anda yang membangun sendiri sebuah rumah Minimalis Bertingkat atau berlantai 2 lebih .

Biar gak kebanyakan cerita langsung to do point aja..

Hal Hal yang wajib diperhatikan pada tahapan perancangan atau pembuatan desain rumah minimalis 2 lantai atau lebih akan kami jelaskan satu per satu dibawah ini :

1. Cek Elevasi dan Luas Tanah Yang Tersedia

Elevasi atau ketinggian tanah luas tanah ini akan menjadi patokan bagi seorang arsitek dalam membuat gambar desain rumah nantinya.

Elevasi tanah yang cukup ekstreem misal turun lebih dari 1,5 m dari jalan sebenarnya bisa diolah dengan menerapkan sistem basement pada desain rumah agar biaya pengurugan tidak besar.

Untuk Elevasi tanah yg lebih tinggi lebih dari 1,5 dari jalan arsitek bisa membuat jalan masuk yang hampir rata jalan dengan cara mengerug sebutuhnya kemudian membuat tangga undak undakan sebagai conektor/ koridor ke arah rumah.

Ideal perbedaan tinggi Elevasi antara Jalan dan entrance rumah adalah 15-30Cm, hal ini dibuat untuk membatasi limpasan air hujan agar tidak masuk ke dalam halaman rumah.

desain elevasi rumah minimalis
Contoh Elevasi Rumah dan Jalan Kurang Tinggi  

Gambar rumah diatas adalah contoh desain rumah minimalis yang memiliki perbedaan ketinggian terlalu kecil dengan jalan sehingga rawan banjir atau menyebabkan air hujan akan masuk ke halaman rumah. 

Untuk Pengukuran luas tanah sebenarnya standar aja..karena ukuran lateral ini akan diidealkan oleh arsitek dalam konsep denah rumah nantinya.

Penting untuk diperhatikan bagi yang memiliki tanah sempit mukanya misal muka tanah dibawah 6m, untuk lebih memikirkan penghawaan dan pencahayaan alami . Karena dengan lebar tanah kecil sering terabaikan bukaan samping dan desain rumah hanya mengejar luas ruang saja, sehingga dengan kondisi tembok rumah adalah batas akan kurang sehatlah rumah minimalis 2 lantai atau lebih tersebut.


2. Lakukan Study Tanah/ Penelitian Tanah

Laporan dari study ini biasanya di dukung oleh laboratorium mekanika tanah. Jadi anda harus meminta Lab baik Pemerintah ataupun lab swasta untuk melakukan penelitian tanah dilokasi yang akan dibangun rumah minimalis 2 lantai atau lebih tadi.

Mungkin ada yang bertanya
Buat apa sih pakai dilakukan study tanah segala??

Perhatikan yaa..
kami bantu agar anda mengerti..

Study tanah untuk rumah tinggal sih sebenarnya penelitian sederhana terkait daya dukung tanah setempat yang biasanya dilakukan. menggunakan alat sondir dan bor.

Alat sondir untuk rumah tinggal pun bisa menggunakan kapasitas 2 ton dan bor menyesuaikan kebutuhan.

Pekerjaan Sondir tanah
Pelaksanaan Sondir Tanah

Dengan sondir ini nanti kita akan tau dimana letak tanah keras sebenarnya, karena heterogenitas daya dukung tanah kadang berbeda beda walaupun masih di satu kawasan.

Rumah minimalis 3 lantai yang akan anda bangun tentunya akan didukung oleh tanah dan pondasi, karena itulah saya bisa bilang kalo sondir ini sangat penting. Turun 1 titik saja pondasi rumah maka pasti retak stuktur diatasnya dan hal tersebut berbahaya.

Dari study tanah tadi kita juga mendapat data lapisan tanah, sehinga bermanfaat untuk orang orang tertentu yang ingin menempatkan sesuatu dibawah tanah misal..membuat kolam renang dengan menggali tanah atau mungkin ada yang membuat semi bunker dibawah tanah dan lain lain.

Data lain dari study tanah adalah ketinggian muka air tanah. data muka air tanah ini akan dibutuhkan untuk pembuatan sumur, resapan dan septictank.

Selain itu untuk konstruksi rumah minimalis 2 lantai atau bertingkat lebih yang menggunakan basement muka air ini digunakan untuk menentukan bahan bangunan yang dipakai agar jangan sampai basement rumah menjadi lembab nantinya.

3. Study Lingkungan Luar Tanah/ Lokasi

Lingkungan diluar obyek tanah ini meliputi hal hal dibawah ini:

  • Jalan Akses, yang dimaksud disini adalah jalan didepan rumah nantinya, data yang dibutuhkan sebagai pertimbangan adalah seberapa lebar jalan didepan rumah, tingkat keramaian dan lain lain. Dimana hal tersebut akan membantu arsitek dalam menentukan seberapa besar jalan masuk nantinya.
jalan akses  lingkungan rumah minimalis
Contoh Jalan Akses 


  • Saluran Drainase Lingkungan, Perlu diketahui juga tentang drainase lingkungan sehingga arah buangan air hujan bisa dibuat dengan lebih baik dan efisien, dilokasi yang tidak memiliki Saluran air hujan arsitek harus membuat sumur sumur peresapan air hujan, dan jika dilokasi terdapat SAH dari jalan maka dengan mudah desain perpipaan diarah kan ke ssaluran SAH tersebut.

  • Sudut Matahari,Sudut matahari ini menentukan arah bukaan dan kaca, hal ini karena kita berada di iklim tropis dan mengakibatkan lamanya penyinaran akan membuat bangunan rumah menjadi lebih panas jika dibuka atau memiliki kaca pada arah penyinaran matahari.

  • Obyek Besar yang Berbahaya, contoh nya adalah rumah di dekat gunung berapi aktif, dalam membuat desain rumah arsitek harus mempertimbangkan misalnya terjadi tumpukan abu vulkanik ke atap rumah, sehingga sebaiknya tidak membuat desain atap yang tidak kuat menahan bebanya. Contoh lain adalah Daerah rawan longsor untuk rumah diperbukitan, arsitek harus bisa membuat desain yang bisa menjaga keselamatan jiwa jika terjadi longsor. Masih banyak obyek berbahaya lain yang harus di teliti secara detil sebelum perencanaan dan desain rumah dibuat.

  • Arah Angin, Untuk arah angin biasanya terdiri dari 2 macam yaitu angin gunung dan angin laut, arsitek dengan melakukan survey lokasi haruslah mempertimbangkan hal ini karena ketika angin angin diletakan pada posisi yang pas maka ruangan akan lebih sejuk karena adanya cross ventilations.

  • Suhu dan Cuaca setempat, Suhu setiap lokasi tentunya berbeda beda, mungkin untuk desain rumah yang berada dipegunungan bersuhu dingin arsitek haruslah mengurangi bukaan agar ketika malam suhu ruangan bisa lebih hangat, berbeda dengan rumah didekat laut yang lebih panas, bukaan harus sedikit ekstra agar udara mengalir dengan baik dan dapat mendinginkan ruangan.



4. Peraturan Yang Berlaku

Disetiap lokasi sebenarnya memiliki peraturan tersendiri tentang bangunan rumah.
Peraturan ini dimulai dari Roi atau batas jarak sebuah bangunan, misalnya tanah berada di jalan propinsi memiliki syarat minimal jarak bangunan dengan as jalan dan hal tersebut dituangkan dalam PERDA di masing masing wilayah.

Roi tidak hanya ada pada jalan tetapi saluran, sungai dan drainase juga sering sekali memiliki aturan khusus..
jadi buat anda yang tanahnya berbatasan dengan sungai sebaiknya menanyakan ke instansi terkait bagaimana peraturan yang berlaku.

Peraturan yang lain adalah tentang arsitektur bangunan, beberapa lokasi memiliki pembatasan tentang gaya arsitektur yang boleh digunakan, kalau kami contohkan disini misalnya adalah kawasan indies kolonial di daerah kota baru jogja, disana semua bangunan tidak boleh memakai gaya arsitektur lain selain yang telah ditetapkan. dan jika anda melanggar maka IMB anda tidak akan turun.


5. Menentukan Jumlah Ruang

Menentukan jumlah ruang ini adalah hal wajib dilakukan oleh owner karena arsitek hanya akan memfasilitasi keinginan owner dari sisi keilmuanya. Misal anda yang yang memiliki keluarga dengan 2 anak posisi sekarang, tentunya sudah memiliki rencana berapa target kamar tidur yang akan dibuat pada desain rumah nantinya, sehingga desain rumah yang dibuat akan cukup dan tetap nyaman walaupun ada perubahan jumlah anggota keluarga.

denah rumah minimalis dan penataan ruang
Contoh Sketsa Denah Rumah Minimalis


Ruang lain yang wajib ada dan harus di judge oleh owner karena kebiasaan dan impianya, misal ada seorang istri yang punya hoby memasak, tentunya desain dapur tidak akan sama dengan yang tidak hoby memasak.

Jumlah lantai bangunan rumah, pertimbangan ini harus benar benar matang karena tanpa keinginan yang kuat dan didukung desain yang baik biasanya rumah minimalis berlantai lebih dari 2 sering sering nya menjadi kurang efektif. 


6. Menentukan Gaya Arsitektur Exterior Dan Interior

Gaya arsitektur atau model rumah ini juga berhubungan dengan selera masing masing. Jadi ada baiknya anda sebelum menemui arsitek sudah menentukan gaya arsitektur apa yang akan dipakai pada bagian luar rumah// exterior dan bagaimana desain interior rumah nantinya.

Yang harus diingat tadi adalah desain exterior rumah atau tampak depan rumah jangan sampai melanggar aturan yang berlaku.

Untuk Tampak depan rumah minimalis 2 lantai hal yang perlu kami sarankan adalah, ketika arsitek membuat desain tampak depan, sebaiknya pertimbangkan jarak antara rumah dan jalan, karena jika jarak antara rumah dan jalan terlalu dekat maka membutuhkan trik trik khusus agar rumah tetap terlihat dengan baik karena sudut mata yang terbatas.

tampak rumah minimalis industrial modern
Tampak rumah minimalis industrial

Gambar diatas adalah contoh tampak rumah minimalis dengan gaya industrial yang banyak menggunakan kaca sebagai dinding rumah.

Untuk Desain Interior rumah minimalis sebenarnya lebih bebas karena ini hanya soal selera, yang kami pesankan disini adalah hubungan antara desain interior dan denah rumah, ini harus benar benar dipikirkan dari awal, jangan sampai ukuran denah ruang pada rumah itu nantinya tidak dapat mencukupi keinginan anda tentang interior.

desain interior rumah minimalis industrial
Contoh Interior Rumah Minimalis


7. Menentukan Biaya dan Waktu

Dalam membangun rumah minimalis 2 lantai atau mungkin lebih seseorang sering sekali terkendala dengan faktor biaya, hal ini sebenarnya adalah karena ketidak tahuan owner tentang biaya pembangunan rumah minimalis. Dan akhirnya menyebabkan Pembangunan rumah menjadi mangkrak (istilah zaman Now) karena terbentur kurangnya biaya.

Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya owner dengan dana terbatas, mencoba mengira ngira terlebih dahulu berapa meter persegi rumahnya akan dibangun, barulah meminta arsitek untuk membuatkan desain rumah.

Buat anda yang bukan orang teknik mungkin agak susah yaah..
Tapi Tenang...kami akan bantu menjelaskan..

Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta Biaya Bangunan Rumah Minimalis adalah berkisar antara 3,5 jt meter persegi Luas bangunan.
Ingaat.. luas bangunan loh ya.. bukan luas tanah.

Jadi Misal anda hanya memiliki dana 350Jt dengan gampang anda tinggal membagi Uang anda tersebut dengan harga satuan pembangunan tadi (3,5jt/m2) dan didapatkan bangunan rumah minimalis 2 lantai yang bisa dibangun dengan dana itu maksimal 100 meter persegi.

Sampai sini sudah faham kan ya? cara menghitung luas bangunan dan komparasinya dengan harga pembangunan..

BACA 

Perlu dipertimbangkan juga jika anda memiliki tanah yang cukup luas bahwa terkadang biaya pengolahan halaman dan pagar bisa sangat besar karena volume pekerjaannya memang banyak.

Untuk waktu pelaksanaan pembangunan sebaiknya juga terukur, karena kapan rumah harus bisa siap dan ditempati anda sendiri lah yang seharusnya menentukannya. 

Dengan desain dan pemilihan bahan yang baik sebuah rumah bisa dipacu untuk lebih cepat dalam proses pembangunanya, sebaliknya jika desain dan pemilihan bahanya tidak baik maka mungkin akan menyebabkan pembangunan rumah menjadi tidak ringkas dan menyebabkan pemborosan biaya.


8. Memilih Arsitek atau Konsultan Perencana.

Tahapan ini sebenarnya sudah sering kami bahas tentang tips memilih arsitek agar proses membangun rumah dapat menjadi lebih sederhana dan tidak ribet.

Mungkin hanya akan kami jelaskan point utamanya saja disini, yaitu faktor kemampuan dan kecocokan akan menjadi modal dasar ketika anda memilih arsitek sebagai konsultan perencana rumah.

Kemampuan yang kita bicarakan disini adalah tentang  kemampuan komplexitas sebuah rumah yang tidak hanya tentang seni keindahan bangunan rumah, tetapi struktur dan mekanikal eletrikal sebuah rumah minimalis 3 lantai, dimana semuanya harus diramu dengan pas barulah anda bisa memdapatkan sebuah rumah rumah idaman.

Kecocokan atau mungkin chemistry antara owner dan arsitek juga sangat penting dimana ketika anda merasa cocok maka hubungan yang terjalian secara profesional dengan tujuan membuat desain rumah minimalis 3 lantai tadi akan terasa nyaman tidak hanya disisi owner tetapi juga bagi arsitek anda dia akan merasa senang sehingga aura hubungan yang baik ini akan sama sama menjadi penyemangat untuk memberikan yang terbaik.


9. Melakukan Evaluasi dan Koreksi Desain Arsitek

Tidak hanya berhenti dengan menunjuk seorang arsitek untuk membuat desain rumah minimalis yang anda idamkan. Dalam tahapan ini sebaiknya anda mempelajari secara seksama semua ukuran baik itu secara horizontal maupun secara vertikal pada desain rumah yang dibuat arsitek rumah minimalis tadi.

Jika anda bingung membaca gambar.. berusahalah...

Jika anda masih bingung juga.. Maka bertanyalah..

Pesan kami adalah jangan melewatkan satu sudut rumah pun tanpa anda mengerti, karena hal sepele pada gambar itu nantinya akan menjadi realitas ketika rumah sudah mulai dikerjakan.

Sedikit koreksi pada gambar tidak akan rugi terlalu besar, tetapi sebaliknya pekerjaan bongkar pasang ketika rumah telah mulai dibangun bisa menyebabkan bengkaknya biaya bangun rumah.

Desain Rumah Minimalis 2 lantai yang memiliki struktur dan grid yang pasti juga akan sangat sulit dirubah karena pekerjaan beton berat tidak akan segampang merubah atau menggeser dinding pada rumah minimalis 1 lantai.


Itulah tadi 9 Hal Wajib Dalam Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Atau Lebih, bahasan ini memang masih terbatas pada tahapan desain rumah atau perencanaan.

Masih ada tahapan pembangunan rumah yang juga membutuhkan pengetahuan yang cukup agar dapat terwujud sebuah rumah minimalis idaman anda.

 Mungkin setelah sekian panjang tulisan ini anda masih merasa kebingungan dalam membuat desain rumah, hal tersebut wajar.. karena memang semua ada fungsi dan tugasnya masing masing. 

Tujuan artikel ini adalah memberi pencerahan kepada anda agar paling tidak sedikit sedikit bisa merealisasikan keinginan anda walaupun tetap harus dibantu oleh seorang arsitek untuk membuat desain rumah minimalis.

Sekali lagi tetaplah berkonsultasi dengan arsitek untuk membuat desain rumah minimalis, karena (maaf) sebagian merasa membayar arsitek mahal sehingga melakukan semuanya sendiri.. dibeberapa kasus yang kami tangani ujungnya adalah penyesalan karena banyak dana terbuang percuma bahkan desain rumah yang tidak nyaman.

Untuk anda yang akan membangun rumah minimalis 2 lantai atau lebih di Jogja dan sekitar nya bisa menghubungi kami dan dengan semangat untuk mencari yang terbaik kami akan bantu anda sejak proses pembuatan desain rumah sampai dengan tahapan bangun rumah.

Untuk rumah minimalis 2 lantai lebih desain rumah pasti akan lebih komplek..mudah mudahan arstikel 9 Hal Wajib Dalam Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Atau Lebih ini dapat bermafaat untuk anda yang membacanya.












Related Posts

0 comments :

Posting Komentar