Taman Rumah

shares

taman rumah minimalis

Taman Rumah

Taman rumah adalah taman yang digunakan pada desain arsitektur sebuah rumah, biasanya diisi dengan vegetasi atau tanaman yang sesuai dengan desain rumah yang bersangkutan.

Taman rumah memiliki beberapa unsur yang harus dicukupi dan disesuaikan dalam membuat desain taman itu sendiri, misalnya adalah :

  1. Taman Rumah harus sesuai dengan konsep arsitektur dari rumah utama, misalnya adalah taman rumah minimalis tentunya idealnya juga menggunakan konsep sebagai taman rumah minimalis. contoh pada gambar diatas adalah taman dengan konsep kontemporer dan seperti dapat anda lihat taman pada rumah diatas juga menggunakan konsep kontemporer sesuai desain rumah nya.
  2. Taman Rumah haruslah mempertimbangkan luasan lahan yang akan di desain, misalnya adalah ketika kita hanya memiliki lahan yang tidak luas maka desain vegetasi sebisa mungkin jangan sampai menutupi atau membuat luasan yang sudah kecil tadi terasa lebih sempit lagi.
  3. Taman Rumah juga harus mempertimbangkan kepentingan maintenance atau perawatan nantinya, misalnya ketika kita memutuskan untuk membuat desain taman rumah kering atau tidak berlantai tanah maka sebaiknya perhitungkan spot yang baik untuk area dengan perkerasan dan area mana yang berlantai tanah pada taman rumah yang akan anda buat.
  4. Taman Rumah yang mempertimbangkan sudut matahari akan berpengaruh kepada kesehatan tanaman, dan untuk memfasilitasi poin ini sebaiknya arsitek mencari sudut yang bisa mendapat sinar matahari lebih banyak karena hal ini akan membantu tanaman untuk bisa berfotosintesis dengan baik.
  5. Taman Rumah juga sebaiknya diberi lighting yang baik agar dapat dinikamati pada malam hari.
Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa menjadi pertimbangan ketika kita membuat desain taman sebagai pelengkap landscape dari sebuah rumah. Dari ke lima hal diatas jika seorang arsitek melakukanya dengan baik biasanya sudah bisa terwujud sebuah taman rumah yang cukup nyaman dan cantik. 


taman rumah minimalis

Taman Belakang Rumah

Taman Belakang Rumah adalah taman yang berada dibagian belakang rumah yang biasanya lebih digunakan untuk area santai keluarga. Taman belakang rumah sebenarnya tidak harus besar luasnya dan anda dapat memodifikasi luasan kecil dari belakang rumah untuk dijadikan taman belakang rumah.

Taman Belakang Rumah juga sebaiknya di desain sesuai point seperti yang telah saya sebutkan di atas. mungkin perlu saya tegaskan disini bahwa taman rumah tidak hanya vegetasi dan tatanan horizontal saja tetapi anda juga bisa berkreasi pada unsur bangunan vertikal seperti dinding atau pagar dari desain rumah yang anda miliki untuk dijadikan taman belakang rumah.

Taman Belakang Rumah yang difungsikan sebagai area santai atau berkumpul keluarga sebaiknya diberi fasilitas atau furniture untuk bersantai seperti meja dan kursi, jadi jika suatu saat keluarga ingin bersantai pada taman belakang rumah maka fasilitas untuk kegiatan santai tadi tidak perlu lagi anda siapkan bahkan dapat anda gunakan setiap saat ketika anda ingin bersantai di taman belakang rumah

Taman belakang rumah minimalis

Taman Depan Rumah

Taman Depan Rumah adalah taman yang posisinya berada didepan rumah dan untuk membuat desain taman depan rumah biasanya arsitek memenuhi dulu faktor fungsi utama dari rumah yaitu jalan masuk atau area parkir barulah kemudian arsitek membuat sisa luasan tanah untuk digunakan sebagai taman depan rumah.

Taman depan rumah juga seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya sebaiknya tetap mengikuti kaidah 5 unsur pada artikel ini

Pemanfaatan elemen bangunan vertikal untuk taman depan rumah juga berlaku sama yaitu kita bisa memanfaatkan dinding pagar sebagai pendukung dari desain taman depan rumah.

Untuk Perkerasan pada taman depan rumah sebaiknya dibuat lebih menarik karena bagian ddepan akan menjadi tampilan bagi desain rumah secara keseluruhan, sehingga selain mendapatkan suasana yang asri anda juga dapat mendongkrak keindahan dari desain rumah.

Taman Depan rumah yang relatif tidak terlalu luas sebaiknya jangan menggunakan vegetasi yang terlalu tinggi atau dapat tumbuh tinggi, karena hal ini akan menutupi keindahan dari tampak rumah.

taman dalam rumah minimalis

Taman Dalam Rumah

Taman dalam rumah adalah taman yang dibuat berada didalam rumah. Biasanya Arsitek membuat Taman dalam Rumah selain berfungsi untuk keindahan juga berfungsi untuk pengambilan cahaya dan penghawaan alami dari satu desain rumah.

Taman dalam rumah yang baik dibuat sesuai dengan ukuran yang proporsional dari luas total bangunan, sebenarnya tidak ada batasan berapa luas untuk taman dalam rumah.

Sekedar untuk pandangan saja jika anda ingin membangun atau mendesain taman dalam rumah dengan ukuran kecil sebisa mungkin atau ukuran minimal yang bisa kami sarankan berdasarkan pengalaman kami adalah 2Mx2M hal ini karena  sudut tingginya atap dan  bias matahari akan minim didapat oleh tanaman jika anda membuat ukuran taman dalam rumah lebih kecil dari 2Mx2M, Akibatnya adalah tanaman akan kurang sehat dan cukup merepotkan dalam pemeliharaanya.

Taman dalam rumah juga sebaiknya didesain dengan drainase yang baik terutama untuk taman dalam rumah yang tidak beratap, karena jika drainase tidak baik dapat menyebabkan banjir pada lantai rumah nantinya. 

Taman dalam rumah selain memiliki drainase pemasukan dan pengeluaran air, sebaiknya berada lebih menjorok kedalam dari tritisan batas lantai, hal ini untuk menghindari basahnya lantai rumah.

Taman dalam rumah tanpa atap juga harus diberi insect net atau kawat nyamuk agar rumah aman dari serangga berbahaya, kecuali taman dibatasi dengan pintu maka tidak perlu memasang insect net.

Untuk Vegestasi taman dalam rumah anda bisa memilih tanaman yang sesuai dengan luas Taman Dalam Rumah masing - masing, yang pasti saran kami adalah tinggi tanaman tidak lebih dari 2M.


taman rumah


Taman Rumah Minimalis

Taman rumah minimalis adalah taman rumah dengan gaya arsitektur minimalis dimana hal ini biasanya melengkapi kebutuhan dari sebuah rumah minimalis.

Taman rumah minimalis memiliki ciri-ciri hampir seperti ciri rumah minimalis antara lain :
  1. Memiliki Vegetasi yang tidak terlalu rimbun atau sebaiknya adalah berdaun sedikit atau tidak lebar.
  2. Bentuk tatanan tanaman sederhana atau tidak terlalu banyak lekuk
  3. furniture pendukung taman berbentuk minimalis dan berwarna sesuai gaya rumah minimalis.
  4. Lebih banyak rumput atau floor ketimbang perdu yang rimbun
Taman rumah minimalis yang di lengkapi dengan kolam juga bisa di desain dengan bentuk kolam yang sederhana sesuai peruntukan dari desain kolam pada taman rumah minimalis masing masing.


Taman rumah minimalis juga sebaiknya memenuhi kelima unsur seperti yang telah kami sebutkan pada awal artikel ini.

Itulah tadi sekilas bahasan kami tentang taman rumah, masih banyak yang tidak dapat kami uraiakan disini, seperti biasa kami akan selalu menyarankan anda sebaiknya untuk berkonsultasi dengan seorang arsitek dalam membuat suatu desain. 

Semoga menginspirasi...






Related Posts

2 comments :

  1. keren banget gambar taman rumah nya.. kepeengeeennn

    BalasHapus
  2. Desain taman rumah yang bagus gus gus hahaha

    BalasHapus