Desain Rumah Modern Minimalis


Desain rumah modern minimalis

Desain Rumah Modern Minimalis

Desain rumah modern minimalis ini adalah sebuah desain yang kami buat untuk seorang klien di D.I Yogyakarta atau tepatnya di Maguoharjo  Sleman.

Desain rumah yang diinginkan pemilik adalah bergaya arsitektural modern minimalis..begitu katanya ketika pertama kali ketemu (sambil senyum-senyum)

Sebut saja mbak ima namanya.. orangnya cute lo :D
Sebagai seseorang yang waktu itu meminta kami untuk dibuatkan desain rumah sekaligus pembangunannya kepada kami. 

Hal pertama yang terpikir oleh kami pada saat melakukan survey lokasi adalah kondisi kontur tanah yang berupa cekungan dan memiliki sudut yang tidak persegi akan sedikit menyulitkan dalam membuat desain rumah karena tanah dengan luasan kurang lebih 156 m2 ini dan berada dipinggir sungai yang menurut peraturan perijinan dalam pembuatan IMB sejauh 3m dari bibir sungai tidak boleh dimanfaatkan sebagai bangunan.

Desain denah rumah pertama kali dimunculkan oleh pemilik dalam corat coret sebuah kertas yang di foto dan di whattapkan kepada kami.

Doi bercerita menginginkan sebuah rumah minimalis modern yang tidak terlalu besar tetapi dapat terlihat cantik, minimalis dan modern dalam tampilan, juga nyaman pada semua system dan alur yang ada pada rumah itu nantinya.

Kalo mengingat-ingat desain awal yang dibuat oleh ibu satu anak ini sebenarnya ada beberapa poin yang memang sudah bagus, tetapi sayangnya konsep denah yang dibuatnya tidak begitu efektif, sehingga akhirnya kami membuat sebuah konsep yang lebih ideal pada denah rumah, memang sih.. gak langsung disetujui.. tapi syukurnya setelah beberapa konsep denah yang kami buat akhirnya mbak Ima pun menyetujui denah yang kami buat.

Kalau anda perhatikan dari gambar desain rumah diatas terlihat sekali ada sebuah taman yang porsinya cukup besar berada disamping rumah, katanya sih.. dia pengen sebuah rumah yang terlihat hijau dengan adanya taman di rumah sehingga anak-anak dapat bermain dengan nyaman.

rumah modern minimalis

Untuk desain tampak depan rumah sebagai arsitek kami sebenarnya agak sulit karena keadan enterance dari rumah berada disisi lain dari arah jalan komplek perumahan. atau dengan kata lain enterance rumah ini berada setelah kita melewati rumah, dijawa dikenal dengan istilah ngiwo.

Pada lantai 2 rumah modern minimalis ini kami buat sebuah frame yang cukup besar dan menghadap arah jalan perumahan untuk membalas kesan ngiwo tadi.

Dan agar struktur tidak terlalu berat kami berikan jendela berupa kaca sudut pada daerah kantilever lantai 2 yang sebenarnya digunakan sebagai kamar tidur.

Dan karena pemilik tidak menginginkan teras menghadap ke depan maka kami membuat desain jendela pada sisi lain dari tampak rumah minimalis ini agar pemilik masih dapat melihat kesisi depan rumah jika sedang dibuthkan. 

Desain Tampak Rumah Modern Minimalis ini sebenarnya berawal dari ide pemilik yang waktu itu memberikan beberapa contoh gambar rumah yang diinginkanya..

Termasuk pemberian batu alam pada desain tampak depan rumah inipun diminta oleh pemilik agar menggunakan jenis batu alam dengan warna cream agar rumah terlihat lebih terang dan bersih.

Dinding bergaris pada desain rumah modern minimalis ini juga diminta untuk ditambahkan oleh pemilik karena dia suka dengan gaya arsitektur indies klasik yang banyak terdapat pada rumah-rumah di yogyakarta.
 
rumah modern

Karena sisi yang berbatasan dengan sungai tadi tidak diperbolehkan digunakan sebagai bangunan maka kami mendesain area itu sebagai Carport pada bagian depan dengan hanya menggunakan atap sederhana berupa polycarbonat yang digabungkan dengan rangka hollow.

Posisi teras lantai 2 yang menghadap taman rumah dan sungai atau kalo lebih jauh lagi sebenarnya teras lantai 2 itu bisa memandang ke area persawahan diseberang perumahan sangat asyik sekali karena akan memberikan perasaan luas dan bebas pada pemilik nantinya.

Pintu lebar dengan sistem rel lipat juga dipasang pada area yang menghadap taman rumah, hal ini kami desain agar pemilik merasa taman dan rumah menjadi satu karena ada efek transparant pada kaca, selain itu dengan desain pintu rel dorong lipat, sewaktu-waktu pemilik dapat membuka penuh ruangan dan ruang tengah rumah ini akan menyatu dengan taman disebelahnya. 

Desain Rumah Modern Minimalis ini kurang lebih 140m2 terdiri dari 3 kamar tidur dan fasilitas standar lain seperti ruang tamu, dapur, ruang keluarga, loundry room dan kamar mandi/WC.

Itu dulu ya.. cerita kita hari ini.. kapan-kapan kita sambung lagi..
BTW buat yang mau bangun rumah modern ataupun rumah minimalis.. jangan lupa call kami ya..
Gambarnya Gratis kok.. so buruan ya..

Semoga Bermanfaat

Prime Architect : Rahmat H, ST
Drafting by        : Tiar Kamajaya



Related Posts

0 comments :

Posting Komentar