Cat Rumah Minimalis

Cat Rumah Minimalis

Cat rumah minimalis adalah salah satu hal penting dalam memperkuat sebuah desain rumah minimalis. Penggunaan cat pada rumah minimalis merupakan bagian dari finishing rumah dimana jika di aplikasikan berbeda dapat membuat tampak dari rumah minimalis akan terlihat berbeda karena pemilihan warna berbeda akan menghasilkan karakter berbeda pula.

Rumah minimalis bisa kita buat ceria atau anggun atau apa saja caranya dengan memilih warna cat rumah yang mencerminkan hal-hal atau karakter warna dari cat rumah minimalis itu sendiri dengan bahasa lebay kalau saya boleh katakan " warna cat rumah adalah sesuatu". 



Cat rumah minimalis sekarang ini sangat banyak baik varian maupun merk nya dan beredar dipasaran baik jenis ready maupun khusus atau mix, sehingga banyak orang bereksperimen dalam memilih warna cat rumah minimalis dari toko cat. Katalog warna cat rumah minimalis pun bisa anda buat sesuai dengan gradasi atau rumpun warna kesukaan masing-masing.

car rumah minimalis

Berikut adalah beberapa hal untuk membantu anda dalam memilih warna atau melaksanakan cat rumah minimalis:
Cat rumah Minimalis untuk Exterior :
  1. Pilihlah cat dinding/ tembok emultions khusus digunakan untuk exterior atau luar bangunan, karena jika anda menggunakan cat rumah non exterior kemungkinan umur cat tidak akan bertahan lama. 
  2. Perhatikan kekeringan permukaan atau dinding karena jika masih terlalu banyak kadar air maka cat tidak akan menempel dengan sempurna. Untuk Mengetahui kekeringan dinding ini gampang-gampang susah jika dilakukan secara manual, anda dapat menelitinya menggunakan tissue pada pagi hari saat matahari belum bersinar, caranya adalah dengan menempelkan tissue atau kapas pada malam hari sampai pagi menjelang kemudian diperhatikan dengan mata dan sentuhan tangan dan jika ada uap maka tissue tadi akan terlihat lebih lembab. 
  3. Beberapa katalog warna merk cat realnya berbeda dengan kenyataanya, maka dari itu sebaiknya sebelum meratakan dinding rumah minimalis anda dengan warna cat tertentu alangkah bijak jika  melakukan uji coba pada permukaan sempit/kecil terlebih dahulu agar tidak menyesal atau harus mengulang lagi jika ternyata warna cat rumah pilihanan anda memiliki hasil kurang memuaskan.
  4. Khusus cat rumah minimalis untuk exterior ini kami sarankan menggunakan cat dasar khusus exterior sejenis alkali, agar bisa mendapatkan hasil warna dan keawetan cat lebih maksimal.
  5. Untuk Pemilihan warna pada cat rumah minimalis sesuaikan dengan selera anda masing-masing dan jangan lupa berkonsultasi dengan arsitek untuk mendapatkan kombinasi terbaik pada cat rumah minimalis anda.
  6. Sekedar Saran, jika anda menyukai warna cat rumah minimalis agar lebih interaktif kami sarankan memilih minimal 3 warna untuk cat exterior rumah minimalis.
  7. Jangan melakukan pengecatan pada saat mendung karena jika seandainya turun hujan maka pekerjaan tadi akan sia-sia, atau dengan kata lain kurang maksimal.
  8. Khusus bagian Rumah seperti dinding batas dan bagian atasnya tidak ada tritisan sebaiknya menggunakan cat dengan bahan dasar water proof, untuk menghindari rembes pada dinding, atau dengan kata lain anda bisa menggunakan cat rumah minimalis setelah di dasari menggunakan waterproof.
  9. Cat Rumah minimalis untuk elemen bangunan lain seperti Listplank atau genteng sebaiknya menyesuaikan dengan bahan atau material dari obyek  pengecatan, contohnya jika anda memakai listplank dari bahan GRC atau Kalsiboard sebaiknya jangan menggunakan cat rumah dengan bahan dasar minyak karena lisplank jenis ini lebih cocok jika anda menggunakan cat rumah dengan bahan dasar air.
  10. Jika anda menggunakan cat pada genteng rumah minimalis gunakanlah jenis cat khusus genteng karena agar fungsi dan keindahan dari cat tersebut dapat terlihat lebih nyata. jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu permukaan genteng sebelum dilakukan pengecatan. karena bahan genteng beton atau tanah liat mudah sekali terserang lumut atau jamur sebaiknya sebelum pengecatan genteng dicelup pada cairan tertentu agar mematikan bibit jamur tadi seperti fungisida atau bahan kimia lain yang terbukti dapat menghambat atau mengurangi kecepatan tumbuhnya jamur, sehingga cat genteng pada rumah minimalis anda dapat lebih awet.
  11. Elemen penting lain dari rumah minimalis adalah jika anda menggunakan kayu, dimana bahan kayu tadi terkena efek panas matahari secara langsung, untuk mengatasi pengaruh cuaca terhadap keindahan warna cat rumah minimalis anda, maka sebaiknya  gunakan bahan finishing kayu dengan spesifikasi untuk diluar bangunan.
  12. Jika pada rumah minimalis anda bangun terdapat batu alam tempel sebagai konsep finishing dari desain rumah, maka berilah coating pada permukaan batu alam tadi agar tidak cepat berlumut dan bisa mempertahankan keindahan warnanya.
Itulah tadi beberapa hal wajib anda lakukan ketika akan memilih atau melaksanakan pekerjaan cat exterior pada rumah minimalis.

Secara sederhana pekerjaan cat rumah minimalis pada bagian exterior rumah dapat kita artikan sebagai wajah dari rumah minimalis itu sendiri, jadi sedikit berhati-hati dalam pemilihan warna cat rumah , merk dan juga tenaga kerja adalah lebih baik untuk dilakukan dan hasil dari ketelitian anda itu nanti akan anda nikmati terus nantinya ketika menatap rumah setiap anda pulang dan melihatnya dari luar rumah.

Sebenarnya masih banyak hal atau poin untuk dapat anda lakukan untuk mendapatkan cat rumah minimalis agar lebih maksimal terutama teknik -teknik khusus untuk cat exterior rumah minimalis.

cat rumah minimalis

Mungkin sebelum masuk ke fokus bagaimana untuk membuat atau melaksanakan pekerjaan cat interior rumah dengan gaya minimalis, kita batasi dulu bahasan kita dengan definisi interior rumah itu sendiri.


Interior rumah disini adalah semua elemen bangunan dari rumah minimalis dengan posisi berada di dalam tembok atau dinding rumah dan juga termasuk elemen bangunan letaknya berada dibawah atap.

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal untuk anda perhatikan dalam melakukan atau melaksanakan pekerjaan cat pada interior rumah minimalis.

Cat Rumah Minimalis Untuk Interior:
  1. Pastikan tingkat kekeringan tembok pada bagian akan anda cat terlebih dahulu. Untuk anda jika menggunakan jasa konsultan marketing cat rumah merk tertentu biasanya bisa menggunakan alat dan gratis.
  2. Pilihlah warna cat sesuai selera anda dengan mempertimbangkan warna furniture anda nantinya dan warna lantai pilihan anda ketika proses desain rumah minimalis.
  3. Gunakan warna cat rumah warna muda pada area sedikit menerima sinar dan pilihlah warna redup pada tembok atau dinding yang masih bisa menerima secara langsung sinar matahari.
  4. Amplas permukaan tembok agar lebih halus (bisa dilakukan manual atau menggunakan mesin amplas khusus) dan kemudian plamir permukaan dinding menggunakan cat dasar yang dicampur dengan semen putih atau kalsium, dua hal tersebut diterapkan sebelum proses pekerjaan cat rumah minimalis untuk interior ini dilaksanakan.
  5. Teknik penyampaian air cat pada dinding bisa bermacam-macam dan jika anda menggunakan kuas maka untuk pekerjaan cat rumah minimalis anda, sebaiknya memilih kuas yang memiliki kualitas yang baik (mahalan dikit) karena sering sekali kami temukan kuas yang kualitasnya rendah sehingga bulu-bulu kuas gampang rontok dan akhirnya menempel pada cat rumah yang menyebabkan pekerjaan cat tidak terlihat bersih, selain itu teknik penyampaian kuas saling berlawanan dan berbalas juga penting untuk membuat rata pekerjaan cat rumah minimalis anda.  
  6. Jika anda menggunakan roll untuk menyampaikan cairan cat, maka gunakanlah roll dengan bahan busa halus dan jangan merasa sayang untuk mengganti nya jika terlihat permukaan roll tadi mulai rusak, karena pekerjaan cat rumah akan sia-sia jika hasilnya tidak halus akibat alat untuk menyampaikanya terkelupas atau kurang sempurna.
  7. Khusus untuk kamar mandi tanpa dikeramik keseluruhan dindingnya, kami sarankan untuk tetap menggunakan cat dengan spesifikasi tahan terhadap kelembaban, dan untuk tembok dibalik kamar mandi sebaiknya cat rumah minimalis di dasari dengan waterproof untuk mencegah terkelupasnya cat karena dorongan kadar kelembaban dari sisi dalam kamar mandi. 
  8. Cat interior rumah minimalis ketika berhubungan dengan keramik dinding sebaiknya diberi batas tegas agar kesan warna dari masing-masing elemen dapat lebih menonjol, contohnya adalah dengan memberi tali air atau list profil dengan warna yang berbeda sehingga batas warna cat rumah dan keramik pada dinding akan terlihat menonjol. 
  9. Terkait dengan beberapa arsitek yang membuat plafond menempel pada usuk rumah atau plafond yang jaraknya sangat dekat dengan genteng/ atap rumah, kami sarankan untuk menggunakan cat rumah dengan kualitas menengah karena berdasar pengalaman kami bagian yang mendapat panas lebih ini akan lebih getas nantinya sehingga gampang tekelupas, belum lagi jika kita menimbang posisi plafond yang cukup tinggi nantinya akan terlalu merepotkan jika harus bolak balik di lakukan pekerjaan pengecatan. 
Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda lakukan sebelum memilih atau melaksanakan peekerjaan cat interior rumah minimalis.

Pemilihan warna dan merk cat untuk interior lebih baik jika anda lakukan bersama arsitek perancang desain rumah minimalis tersebut, hal ini bertujuan agar semua ide dari arsitek tadi dapat tertuang dengan sempurna pada saat pelaksanaan pembangunan rumah minimalis anda.

Khusus untuk bagian tembok atau dinding interior jika nantinya dipasang wallpaper maka sebaiknya jangan diberi cat, dengan tujuan agar lem dapat menempel kuat pada dinding langsung. Cat Rumah Minimalis yang bersentuhan langsung dengan wallpaper juga sebaiknya dibuat serata mungkin agar hubungan antara wallpaper dan cat rumah terlihat bagus. dan jika anda menggunakan warna-warna ektreem pada cat rumah minimalis kami sarankan untuk memutus atau menegaskan antara wallpaper dan cat rumah dengan menempatkan sambungan pada suatu sudut atau dibatasi dengan list atau tali air.



Cat rumah minimalis dengan gradasi warna muda biasanya akan terlihat lebih kalem atau lembut jika dibandingkan dengan gradasi warna warna dengan jenis menyebrang dari rumpun warnanya, Contohnya jika anda ingin menggabungkan warna cream dengan warna serumpun maka anda bisa memilih warna coklat muda atau coklat tua sebagai gradasi pilihan warna cat, sedangkan jika anda menyukai warna cat jenisnya lebih interaktif anda bisa memilih warna cat seperti orange atau hijau terang untuk dikombinasikan dengan warna cream tadi.

Sekali lagi cat rumah minimalis atau kalau lebih detil lagi warna cat rumah, sebenarnya tidak ada pakem atau aturan secara teknik untuk betul-betul bisa membatasi pemilihan warna cat rumah, hal ini karena setiap orang belum tentu memilki kesukaan atau warna favorit sejenis, belum lagi radikalitas dari pribadi masing-masing, terkadang faktor umur atau kedewasaan dari pemilik rumah juga menentukan pemilihan warna dari cat rumah minimalis . Semakin dewasa seseorang biasanya akan semakin kalem atau soft warna pilihannya.    

Cat Rumah Minimalis tidak selalu harus penuh dengan warna mencolok, anda bisa melihat beberapa contoh warna Cat Rumah Minimalis pada setiap posting kami di web ini, memang tidak tidak secara gamblang kami judulkan dengan cat rumah minimalis, silahkan search pada web ini dengan kata kunci rumah minimalis atau mungkin interior, kemudian buka posting atau artikel artikel tersebut.

>>>>Baca juga Warna Cat dan Desain Interior Rumah Minimalis


  


Related Posts

2 comments :

  1. bos, mau tanya, kalo rumah minimalis sekarang tu kan banyak yang tidak kelihatan atapnya atau atap didalam , nah itu kan dinding pasti terkena panas dan hujan, bagaimana caranya agar dinding itu tetap awet warna catnya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak Rudy, untuk desain rumah minimalis yang tanpa tritisan memang sangat riskan terhadap panas dan hujan, padda setiap proyek yang kami kerjakan kami selalu menganjurkan untuk memakai jenis cat wheathershield, karena polimer dari jenis cat dinding/ temboknya memang didesain untuk terdedah dengan panas dan hujan.
      Beberapa trik lain adalah tentunya dengan membuat desain yang memiliki topi atau tritisan agar dinding lebih awet. dan untuk dinding batas yang tidak diutamakan untuk dilihat sebagai tampak rumah...dibeberapa kasus kami menggunakan cat genteng dengan warna yang baik untuk memberi ketahanan terhadap air agar dinding tidak mudah rembes. semoga penjelasan sederhana ini dapat membantu :)

      Hapus