Rumah Minimalis 2017

Rumah Minimalis 2017

Pada artikel kami sebelumnya kami telah membahas tentang model rumah minimalis maupun desain rumah minimalis 2016-2017 , dimana pada tulisan tersebut kami sebagai arsitek telah mengemukakan beberapa pendapat kami tentang rumah minimalis dan trend pada tahun 2017.

untuk merefresh lagi bagaimana desain rumah atau model rumah yang menjadi trend pada 2017 ini maka pada kesempatan ini kita akan coba jabarkan lebih detil bahkan dari sangat mendasar tentang rumah minimalis.

rumah minimalis modern terbaru 2017

Mari kita lihat definisi dari rumah yang hakiki nya adalah merupakan gabungan antara elemen arsitektur dan struktur bangunan yang di desain oleh manusia dalam rangka melindungi penghuni nya dari suhu dan cuaca juga hal -hal yang membahayakan keselamatan.

Definisi Rumah diatas adalah hal mendasar yang harus dicukupi oleh seorang arsitek dalam membuat desain rumah minimalis.

Jika syarat dari rumah sebagaimana tersebut diatas tidak dapat dipenuhi maka sebenarnya arsitek ataupun kontraktor telah gagal dalam membuat desain atau membangun rumah yang layak.

desain rumah minimalis modern terbaru 2017

Berbicara lebih fokus kepada rumah minimalis, arsitek biasanya membuat desain rumah minimalis dengan bentuk dan konsep arsitektur rumah yang lebih sederhana karena kesederhanaan itu memanglah jiwa dan roh dari arsitektur rumah minimalis, termasuk bagaimana trend rumah yang kekinian pada tahun 2017 ini.

Beberapa hal yang tetap harus anda perhatikan dalam membuat desain rumah minimalis:

  • Luas tanah yang tersedia, sebelum menetapkan denah rumah arsitek melakukan pengukuran dan olah data sesuai keinginan dari pemilik, dari olah data tersebut mulailah dibuat sebuah floor plan atau biasa kita sebut dengan Denah Rumah. Denah rumah yang baik seharusnya mempunyai komposisi antara ruang terbuka dan bangunan dengan porsi yang cukup. Beberapa daerah sebenarnya memasukan ruang terbuka menjadi syarat dalam ijin mendirikan bangunan (IMB). dari pengalaman kami untuk luasan ruang terbuka minimal adalah 20% dari luas tanah, syukur syukur bisa lebih.
  • Jumlah Lantai Rumah Minimalis, Karena keterbatasan tanah yang dimiliki sering sekali desain rumah terpaksa dibuat tingkat atau berlantai lebih dari satu. Hal ini dilakukan dalam rangka mencukupi semua kebutuhan owner akan ruang. Kenapa Jumlah lantai menjadi hal yang penting untuk diperhatikan? alasannya adalah akan ada desain struktur yang berbeda dan komposisi distribusi cahaya yang harus dibuat lebih detil dalam desain rumah agar rumah tetap aman secara struktur dan sehat karena mendapat distribusi sinar dan angin yang baik sehingga tidak lembab.
  • Ketahanan Bahan bangunan terhadap cuaca dan Desain Tampak Rumah yang aman di daerah tropis, Beberapa bahan bangunan yang digunakan diluar negeri sebenarnya tidak terlalu cocok jika diaplikasikan di Indonesia yang notabene memiliki iklim tropis. Jadi arsitek harus lebih detil dalam memilih bahan untuk finishing rumah juga konsep desain tampak rumah agar semuanya aman. Misalkan untuk kayu, di Indonesia jika digunakan untuk eksterior maka tidak bisa diberlakukan tanpa pelindung dari hujan dan panas karena umurnya tidak panjang dan pasti rusak.  
  • Gedung atau Bangunan Disekitar batas tanah, jika anda memiliki tanah dan diapit 2 gedung tinggi tentunya akan berbeda desain rumah minimalis tersebut dengan tanah yang hanya diapit oleh tanah kosong atau rumah 1 lantai, Arsitek harus memperhitungkan detil desain agar rumah tetap terang dan memiliki sirkulasi udara yang baik karena fakta ada 2 gedung tinggi yang mengapit rumah minimalis yang didesainya.
  • Lebar jalan didepan rumah, semakin lebar jalan didepan rumah sebenarnya semakin gampang untuk membuat desain rumah minimalis menjadi lebih menarik, hal ini dipengaruhi karena sudut pandangan mata untuk melihat tampak rumah juga menjadi lebar sehingga rumah dapat terlihat secara utuh. Pertimbangan lain adalah desain fasade / tampak rumah harus disesuaikan dengan lebar jalan, baik batas bangunan dan elemen penghias arsitektural, sederhananya gini, jika di gang sempit dan posisi rumah menjorok maju, biasanya atap tidak akan bisa terlihat, jadi.. pada kasus ini akan sia sia jika membuat desain atap rumah yang neko neko, karena hanya akan membuang biaya tetapi tidak bisa dinikmati (terlihat) , pada kasus ini sebaik nya percantiklah dinding depan rumah karena dinding tersebut yang akan terlihat secara utuh.
  •  Hal Lain  tentang pertimbangan membuat desain rumah minimalis akan kami sambung pada artikel Berikut .............................
Beberapa orang menganggap gampang desain rumah, sebenarnya banyak kerumitan didalamnya, sesederhana apapun desain rumah jika dibuat dengan pertimbangkan dengan matang maka akan terwujud sebuah rumah minimalis yang nyaman dan sehat. Jadi Jangan Pernah membangun rumah tanpa berkonsultasi dengan Arsitek karena ada resiko yang mungkin akan anda sesali nantinya.

Jika anda bingung untuk membangun rumah minimalis di Yogyakarta, silahkan menghubungi kami untuk pelayanan Jasa arsitek & kontraktor Rumah minimalis, dengan sumberdaya dan pengalaman kami dalam membangun rumah minimalis, pada tahun 2017 ini  kami siap dan akan mewujudkan semua keinginan anda tentang rumah minimalis modern dengan gaya arsitektur kekinian tahun 2017.  






Related Posts

1 comments

  1. artikel rumah minimalis yg baggus, thank u

    BalasHapus