Cara Membangun Rumah Tahan Gempa Pada Rumah Minimalis

Hari ini kami akan membahas sedikit Cara Membangun Rumah Tahan Gempa Pada Rumah Minimalis,  baru saja terjadi memang, gempa lombok yang menjadi duka nasional walaupun tidak ditetapkan secara resmi oleh pemerintah. Dimana hal tersebut menjadi salah satu fokus para ahli yang bergerak dibidang kontruksi.

Banyak tenaga ahli yang diterjunkan melakukan assesment ke lombok untuk mencari tahu faktor penyebab kerusakan rumah dan bangunan. Salah satu nya memang adalah Gempa  yang terjadi berkali kali dimana gelombang atau getaran vertikal dan horizontal seolah olah memaksa struktur bangunan termasuk rumah untuk pecah ataupun retak.

rumah rusak karena gempa


Kalau kita lihat pada gambar diatas terlihat sekali bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh gempa masih bisa ditahan oleh struktur bangunan hal itu terlihat pada elemen elemen arsitektural saja yang rusak seperti dinding dan pintu jendela.

Pada saat terjadi gempa dilombok dan berdasarkan pengalaman gempa di jogja banyak sekali klien klien kami yang tadinya dengan santai menginginkan rumah dengan desain rumah minimalis modern ekstreem atau memiliki banyak konsep melayang menjadi agak khawatir dan kemudian bertanya ke kami tentang resiko sebuah desain rumah terhadap faktor kegempaan yang mungkin terjadi di jogja.

Bahkan tidak sedikit yang meminta untuk dirubah desainya agar mendapatkan bangunan rumah dengan style minimalis tapi tahan gempa, sampai sampai ada seorang klien yang tidak menghiraukan biaya pembangunan asal bisa benar benar maksimal kekuatan struktur bangunanya.

Ok, mari fokus ke cara membangun rumah tahan gempa terutama untuk rumah minimalis.

Banyak sekali syarat secara teknis dan study yang harus diterapkan dalam desain struktur sebuah rumah, cuma mungkin kami hanya akan membahas hal paling gampang dan bisa diaplikasikan secara mudah terutama buat anda yang bukan orang teknik.

Perhatikan poin poin dibawah ini ya..
  • Lakukan study tanah, hal ini adalah dasar sekali untuk seorang perencana membuat desain pondasi. Untuk bangunan 2 lantai biasanya melalui sondir dan bor melalui laboratorium mekanika tanah, jika anda membangun rumah minimalis 1 lantai anda bisa melakukan penelitian sendiri pada saat melaksanakan pekerjaan galian pondasi caranya adalah cari kedalaman tanah yang sudah cukup padat atau bagus dan disitulah harusnya anda meletakan pondasi nantinya.
  • Untuk rumah minimalis atau bangunan lainya jangan lupa membuat sloof (balok bawah) sebagai pengaku pertama bangunan. Dengan adanya sloof ini maka getaran gempa yang merambat melalui media tanah akan direm keatasnya karena rigiditas (kesatuan bangunan) nya.
  • Prinsip Strength Coloumn pada desain struktur lebih gampang diterapkan, bahasa sederhananya adalah buat kolom pada bangunan rumah minimalis anda lebih kuat dari pada elemen struktur struktur  lainya seperti balok dan lain lain.. karena selama kolom anda kokoh berdiri maka bangunan tidak akan roboh. caranya bagaimana kasih ekstra besi dan dimensi cornya plus jaga kualitas adukan betonnya.
  • Untuk meningkatkan kekakuan bata dengan struktur kami sarankan memberikan angkur setiap jarak 70cm ke kolom yang mengikatnya, syarat nya dinding rumah dengan luas maksimal 12m2 harus diberi kolom praktis dan balok pengikat, sehingga ketika terjadi gempa besar dinding rumah anda tidak langsung roboh, mungkin akan retak dan jika tidak langsung roboh hal tersebut mungkin akan menyelamatkan nyawa.
  • Berikan balok ring pengikat akhir pada setiap dinding bata yang anda bangun, pada rumah tinggal terkadang kami melihat kontraktor tidak memberikan balok ikat diakhir bata, hal ini sebenarnya salah besar, karena ketika gempa dan bangunan bergetar resonansi getaran pada ketinggian lebih tentunya akan lebih besar.
  • Untuk mendapatkan atap yang aman terhadap gempa sebenarnya agak sulit, jika anda memakai genteng dalam konndisi gempa tentunya akan sangat berantakan sekali dan ini memang resiko, salah satu cara agar atap genteng tidak langsung jatuh dan mengenai kita adalah dengan memberi lapisan berupa wiremest dan almunium foil sebelum reng.
rumah minimalis kena gempa rusak dan roboh

Itulah tadi cara membangun rumah minimalis tahan gempa yang dapat anda terapkan secara mudah.

Hal yang sederhana dapat menyelamatkan nyawa kita semua, dan kalau kami boleh saran disini janganlah selalu mengutama kan harga dalam membangun rumah minimalis, karena kualitas itu memang ada harganya, butuh bahan ekstra dan pengerjaan ekstra.

So sekali lagi kami sarankan jika anda ingin membangun rumah minimalis yang betul betul tahan gempa berkonsultasilah kepada arsitek dan kontraktor yang memang ahli dibidangnya, memang tidak ada yang bisa memprediksi dan menjamin semua itu...tetapi paling tidak kita sudah berusaha.

Oh iya satu lagi..

Jangan Pernah Browsing di google dengan kata kunci "Kontraktor Murah Jogja" atau "Jasa Kontraktor Murah" atau "Kontraktor rumah murah" karena biasanya murah itu menunjukan harga dan kualitasnya.. hehehe..semoga menginspirasi

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar