Rumah Minimalis Modern Sentuhan Desain Kayu

desain rumah minimalis modern

Rumah Minimalis Modern Sentuhan Desain Kayu

Rumah minimalis modern dengan desain mempunyai sentuhan bahan bahan berwarna natural seperti kayu, batu dan material alam lainya biasanya memberikan kesan lebih hommy jika diterapkan pada desain sebuah rumah.hal ini karena instink manusia yang memang pada dasarnya menyukai alam akan merasa lebih tenang ketika mata menatap warna warna alam tersebut. Jenis bahan bangunan alam tadi bisa di pakai pada desain tampak depan dan ekterior rumah minimalis modern antara lain diterapkan pada dinding rumah sebagai tekstur yang memberikan warna terhadap dinding atau pada elemen bangunan lainya seperti plafond, lantai dan lain lain.

Rumah idaman setiap orang memang belum tentu sama satu sama lain, ada yang menyukai rumah minimalis modern yang terlihat lebih futuristik dengan desain dan bahan bangunan yang super duper modern tetapi disisi lain ada juga yang menyukai desain rumah minimalis yang lebih ke alam dengan tampak yang memiliki unsur unsur alam sebagai pemanis dari tampilan rumah. Desain rumah minimalis modern sejatinya tidak hanya pada bahan yang digunakan tetapi lebih dari desain bentuk rumah yang menjadi kanvas bagi seorang arsitek dalam menggunakan bahan bahan unik sebagai finishing akhir bangunan yang di desainya.

Kalau kita berbicara lebih jauh tentang bagaimana karakter rumah minimalis modern dibentuk atau dijadikan ada beberapa faktor yang memang mendasari karakter tersebut dan salah satunya yang akan kita fokuskan pada artikel ini adalah tentang pengaruh kayu yang membuat image rumah menjadi sebuah desain yang artistik.

Sentuhan kayu di setiap desain eksterior rumah minimalis modern yang dibangun di Indonesia haruslah mempertimbangkan faktor keawetan dari bahan yang kita gunakan tadi, yaitu kayu, yang notabene adalah bahan yang tidak tahan terhadap cuaca panas dan hujan sehingga sangat riskan untuk rusak dan berubah baik bentuk maupun warna. Jika anda menginginkan desain menggunakan kayu dan menyukai tekstur kayu sebagai penghias tampak rumah maka kami sarankan untuk lebih teliti baik pada saat membuat desain maupun pada saat pelaksanaan pembangunan rumah. Beberapa desain rumah minimalis yang telah kami buat untuk klien di jogja maupun diluar  DI Yogyakarta, keawetan inilah yang selalu menjadi bahasan yang cukup mendalam ketika gambar rumah yang kami desain tersebut diajukan kepada owner.

Dengan desain rumah yang menggunakan kayu pada bagian tampak depan arsitek haruslah membuat pelindung dari hujan dan ada baiknya jika bahan kayu tadi diberi lapisan finishing yang tahan air sehingga umur dari kayu tadi akan lebih panjang dan awet.

rumah minimalis lantai kayu


Pada penerapanya dilapangan, desain rumah dengan sentuhan kayu pada desain interior juga sering diaplikasikan pada bahan untuk lantai, di Indonesia kita mengenal lantai parkit yang memang sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif pelapis lantai. Selain parkit saat ini juga banyak bahan bangunan modern yang bisa kita gunakan untuk pelapis lantai seperti vinyl, atau laminated floor yang sudah difinish halus dan memiliki ketahanan lebih terhadap air atau kelembaban. Pemilihan lantai bernuansa kayu bisa juga kita buat dari bahan keramik yang memang telah didesain memiliki tekstur yang sangat mirip dengan kayu, cuma yang perlu diperhatikan adalah bagaimana teknik pemasangan lantai granit atau keramik dengan motif kayu tadi agar terlihat lebih alami dan menyerupai kayu sungguhan. Dibeberapa rumah kami sering menemui pemasangan lantai keramik dengan motif kayu tetapi diperlakukan seperti keramik biasa sehingga menyebabkan lantai rumah menjadi tanggung antara keramik dan kayu, yang lebih tidak enak lagi adalah terlihat nat nat khas lantai keramik yang sangat mengganggu mata.

Rumah dengan lantai kayu atau parkit memang memiliki threatment tersendiri dalam perawatanya, dimana bahan tersebut memang tidak bisa di pel seperti lantai keramik atau granit, melainkan hanya di lap dengan lap semi basah untuk menghilangkan debu saja, dan untuk menjaga agar lapisan melamin atau pelapis parkit tetap utuh sebaiknya juga dilap menggunakan bahan pelapis seperti lemon pledge dan sejenisnya yang memang biasa digunakan untuk menjaga keawetan cat dan finishing finishing lainya.

Masih tentang desain rumah minimalis modern, walaupun bahan lantai anda dari kayu sebenarnya masih sangat bisa divariasikan dengan bahan modern seperti kaca temper dengan ketebalan tertentu dan digunakan sebagai railling balkon, perpaduan ini akan memberikan kesan lebih modern kepada tampilan rumah anda. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kaca dan perletakan kaca sebaiknya dipilih dan diteliti sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal dalam desain sebuah rumah, karena jika salah dalam desain dan pemilihan bahanya maka yang anda dapatkan akan tidak sesuai dan menjadi rancu ketika dipandang.

interior rumah minimalis modern

   
Rumah minimalis modern  sentuhan desain menggunakan kayu sebaiknya juga dikombinasi dengan warna warna cat yang lebih netral seperti putih dan hitam, hal ini karena warna yang memiliki karakter kuat seperti merah dan sejenisnya, jika kita aplikasikan bersamaan dengan warna kayu akan membuat sentuhan kayu tadi akan kalah dan menjadi kurang dominan, hal tersebut akan menyebabkan kurang terasanya efek bahan alam tadi pada desain rumah yang mungkin kita bangun.

Dari sisi interior, sebuah rumah minimalis modern haruslah di desain selaras dengan tema rumah , dan jika anda bukanlah seorang arsitek.. sebaiknya bertanyalah dan banyak melihat contoh desain interior rumah, karena pemilihan interior dan konsep desain interior yang tepat akan membuat rumah akan berkali kali lebih nyaman dan terlihat lebih mewah ketimbang tidak ditata dengan benar. Contoh gambar rumah minimalis modern diatas adalah sebuah rumah yang memang desain interiornya dibuat memiliki tema secara arsitektur. Dapat anda lihat bahwa lantai kayu yang memang dominan sebagai colouring rumah dipadukan dengan warna cat dinding berwarna putih dan kemudian arsitek juga menambahkan meja dan kursi dari warna warna tersebut. Begitu juga dengan desain railling balkon yang dibuat dari bahan kaca, dibuat oleh arsitek dengan konsep yang sangat sederhana yaitu railling frameless dengan menggunakan pin pada bagian bawahnya telah membuat rumah minimalis ini menjadi modern tetapi tetap alami atau natural.

taman samping rumah minimalis

Rumah minimalis modern akan lebih nyaman ketika memiliki sisi lain selain tampak depan seperti bagian samping atau bagian belakang yang terbuka, dalam pemanfaatnya sisa tanah dapat dimanfaatkan sebagai taman samping atau belakang rumah. Fungsi utama dari taman samping atau belakang rumah adalah selain sebagai area untuk menarik cahaya dan hawa alami sering juga dimanfaatkan sebagai area untuk membangun fasilitas pelengkap rumah seperti area santai dan berkumpul keluarga. Dibeberapa desain rumah minimalis yang telah kami buat kami juga memanfaatkan halaman sebagai teras santai yang dilengkapi dengan kolam renang yang dapat digunakan oleh seluruh keluarga untuk berenang sebagai olahraga keluarga ketika sedang berkumpul.

Pemberian unsur air seperti kolam renang atau pun kolam ikan pada desain rumah minimalis akan memberikan efek ketenangan lebih terhadap penghuni rumah itu nantinya, bahkan kolam renang yang didesain sebagai aksen saja (karena luas tanah tidak cukup) terbukti membawa perasaan lebih terhadap kenyamanan rumah.


Taman rumah yang dirawat secara baik dengan alas rumput sebagai penutup tanah akan memberikan keindahan dan memiliki efek yang positif bagi kesehatan karena seperti kita ketahui bahwa vegetasi dan tanaman akan menyerap CO2 yang kurang baik bagi kesehatan manusia dan mengeluarkan O2 pada saat mereka berfotosintesis dan respirasi.

Desain rumah minimalis modern dengan sentuhan kayu tadi jika kita tarik keluar rumah bisa diterapkan pada bagian teras santai yang dijadikan grill grill dan bisa juga dipakaikan pada bagian lantai dengan menggunakan warna yang lebih alami agar menyatu dengan desain taman yang memang berada diluar rumah.

Masih banyak desain contoh gambar foto dan cerita tentang rumah minimalis modern pada web ini, silahkan membuka artikel lain yang terkait dengan desain rumah minimalis yang telah kami buat, Sentuhan  Desain Rumah Minimalis Modern tidak selalu menggunakan Kayu dan bahkan bahan kayupun dapat diganti dengan bahan modern yang bisa menjadi alternatif pilihan ketika anda membangun dan mendesain sebuah rumah.

Semoga Menginpirasi 




Related Posts

6 comments :

  1. Om, saya mau bangun rumah di daerah maguwoharjo sleman, mohon info jika saya ingin memakai jasa matakonstruksi sebagai arsitek dan pemborongnya, rani

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jasa arsitek dan kontraktor rumah tinggal Silahkan cek di http://www.matakonstruksi.com/p/layanan.html
      Atau hubungi kami via phone ibu rani...
      Makasih

      Hapus
    2. untuk jasa arsitek dan kontraktor rumah tinggal Silahkan cek di http://www.matakonstruksi.com/p/layanan.html
      Atau hubungi kami via phone ibu rani...
      Makasih

      Hapus
  2. Rumahnya keren, model rumah minimalis yg gak kliatan atapnya kek gini memang bikin hati ser seran ..hahaha

    BalasHapus
  3. Desain rumah minimalis yang keren, modern banget rumah mewah nya

    BalasHapus
  4. sy suka rumah kalo banyak warna kayu nya gini, adeem

    BalasHapus